Manfaat Masker Wajah untuk Kecantikan Kulit Berdasarkan Jenisnya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Mei 2021
Manfaat Masker Wajah untuk Kecantikan Kulit Berdasarkan JenisnyaManfaat Masker Wajah untuk Kecantikan Kulit Berdasarkan Jenisnya

Halodoc, Jakarta - Bicara soal menjaga kecantikan kulit, tentu tak lengkap rasanya jika tidak mengaitkannya dengan masker wajah. Di antara banyaknya produk kecantikan, masker wajah termasuk yang cukup digemari. Terlebih, perkembangan zaman membuat produsen masker wajah terus berinovasi.

Ada masker wajah bentuk bubuk yang perlu diencerkan dengan air, ada yang berbentuk krim siap pakai, serta ada pula yang berupa lembaran atau sheet mask. Belum lagi varian bahan utama yang digunakan, tentu banyak sekali jenisnya, ya. Namun, apa benar masker wajah bermanfaat untuk kecantikan? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: Ingin Kulit Wajah yang Cerah? Coba Masker Alami Ini

Ini Manfaat Masker Wajah Berdasarkan Jenisnya

Secara umum, manfaat masker wajah adalah untuk memberikan nutrisi pada kulit dan membersihkan sisa kotoran serta kulit mati. Namun, manfaat yang ditawarkan tentu kembali lagi ke jenis dan bahan yang digunakan dalam masker wajah. 

Berikut ini jenis masker wajah dan manfaat yang ditawarkannya untuk kecantikan kulit:

1.Wash Off Mask

Seperti namanya, masker wajah jenis ini digunakan dengan cara dioleskan ke wajah, lalu dibilas setelah didiamkan beberapa menit. Di pasaran, masker wajah ini tersedia dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa gel, krim, atau bubuk yang dilarutkan dengan air. 

Manfaat yang ditawarkan masker wajah jenis ini berbeda-beda tergantung kandungan bahan yang digunakan. Bagi pemilik kulit kering, masker wajah dengan bahan hyaluronic acid, shea butter, lidah buaya, atau mentimun bisa jadi pilihan. 

2.Clay Mask

Berbahan dasar tanah liat khusus yang memiliki kandungan mineral, clay mask adalah salah satu jenis masker wajah yang juga digemari. Cara menggunakannya dengan dioleskan pada wajah, diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan handuk atau sponge wajah yang basah.

Secara umum, manfaat clay mask adalah menyerap minyak dari kulit, membersihkan kotoran dan sel kulit mati, serta mengatasi dan mencegah munculnya jerawat dan komedo. Masker wajah jenis ini bisa digunakan 1-2 kali seminggu. 

Baca juga: 6 Pilihan Masker Alami untuk Mencerahkan Kulit Wajah

3.Mud Mask

Seperti namanya, masker wajah jenis ini terbuat dari lumpur. Namun, bukan sembarang lumpur tentunya. Lumpur yang digunakan adalah lumpur laut atau lumpur abu vulkanis yang mengandung berbagai mineral. 

Berbeda dengan clay mask, mud mask memiliki kandungan air yang lebih banyak, sehingga bermanfaat untuk menghidrasi kulit dengan baik. Jika clay mask berfungsi menyerap minyak pada kulit, mud mask dapat membantu kulit menjadi lebih lembap.

4.Sheet Mask

Bentuknya seperti lembaran tisu dengan lubang di bagian mata, hidung, dan bibir, sheet mask digemari karena mudah digunakan. Cukup mencuci wajah lalu tempelkan sheet mask pada wajah dan diamkan sekitar 15-20 menit. 

Masker wajah jenis ini dapat digunakan oleh orang dengan jenis kulit apa pun. Manfaat yang ditawarkan tergantung pada bahan yang digunakan. Mengingat ada banyak varian sheet mask yang dijual di pasaran. 

Namun, secara umum, sheet mask bermanfaat untuk membuat kulit menjadi sejuk dan lembap. Hal ini karena adanya kandungan serum yang melembapkan kulit dalam lembaran sheet mask

5.Peel Off Mask

Peel off mask biasanya tersedia dalam bentuk gel atau krim, yang dapat mengering dalam beberapa menit setelah dioleskan ke kulit. Setelah masker kering, biasanya tekstur berubah menjadi lebih elastis, seperti karet, sehingga mudah dikelupas.

Manfaat masker wajah ini biasanya untuk mengangkat komedo, minyak, kotoran, dan sel kulit mati, tergantung kandungannya. Namun, perlu diingat bahwa masker wajah jenis ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif, karena dapat menyebabkan kulit perih dan iritasi. 

Baca juga: 3 Jenis Masker Alami untuk Mengecilkan Pori-Pori Wajah

6.Exfoliating Mask

Mengangkat sel-sel kulit mati adalah salah satu manfaat utama yang ditawarkan oleh masker wajah jenis ini. Bahan aktif yang digunakan bisa berasal dari bahan alami atau kimia. 

Beberapa bahan alami yang sering digunakan dalam exfoliating mask adalah kopi, gula, atau oat. Sementara itu, jika menggunakan bahan kimia, beberapa bahan yang umum digunakan adalah AHA, BHA, retinol, dan asam laktat. Masker wajah jenis ini tidak disarankan untuk terlalu sering digunakan.

7.Sleeping Mask

Digunakan sebelum tidur, sleeping mask lebih dulu populer di Korea Selatan, sebelum akhirnya menjadi populer juga di Indonesia. Bentuknya dapat berupa krim atau gel, yang digunakan dengan cara dioleskan ke seluruh kulit wajah, dan dibersihkan keesokan paginya. Dibandingkan krim malam yang mudah menguap, sleeping mask lebih mampu melembapkan kulit dengan baik.

Itulah beberapa jenis masker wajah dan manfaat yang ditawarkannya. Apapun jenis maskernya, pastikan untuk menghindari area mata dan bibir, serta jangan menggunakan lebih dari waktu yang disarankan. 

Meski diklaim memiliki banyak manfaat oleh produsennya, efektivitas masker wajah bisa saja berbeda pada setiap orang. Jika kamu merasa ragu dalam memilih jenis masker wajah yang paling sesuai, gunakan saja aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kulit, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Do Face Masks Actually Work or Are They Just a Fad?
Health. Diakses pada 2021. The Internet Is Obsessed with This Intense Charcoal Face Mask, But Is It Safe?
Healthline. Diakses pada 2021. How Clay Masks May Benefit the Health of Your Skin and Hair.
Healthline. Diakses pada 2021. How to Apply a Face Mask Correctly.
Verywell Health. Diakses pada 2021. Benefits of Using Coffee Grounds for Your Skin and Face.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan