• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Manfaat Air Kelapa Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Manfaat Air Kelapa Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 19 November 2021
Manfaat Air Kelapa Hijau dan Efek Sampingnya Bagi TubuhManfaat Air Kelapa Hijau dan Efek Sampingnya Bagi Tubuh

“Jika kamu ingin beralih dari minuman yang tidak menyehatkan ke minuman sehat, maka air kelapa hijau bisa jadi pilihan tepat. Banyak manfaat air kelapa hijau yang baik untuk kesehatan. Contohnya memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh setelah olahraga, mencegah batu ginjal, hingga menyehatkan kulit.”

Halodoc, Jakarta – Air kelapa hijau merupakan minuman sehat yang dikenal karena konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineralnya. Kamu bisa menemukan minuman tropis di mana saja, karena selain dijual dalam bentuk utuh, air kelapa hijau kini juga dijual dalam bentuk kemasan. Tidak heran jika mudah ditemukan, karena banyak manfaat air kelapa hijau yang dapat dirasakan. 

Manfaat air kelapa hijau dikenal dapat membantu pencernaan, melancarkan buang air kecil, bahkan produksi air mani. Secara tradisional, manfaat air kelapa hijau untuk mengatasi dehidrasi. Di samping itu, ada pula berbagai manfaat air kelapa hijau lainnya yang menarik untuk diketahui. 

Penasaran apa saja manfaat air kelapa hijau? Ini ulasannya!

  1. Minuman yang Tepat Setelah Berolahraga

Air kelapa hijau merupakan minuman yang baik untuk memulihkan hidrasi dan mengisi kembali elektrolit yang hilang selama berolahraga. Elektrolit merupakan mineral yang berperan penting dalam tubuh, termasuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat. 

Beberapa elektrolit vital yaitu kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Karena air kelapa hijau mengandung elektrolit seperti kalium dan magnesium, beberapa penelitian menemukan bahwa air kelapa hijau lebih bermanfaat dibandingkan air untuk memenuhi cairan tubuh setelah berolahraga. 

  1. Mencegah Batu Ginjal

Minum cukup cairan penting untuk mencegah batu ginjal. Meskipun air putih merupakan pilihan yang baik, menurut penelitian menunjukkan bahwa air kelapa hijau mungkin lebih baik untuk pencegahan batu ginjal.

Dalam sebuah studi pada tikus dengan batu ginjal, air kelapa hijau mencegah kristal menempel pada ginjal dan bagian lain dari saluran kemih. Namun, mungkin masih perlu penelitian lebih lanjut mengenai manfaat air kelapa hijau untuk kasus yang satu ini.

  1. Menyehatkan Kulit

Manfaat air kelapa hijau juga dapat membantu mengatasi jerawat. Hal tersebut karena air kelapa hijau bersifat antimikroba. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi air kelapa hijau dapat membantu sistem antioksidan dengan menetralkan efek radikal bebas.

  1. Sebagai Sumber Kalsium dan Magnesium

Air kelapa hijau mengandung banyak kalsium dan magnesium dibandingkan minuman olahraga atau jus buah lainnya. Kandungan kalsium dan magnesium dalam air kelapa hijau kurang dari 5 persen dari jumlah kalsium dan magnesium yang direkomendasikan. Sehingga air kelapa baik untuk kekuatan tulang, gigi, dan otot. 

  1. Bebas Lemak dan Kolesterol

Air kelapa hijau adalah 94 persen air yang bebas lemak dan kolesterol. Mungkin ada baiknya kamu kamu beralih ke air kelapa hijau saat membutuhkan soft drink. Namun, pastikan juga untuk memeriksa masa kadaluarsa, karena semakin tua air kelapa hijau, nutrisinya akan semakin hilang dan rasanya jadi agak aneh.

Efek Samping Minum Air Kelapa Hijau

Minum air kelapa hijau memang aman bagi sebagian besar orang jika diminum sebagai minuman. Selain itu tidak ada efek samping serius yang diakibatkan dari minum air kelapa hijau, begitu juga aman untuk anak-anak. Hanya saja ada sebagian  orang dengan kondisi tertentu yang sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa, yaitu:

  1. Ibu Hamil dan Menyusui

Bagi ibu hamil dan menyusui sebaiknya batasi konsumsi air kelapa hijau. Bila perlu tanyakan terlebih dulu dengan dokter untuk mendapatkan persetujuan. 

  1. Pengidap Tekanan Darah Tinggi

Air kelapa hijau dapat menurunkan tekanan darah. Namun, di sisi lain juga dapat meningkatkan efek obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Diskusikan tentang konsumsi air kelapa hijau pada dokter jika kamu memiliki masalah tekanan darah. 

  1. Pascaoperasi

Air kelapa hijau dapat mengganggu kontrol tekanan darah selama dan setelah operasi. 

  1. Seseorang dengan Kadar Kalium Tinggi

Jika tubuh memiliki kadar kalium tinggi, sebaiknya batasi asupan air kelapa hijau. Ini dikarenakan air kelapa hijau juga kaya akan kalium.

  1. Mengidap Penyakit Ginjal

Pengidap penyakit ginjal juga sebaiknya perlu membatasi atau menghindari konsumsi air kelapa. Hal ini karena ginjal tidak mampu menyaring kalium secara efektif. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat dan kemungkinan efek samping air kelapa hijau. Meskipun banyak manfaat air kelapa hijau diketahui untuk kondisi tertentu, ada baiknya kamu tetap bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan. Karena beberapa manfaat mungkin memerlukan penelitian lebih lanjut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water
Medical News Today. Diakses pada 2021. Seven health benefits of coconut water
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. The Health Benefits of Coconut Water