• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Infeksi hingga Virus, Ini 10 Manfaat Buah Matoa
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Lawan Infeksi hingga Virus, Ini 10 Manfaat Buah Matoa

Lawan Infeksi hingga Virus, Ini 10 Manfaat Buah Matoa

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 17 Oktober 2022

“Cara terbaik untuk melawan infeksi ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan tubuh dalam keadaan prima. Kamu pun bisa mengonsumsi buah matoa karena manfaat buah matoa ini bisa memberikan perlindungan sempurna terhadap infeksi virus.”

Lawan Infeksi hingga Virus, Ini 10 Manfaat Buah MatoaLawan Infeksi hingga Virus, Ini 10 Manfaat Buah Matoa

Halodoc, Jakarta –  Buah matoa adalah buah asal Papua yang kaya manfaat. Manfaat buah matoa ini datang karena sumber antioksidan yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan sistem imun tubuh, serta melawan infeksi virus dan bakteri.

Beberapa kandungan nutrisi dalam buah matoa adalah vitamin C dan E, mineral, dan tanin sangat baik untuk kesehatan tubuh. Vitamin E dan C dalam buah matoa juga mampu mencegah penyakit jantung koroner. Ingin tahu lebih lanjut manfaat buah matoa? Simak ulasan lengkapnya disini!

Manfaat Buah Matoa

Buah matoa memiliki bentuk lonjong menyerupai telur puyuh dan ukurannya bisa sampai sebesar buah pinang. Buahnya akan berwarna merah marun kecoklatan bila sudah matang. 

Daging buahnya kenyal, bening dan berair seperti buah lengkeng. Rasanya seperti kombinasi lengkeng, rambutan, dan durian. 

Nah, berikut manfaat buah matoa untuk kesehatan:

1. Melawan Radikal Bebas 

Buah matoa mengandung sumber antioksidan karena kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kombinasi kedua vitamin tersebut akan memberikan antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas secara efektif.

2. Meningkatkan Imun Tubuh

Semua buah yang kaya vitamin C dapat bekerja meningkatkan imun tubuh, termasuk juga buah matoa. 

3. Melawan Infeksi Virus

Cara terbaik untuk melawan infeksi ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan tubuh dalam keadaan prima. Mengonsumsi matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan adalah perlindungan sempurna terhadap infeksi virus.

4. Menurunkan Stres 

Buah matoa adalah camilan sehat yang direkomendasikan setiap hari karena kaya akan vitamin E yang sangat penting untuk menghilangkan stres. Stres dapat memicu peningkatan nafsu makan dan makan buah matoa tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan tetapi justru akan menghilangkan stres secara efektif.

5. Meningkatkan Daya Tahan dan Produktivitas Kerja

Aktivitas sehari-hari membutuhkan daya tahan dan vitalitas. Nah, konsumsi buah matoa dapat meningkatkan produktivitas kerja dan daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh erat kaitannya dengan stamina dan senyawa gula yang terdapat dalam buah matoa dapat bekerja menambah energi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi

Jika kamu memiliki masalah dengan kesuburan, memasukkan buah matoa ke dalam makanan sehari-hari bisa menjadi solusi alami untuk meningkatkan kesuburan. Buah ini pun bisa dimakan untuk laki-laki dan perempuan.

7. Mencegah Perkembangan Kanker

Kanker terjadi ketika radikal bebas bebas masuk ke tubuh. Nah, antioksidan adalah penangkal untuk radikal bebas karena bekerja melawannya dan mencegah perkembangan sel kanker. Karena kaya akan vitamin C dan vitamin E, buah matoa merupakan sumber antioksidan kuat yang sangat baik.

8. Baik untuk Kesehatan Jantung

Vitamin E pada buah matoa baik untuk kesehatan jantung dengan menjaga kesehatan sel-sel jantung dan mencegah degenerasi sel serta meningkatkan kesehatan arteri dan vena. Selain itu, kandungan vitamin C juga bekerja meningkatkan aliran darah pada jantung.

9. Membuat Kulit Bercahaya

Selain baik untuk jantung, vitamin E dan C juga sangat bagus untuk kulit. Ketika vitamin C berperan dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit, antioksidan pada vitamin E mendorong regenerasi sel kulit optimal dan membuat kulit bercahaya.

10. Mengatasi Masalah Disentri 

Buah matoa kerap digunakan penduduk lokal untuk menyembuhkan disentri. Terkait hal ini, perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat buat matoa untuk mengatasi disentri. 

Jika kamu mengalami masalah pencernaan yang tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa dengan mudah buat janji di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
DrHealthBenefits.com. Diakses pada 2022. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua).
Indoensiar.com. Diakses pada 2022. Benefits of Consuming Papuan Fruits Named Matoa Fruit.