Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Februari 2023
Manfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka PuasaManfaat Konsumsi Daging Buah Kelapa untuk Buka Puasa

Halodoc, Jakarta - Es kelapa adalah salah satu sajian yang cukup menjadi favorit untuk sajian buka puasa. Rasanya yang segar akan membuat kamu terhidrasi kembali setelah seharian berpuasa. Namun, dalam es kelapa, daging buah kelapa juga merupakan sumber nutrisi yang sangat baik untuk berbuka puasa. Manfaat daging buah kelapa juga tidak kalah baik untuk kesehatan.

Selain menyegarkan saat disajikan sebagai hidangan makanan atau minuman untuk berbuka puasa, daging buah kelapa juga memiliki banyak manfaat yang mungkin belum kamu ketahui. Jika kamu ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat daging buah kelapa, simak ulasannya berikut!

Manfaat Daging Buah Kelapa

Jika dikonsumsi secara rutin sebagai hidangan berbuka puasa, daging buah kelapa dapat mendatangkan manfaat baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Serat dalam daging buah kelapa tidak hanya berguna untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama, tetapi juga dapat melancarkan pencernaan, Selain itu, lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa juga ikut andil dalam menjaga kesehatan usus, dengan cara membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta mencegah pertumbuhan jamur penyebab infeksi di pencernaan.

Tak berhenti sampai di situ, senyawa MCT (medium-chain triglyceride) dalam daging buah kelapa juga disebut-sebut bermanfaat untuk menguatkan bakteri baik dalam sistem pencernaan. Perlu diketahui bahwa keberadaan bakteri baik ini sangat penting untuk melindungi pencernaan dari peradangan dan sindrom metabolik. Itulah sebabnya mengonsumsi daging buah kelapa untuk berbuka puasa sangatlah direkomendasikan. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat daging buah kelapa lainnya datang dari senyawa mangan dan antioksidan. Senyawa ini diyakini dapat mengurangi peradangan, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, senyawa MCT yang juga terkandung dalam daging buah kelapa juga berperan sebagai antijamur, antivirus, dan penghalang timbulnya tumor.

Namun, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian tentang manfaat daging buah kelapa dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Meski begitu, daging buah kelapa tetap memiliki banyak manfaat baik dan bagus dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa. 

Baca juga: 6 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat daging buah kelapa lainnya adalah membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena senyawa MCT dan serat dalam daging buah kelapa, dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu jadi tidak ingin makan banyak. Manfaat ini tentu baik untuk orang yang sedang diet atau ingin menjaga berat badan selama bulan puasa. 

4. Mendukung Fungsi Otak

Lagi-lagi, senyawa MCT dalam daging buah kelapa ini juga memiliki manfaat yang luar biasa. Kali ini, manfaat senyawa tersebut adalah membantu menunjang fungsi otak, sehingga baik dikonsumsi oleh pengidap gangguan memori dan fungsi otak, seperti penyakit Alzheimer. Hal ini karena senyawa MCT dapat menjadi bahan bakar alternatif glukosa dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Lemak yang terkandung dalam daging buah kelapa dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, sekaligus menurunkan tingkat kolesterol jahat (LDL). Secara tidak langsung, manfaat daging buah kelapa ini dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, daging buah kelapa juga memiliki rantai lemak yang pendek, sehingga tidak dapat menaikkan kadar kolesterol tubuh.

6. Kaya Akan Mineral

Daging buah kelapa mengandung berbagai mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan mineral dalam daging buah kelapa juga bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan mineral harian. Beberapa jenis mineral yang terkandung di dalam daging buah kelapa adalah mangan, tembaga, dan potasium.

7. Mengontrol Kadar Gula Darah

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, manfaat daging buah kelapa lainnya adalah mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Namun, manfaat ini baru bisa didapat jika kamu mengimbanginya dengan menjalani pola hidup sehat lainnya, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan rutin memeriksakan kesehatan.

Itulah beberapa manfaat daging buah kelapa untuk kesehatan. Namun, jika kamu butuh saran mengenai menu sehat untuk sahur dan berbuka, jangan ragu untuk bertanya pada dokter spesialis gizi di Halodoc.✔️ Dokter akan selalu siaga memberikan saran kesehatan untuk membantu puasamu tetap lancar. Tunggu apa lagi, ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter hanya di Halodoc


Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Coconut Meat.
Livestrong. Diakses pada 2021. Health Nutrition Benefits of Raw Coconut Meat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan