Ketahui Diet Dash untuk Mencegah Terkena Stroke

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 September 2020
Ketahui Diet Dash untuk Mencegah Terkena StrokeKetahui Diet Dash untuk Mencegah Terkena Stroke

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya dengan melakukan pola makan sehat dan seimbang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba metode diet agar kesehatan semakin optimal. Ada berbagai macam pola diet yang bisa kamu jalani, tetapi pernahkah kamu mendengar mengenai metode diet DASH? Diet ini merupakan salah satu metode diet yang dirancang untuk menekan tekanan darah dalam tubuh.

Baca juga: Diet DASH Rahasia Langsing Setelah Lebaran

Dengan menerapkan metode diet DASH yang tepat dan benar, ada berbagai penyakit yang dapat kamu cegah, seperti tekanan darah tinggi, batu ginjal, osteoporosis, hingga stroke. Tidak ada salahnya kenali lebih banyak mengenai metode diet DASH agar kamu dapat merasakan manfaatnya secara optimal. Berikut ulasannya.

Kenali Diet DASH Lebih Banyak

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang paling umum dialami oleh masyarakat luas. Tidak hanya itu, tekanan darah tinggi juga dapat menimbulkan komplikasi pada kesehatan yang lebih berbahaya, salah satunya kondisi stroke.

Menjalani diet yang tepat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kestabilan dari tekanan darah. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari berbagai gangguan penyakit, seperti penyakit jantung maupun stroke.

Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) menjadi salah satu diet yang baik untuk digunakan dalam menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan melakukan metode diet ini, kamu akan mengurangi kandungan natrium atau garam dalam makanan yang kamu konsumsi. Tidak hanya itu, kamu juga akan mengonsumsi lebih banyak makanan dengan nutrisi yang dapat membantu menurunkan kadar kalium, kalsium, serta magnesium dari dalam tubuh.

Berikut beberapa aturan yang perlu dilakukan saat melakukan metode diet DASH:

  1. Mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, serta susu rendah lemak.
  2. Mengurangi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan juga kolesterol.
  3. Membatasi asupan natrium atau garam, makanan manis, dan juga daging merah dalam setiap makanan yang dikonsumsi.
  4. Mengonsumsi lebih banyak kacang-kacangan, makanan yang bersumber gandum, serta daging ikan.

Itulah beberapa aturan yang perlu kamu ketahui untuk menjalankan metode diet DASH.

Baca juga: Turunkan Berat Badan dengan Program Diet DASH

Lakukan Ini saat Memulai Diet DASH

Meskipun mudah dilakukan, tetapi kamu perlu lakukan metode diet ini secara rutin dan konsisten. Tidak ada salahnya ikuti beberapa cara ini untuk mulai melakukan diet DASH.

1.Pahami Mengenai Diet DASH

Menjalani metode diet DASH tidaklah sulit. Kamu masih bisa mengonsumsi nasi maupun daging, tetapi dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebihan. Sebaiknya pahami lebih dalam mengenai diet DASH agar kamu dapat memperhatikan setiap makanan yang tersaji dalam piring makan setiap harinya.

2.Diskusikan Kesehatan pada Dokter

Jika kamu mengonsumsi obat untuk menangani penyakit tekanan darah tinggi atau sedang dalam perawatan penyakit stroke, sebaiknya tanyakan langsung pada dokter mengenai metode diet DASH yang akan kamu lakukan. Jadikan diet DASH sebagai salah satu perawatan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang kamu alami.

3.Jadikan Diet DASH Sebagai Gaya Hidup

Menjalani diet DASH bersamaan dengan gaya hidup sehat membuat kamu dapat merasakan manfaat dari diet ini, seperti mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Pastikan kamu tetap menjaga kondisi berat badan, rutin berolahraga, dan hindari mengonsumsi alkohol.

4.DASH Bisa Dilakukan Siapa Saja

Tidak hanya bagi pengidap tekanan darah tinggi atau stroke, metode diet DASH dapat dilakukan oleh siapa saja untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Bahkan, seluruh anggota keluarga dapat menjalankan metode diet ini karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, menu yang bervariasi, dan juga menyehatkan.

Baca juga: 6 Makanan Sehat yang Dapat Mencegah Stroke Hemoragik

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika kamu menjalani diet DASH. Inti dari metode diet ini adalah mengurangi asupan natrium dalam tubuh. Kamu tidak perlu menghilangkan seluruh kandungan natrium atau garam dari makanan, tetapi cobalah secara perlahan agar kamu terbiasa. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. DASH Diet: Healthy Eating to Lower Your Blood Pressure.
National Heart, Lung, and Blood Institute. Diakses pada 2020. DASH Eating Plan.
Healthline. Diakses pada 2020. The Complete Beginner’s Guide to the DASH Diet.
WebMD. Diakses pada 2020. DASH Diet and High Blood Pressure.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan