Kenali Tubuh, Ketahui tentang Sistem Peredaran Darah Manusia

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Maret 2021
Kenali Tubuh, Ketahui tentang Sistem Peredaran Darah ManusiaKenali Tubuh, Ketahui tentang Sistem Peredaran Darah Manusia

Halodoc, Jakarta - Sistem peredaran darah manusia, atau yang dikenal dengan sistem kardiovaskular memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu memindahkan atau mendistribusikan berbagai zat, dari dan menuju seluruh sel-sel dalam tubuh. Bukan hanya makanan saja, tetapi juga zat lain, seperti oksigen dan karbon dioksida. Nah, sistem peredaran darah manusia sendiri terdiri dari darah, pembuluh darah, dan juga jantung. Begini tugas dan penjelasannya masing-masing.

Baca juga: Ini 4 Penyakit yang Berhubungan dengan Darah

1. Organ Jantung

Jantung menjadi salah satu organ vital yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Organ ini terletak di tengah rongga dada, tepatnya di bagian belakang sisi kiri tulang dada. Ukurannya sendiri tidak terlalu besar. Ukuran jantung orang dewasa hanya sebesar satu kepalan tangan saja. Jantung memiliki 4 ruang di dalamnya yang terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Dua bilik (ventrikel).
  • Dua serambi (atrium).

Keduanya memiliki fungsi yang sama pada masing-masing posisinya. Bilik dan serambi kiri, berisi darah bersih yang kaya akan oksigen. Sedangkan bilik dan serambi kanan, berisi darah kotor. Masing-masing ruang dilengkapi dengan katup agar aliran darah mengalir ke ruang yang tepat.

2. Pembuluh Darah

Selain jantung, pembuluh darah memiliki peranan penting dalam tubuh manusia, yaitu mengedarkan darah ke seluruh organ dan jaringan dalam tubuh. Pembuluh darah sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Arteri

Arteri merupakan jenis pembuluh darah yang bertugas membawa darah kaya oksigen dari jantung menuju seluruh organ dan jaringan dalam tubuh, kecuali pembuluh pulmonalis. Skemanya begini, darah bersih yang kaya akan oksigen dipompa keluar jantung melalui pembuluh darah utama (aorta) dari bilik kiri jantung. Aliran darah pada aorta kemudian didistribusikan pada pembuluh darah yang bercabang dan menyebar ke seluruh tubuh.

  • Vena

Vena merupakan jenis pembuluh darah yang bertugas untuk membawa darah kotor dari seluruh organ dan jaringan dalam tubuh untuk kembali ke jantung. Darah kotor yang dibawa oleh pembuluh vena mengandung karbondioksida, yang akan ditukar dengan oksigen melalui proses pernapasan. 

Baca juga: Ketahui Risiko Penggumpalan Darah pada Pasien COVID-19

3. Darah

Darah merupakan komponen terpenting dari sistem peredaran darah manusia, yang berfungsi untuk membawa nutrisi, oksigen, hormon, dan antibodi ke seluruh organ dan jaringan dalam tubuh. Tidak sampai di situ saja, darah juga bertugas untuk mengangkut zat beracun dan sisa metabolisme untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Berikut ini beberapa bagian darah manusia:

  • Plasma darah, yang mengandung hormon dan protein.
  • Sel darah merah (eritrosit), yang bertugas membawa oksigen dan karbon dioksida.
  • Sel darah putih (leukosit), yang bertugas mendeteksi adanya benda asing, seperti zat beracun atau kuman, dan melawannya.
  • Keping darah (trombosit), yang bertugas untuk menunjang proses pembekuan darah saat seseorang terkena luka atau cedera.

Baca juga: Ini Waktu yang Tepat untuk Melakukan Tes Darah

Itulah beberapa hal mengenai sistem peredaran darah manusia. Jika kamu mengalami gangguan kesehatan terkait hal tersebut, silahkan segera periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk mendapatkan langkah perawatan yang tepat. Ingat, sistem peredaran darah manusia merupakan bagian terpenting dalam tubuh. Jadi, pastikan untuk mengatasi gangguan kesehatan di dalamnya, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Circulatory.
NCBI. Diakses pada 2021. How does the blood circulatory system work?
Live Science. Diakses pada 2021. The Circulatory System: An Amazing Circuit That Keeps Our Bodies Going.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan