• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Makanan Sehat Bagi Pengidap Tuberkulosis

Makanan Sehat Bagi Pengidap Tuberkulosis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Makanan Sehat Bagi Pengidap Tuberkulosis

Halodoc, Jakarta — Tuberkulosis bisa berubah menjadi fatal jika tidak ditangani dengan baik. Penyebab tuberkulosis adalah bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Perawatan harus dilakukan secara teratur selama enam sampai sembilan bulan hingga benar-benar sembuh.

Selama menjalani perawatan, kandungan gizi yang cukup dan tepat dalam makanan akan memepercepat proses pemulihan pengidap TB. Beberapa jenis makanan ini baik bagi pengidap tuberkulosis lho.

(Baca juga: Gejala Tuberkulosis yang Harus Diketahui)

Makanan padat kalori

Makanan padat kalori yang kaya nutrisi dapat memenuhi tuntutan metabolik pengidap TB yang meningkat. Makanan padat kalori seperti pisang, bubur sereal, dan gandum juga bermanfaat mencegah penurunan berat badan.

Makanan kaya vitamin A, C, dan E

Buah-buahan dan sayuran seperti jeruk, mangga, labu manis, wortel, jambu biji, tomat, kacang-kacangan, dan biji-bijian merupakan sumber vitamin A, C, dan E. Makanan ini harus disertakan dalam makanan sehari-hari pengidap TB.

Makanan kaya protein

Pasien TB cenderung mengalami kehilangan nafsu makan. Konsumsi makanan yang kaya protein seperti telur dan kedelai yang mudah diserap tubuh bisa memberi energi yang dibutuhkan.

(Baca juga: Lagi capek? Konsumsi 6 Makanan Penambah Tenaga Ini)

Makanan kaya vitamin B kompleks

Sereal gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, dan ayam kaya akan vitamin B kompleks. Makanan ini harus rajin dikonsumsi pengidap TB.

Makanan kaya seng (zinc)

Kacang-kacangan adalah sumber seng yang bisa memberi nutrisi penting bagi tubuh. Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji chia, dan biji labu bermanfaat bagi pengidap TB.

Pengaturan pola makan yang sehat ini sangat penting diperhatikan agar kebutuhan gizi pengidap tuberkolosis terpenuhi. Kalau kamu mengalami kesulitan mengaturnya, kamu bisa menghubungi dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat.

Selain bertanya tentang penyebab tuberkulosis dan perawatannya, di aplikasi Halodoc juga ada layanan Apotek Antar dan cek lab. Jadi… kamu bisa membeli obat dan vitamin atau cek lab tanpa harus keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo… download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.