Makanan Manusia yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   03 Juni 2021
Makanan Manusia yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada KucingMakanan Manusia yang Sebaiknya Tidak Diberikan pada Kucing

Halodoc, Jakarta - Sudah menjadi kebiasaan kucing mengemis dan memohon agar diberikan makanan pada saat pemilik sedang makan. Sebenarnya, sah-sah saja memberikan makanan yang kamu makan pada kucing, tetapi dengan syarat. Hal tersebut dilakukan agar kucing tidak keracunan, mengingat ada beberapa jenis makanan manusia yang berbahaya bagi kucing. Kandungan di dalam makanan tersebut bisa saja meracuni kucing, dan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Berikut ini sejumlah makanan manusia yang tidak boleh diberikan pada kucing.

Baca juga: Ini yang Perlu Diketahui tentang Ikan Cupang Aduan

Makanan Manusia yang Berbahaya Bagi Kucing

Alasan utama untuk tidak memberikan makanan manusia adalah, karena ada sejumlah makanan yang beracun bagi kucing. Meskipun enak dan tidak berbahaya bagi manusia, tetapi gigitan sederhana bisa mengancam nyawa kucing, lho. Jika kamu adalah pemilik kucing, penting untuk mengetahui makanan manusia yang berbahaya bagi kucing berikut ini:

1. Tomat Hijau dan Kentang

Kedua jenis makanan ini mengandung alkaloid pahit beracun yang disebut dengan Glycoalkaloid Solanine. Jika tidak sengaja tertelan oleh kucing, dapat memicu gejala gangguan pencernaan parah. Daun dan batang sayuran ini sangat beracun bagi kucing. Selain itu, pada kentang atau tomat yang masih muda dan mentah biasanya mengandung banyak solanin. Jika dikonsumsi, gejala parah bisa saja terjadi. Namun berbeda jika tidak sengaja tertelan saat matang, karena efek sampingnya muncul dalam intensitas yang rendah dan cenderung tidak membahayakan.

2. Cokelat

Meskipun sudah banyak yang mengetahui jika cokelat berbahaya bagi anjing, tetapi ternyata makanan ini juga beracun bagi kucing, lho. Theobromine adalah zat di dalam cokelat yang dapat menyebabkan keracunan cokelat pada kucing. Zat ini ditemukan di cokelat hitam tanpa pemanis dalam takaran yang tinggi.

3. Anggur dan Kismis

Tahukah kamu jika anggur dan kismis berpotensi meracuni jika diberikan pada kucing? Pusat Pengendalian Racun Hewan ASPCA menyarankan untuk tidak memberikan anggur atau kismis kepada hewan peliharaan dalam jumlah berapa pun. Tidak ada alasan untuk mengambil risiko berbahaya. Jadi, sebaiknya jauhkan kedua buah tersebut dari kucing peliharaan, ya.

Baca juga: Alasan Kucing Suka Berada dalam Kardus

4. Alpukat

Meskipun alpukat menyehatkan bagi manusia, tetapi buah ini beracun bagi kucing. Daun, biji, kulit pohon, dan buahnya sendiri mengandung persin, yang dapat menyebabkan muntah dan diare berkepanjangan pada kucing.

5. Alkohol

Semua jenis alkohol menjadi racun bagi kucing peliharaan. Jika hanya sedikit terjilat, hal tersebut tidak menimbulkan efek yang berarti. Namun jika sampai terminum terlalu banyak, maka akan membahayakan kesehatan kucing peliharaanmu.

6. Bawang-Bawangan

Bawang mengandung zat N-propil disulfida yang dapat menghancurkan sel darah merah pada kucing. Kondisi tersebut menyebabkan anemia, yang dikenal dengan sebutan Heinz body anemia atau lebih lengkapnya Heinz body hemolytic anemia. Bawang putih mengandung zat serupa, tetapi dalam takaran yang lebih sedikit. Sakit perut menjadi salah satu gejala awal jika bawang-bawangan tidak sengaja tertelan oleh kucing.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini sebelum Memelihara Burung Kakak Tua

Makanan Lain yang Harus Dihindari

Ada sejumlah makanan yang tidak beracun bagi kucing, tetapi harus dihindari. Beberapa di antaranya adalah daging olahan, telur mentah, dan minuman berkafein. Meskipun susu tidak beracun bagi kucing, tetapi susu bisa saja memberikan efek buruk setelahnya. Jadi, sebaiknya susu juga dihindari. Apalagi, banyak kucing yang tidak toleran pada laktosa, sehingga memicu diare, muntah dan produksi gas berlebih setelah dikonsumsi.

Jika kucingmu menyukai susu, tidak apa jika diberikan dalam jumlah kecil sebanyak dua atau tiga kali dalam seminggu. Berkaitan dengan hal tersebut, sebaiknya berikan susu khusus kucing yang dijual di petshop, ya. Jangan berikan susu manusia, karena kandungan yang dibutuhkan oleh kucing berbeda dengan manusia. Sebaiknya baca kemasan susu sebelum membeli. Lebih baik produk terbuat dari susu skim dengan tambahan enzim yang dapat membantu pencernaan laktosa.

Jika kamu tidak sengaja memberikan sejumlah makanan manusia yang berbahaya bagi kucing, segera diskusikan hal ini dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc untuk mengantisipasi adanya kemungkinan keracunan.

Referensi:
Daily Paws. Diakses pada 2021. 15 Toxic Human Foods You Should Never Feed Your Cat.
WebMD. Diakses pada 2021. Slideshow: Foods Your Cat Should Never Eat.
Hills Pet. Diakses pada 2021. Foods that are Dangerous or Toxic to Cats.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan