Mengenal 9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh Dunia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 Januari 2023

"Setiap negara ternyata punya tradisi unik tersendiri untuk menyambut tahun baru. Misalnya di Brazil, masyarakatnya punya tradisi mengenakan baju putih di tahun baru sebagai refleksi masa lalu dan membuat resolusi baru."

Mengenal 9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh DuniaMengenal 9 Tradisi Unik Tahun Baru di Seluruh Dunia

Halodoc, Jakarta – Setiap negara ternyata memiliki tradisi tahun baru masing-masing. Menelepon keluarga jelang jam 12 malam, menyanyikan lagu “Auld Lang Syne”, sampai makan kacang polong untuk keberuntungan adalah contohnya.

Kalau di Indonesia sendiri, tradisi yang dilakukan adalah menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Waktu pergantian tahun dilakukan dengan membakar jagung, daging atau makanan lainnya bersama-sama. Tepat pada pukul  00.00, kembang api akan diluncurkan sebagai penanda sambutan tahun baru. 

Tradisi Unik Tahun Baru Seluruh Dunia

Ternyata, beberapa negara punya tradisi unik tersendiri untuk menyambut tahun baru. Berikut beberapa contohnya:

1. Mengenakan Pakaian Putih (Brasil)

Di Brazil, tahun baru dianggap sebagai waktu untuk merefleksikan masa lalu dan membuat resolusi baru untuk tahun yang akan datang. Ada tradisi mengenakan pakaian warna putih di Brasil sebagai perlambang keberuntungan, kemakmuran, dan mengusir roh jahat. 

Selain mengenakan pakaian putih, ada tradisi juga melompati tujuh gelombang yang merupakan angka keberuntungan dalam budaya Brasil, serta melemparkan bunga ke dalam air sebagai persembahan kepada Lemanjá, dewi laut.

2. Makan 12 Buah Anggur (Spanyol)

Di Spanyol, adalah kebiasaan untuk makan 12 buah anggur. Setiap anggur mewakili keberuntungan selama satu bulan di tahun yang akan datang. Di kota-kota besar seperti Madrid dan Barcelona, orang-orang berkumpul di alun-alun utama untuk makan buah anggur bersama-sama.

3. Membawa Koper Kosong (Kolombia)

Dengan harapan tahun baru ini akan penuh perjalanan, penduduk Kolombia punya ritual membawa koper kosong di sekitar blok rumah. 

4. Melempar Piring dan Gelas ke Pintu (Denmark)

Orang Denmark menyambut tahun baru dengan melemparkan piring dan gelas tua ke luar pintu untuk mengusir roh jahat. Mereka juga berdiri di atas kursi dan melompat bersama pada tengah malam sebagai perlambang lompatan ke Januari untuk mendapatkan keberuntungan.

5. Upacara Api Unggun (Skotlandia)

Orang Skotlandia mengadakan upacara api unggun di mana orang-orang berparade sambil mengayunkan bola api raksasa di tiang, yang konon merupakan simbol matahari, untuk memurnikan tahun yang akan datang.

6. Memajang Bentuk Bulat di Rumah (Filipina)

Kamu akan menemukan banyak bentuk bulat di seluruh Filipina pada malam tahun baru sebagai perwakilan koin yang melambangkan kemakmuran di tahun mendatang. Banyak keluarga memajang tumpukan buah berbentuk bundar di meja makan mereka yang masing-masing jumlahnya 12. Banyak juga orang yang memakai pakaian polkadot sebagai keberuntungan.

7. Mengenakan Baju Warna Merah (Amerika Tengah)

Negara-negara Amerika Tengah dan Selatan lainnya seperti Ekuador, Bolivia, dan Venezuela, punya kebiasaan mengenakan baju berwarna merah yang dianggap membawa cinta di tahun baru serta warna kuning sebagai perlambang kemakmuran.

8. Menggantung Bawang (Yunani)

Bawang secara tradisional digantung di pintu depan rumah pada tahun baru sebagai simbol kelahiran kembali di tahun baru. Pada tahun baru, orangtua akan membangunkan anak mereka dengan menepuk kepala mereka dengan bawang sebagai keberuntungan.

9. Mencelupkan Buah ke Madu (Israel)

Sedangkan, masyarakat Israel merayakan tahun baru dengan cara mencelupkan buah ke dalam madu sebagai perlembang manis dan berkah yang untuk tahun mendatang. Sepanjang perayaan tahun baru, alat musik shofar pun dibunyikan. Alat musik ini terbuat dari tanduk domba jantan sebagai lambang kerendahan hati berdiri di hadapan Tuhan.

Kamu juga penting menjaga kesehatan fisik dan mental di tahun yang baru ini. Bila kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera buat janji medis dengan psikolog di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Worldtrides.com. Diakses pada 2022. 9 New Year’s Traditions From Cultures Around The World.
Invaluable.com. Diakses pada 2022. 13 New Year’s Traditions from Cultures Around the World.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan