Ketahui 4 Kelebihan Memelihara Anjing Kampung

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   10 Mei 2021
Ketahui 4 Kelebihan Memelihara Anjing KampungKetahui 4 Kelebihan Memelihara Anjing Kampung

Halodoc, Jakarta - Saat berencana memelihara anjing, seseorang akan dihadapkan pada beberapa pilihan. Umumnya, orang memilih membeli anjing dari pet shop, atau memelihara anjing kampung. Sayangnya, istilah “anjing kampung” sering dikonotasikan negatif dari segi penampilan, kesehatan, kebersihan, hingga karakternya.

Padahal, anjing kampung bisa menjadi pilihan yang baik. Hanya saja, tetap ada kesulitan untuk mengetahui bagaimana temperamen dan hal-hal yang harus diperhatikan saat kamu mendapatkan anjing kampung blasteran. Anjing kampung jauh lebih beragam secara genetik, karena mereka belum dibiakkan secara selektif untuk sifat-sifat tertentu.

Baca juga: Ini Alasan Hewan Kesayangan Harus Divaksin

Kelebihan Memelihara Anjing Kampung

Sifat tidak terduga anjing kampung akan menjadikan kamu memiliki anjing langka yang unik. Selain itu, anjing kampung tidak memiliki label harga tinggi seperti anjing ras di pet shop, sehingga kamu bisa menghemat biaya jika memilih memelihara anjing kampung. 

Karena pembiakannya yang acak, anjing kampung kurang rentan terhadap lebih banyak penyakit bawaan dibanding anjing ras rata-rata. Hal ini bisa menghemat biaya kunjungan ke dokter hewan. Anjing kampung cenderung hidup lebih lama dibandingkan induk silsilahnya. 

Berikut ini kelebihan memelihara anjing kampung:

1. Hemat Biaya

Harga seekor anjing kampung jauh lebih murah dibanding anjing ras murni. 

2. Orisinalitas

Ketidakpastian dari anjing kampung berarti anjing yang kamu pelihara unik, langka, dan tidak ada yang memiliki anjing seperti milik kamu. Bagi mereka yang tidak suka memiliki keturunan anjing dengan peliharaan orang lain, maka memelihara anjing kampung adalah cara yang tepat. 

3. Memiliki Kesehatan yang Kuat

Perkawinan sedarah tidak terjadi pada anjing kampung. Sebagian besar masalah genetik tidak terjadi pada anjing jantan, seperti pada anjing ras. Namun, bukan berarti anjing kampung lebih mudah sakit. Secara umum, anjing yang terpapar seleksi alam (hidup di jalanan) lebih resisten dan kesehatannya lebih kuat. 

4. Perbuatan Baik pada Makhluk Hidup

Pada beberapa kasus, ketika mengadopsi seekor anjing kampung yang terlantar berarti kamu sudah menyelamatkan nyawa makhluk hidup. Bagi mereka yang memiliki mengadopsi seekor anjing kampung, perasaan ini bisa sangat bermanfaat. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

Lantas, Seperti Apa Karakter Anjing Kampung?

Tidak mudah untuk menentukan ciri-ciri karakter anjing kampung secara jelas. Namun kepribadian dan temperamen anjing kampung sangatlah unik. Hal itu tergantung pada bagaimana anjing dibesarkan dan aturan apa yang berlaku di rumah atau lingkungan ia dibesarkan. Kondisi kehidupan hewan berdampak langsung pada karakternya. 

Menurut kepercayaan umum, anjing kampung diklasifikasikan sebagai anjing dengan kecerdasan tinggi. Anjing kampung biasanya bisa mempelajari keterampilan baru. Mereka tidak bermasalah dalam memahami keterampilan baru dan memahami perintah. Pastinya, akan mudah untuk mengajari dan memberikan perintah pada anjing kampung, seperti duduk, diam, atau berdiri. 

Perawatan anjing kampung sama dengan anjing ras. Tentu saja, beberapa anjing ras membutuhkan perawatan khusus. Meskipun begitu, menjaga kebersihan anjing kampung juga sama pentingnya. Anjing kampung tentu harus dimandikan dan dirawat agar rambutnya sehat dan indah. 

Baca juga: 4 Tips Memilih Hewan Peliharaan untuk Anak

Frekuensi menyisir atau memotong rambut anjing harus ditentukan secara individual untuk setiap anjing. Ada baiknya kamu tetap berdiskusi dengan dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Perlu diingat, telinga dan kuku anjing kampung juga harus diperhatikan. 

Untuk masalah kesehatan anjing kampung, juga bisa ditangani oleh dokter hewan. Kamu juga bisa beli obat untuk anjing yang sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Omlet. Diakses pada 2021. Mongrel Dogs - Mutts!
Viva Pets. Diakses pada 2021. Adopting a Mongrel: Advantages and disadvantages
Bowl & Bone. Diakses pada 2021. A MONGREL IS A COOL DOG


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan