• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 20 Oktober 2022

“Salah satu bahan yang ampuh mengatasi jerawat adalah adapalene. Biasanya ini diresepkan oleh dokter kulit.”

Mengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi JerawatMengenal Adapalene, Obat Ampuh untuk Mengatasi Jerawat

Halodoc, Jakarta – Adapalene adalah retinoid yang dibuat oleh dokter kulit yang digunakan untuk pengobatan topikal jerawat. Zat ini dibuat untuk menjadi alternatif retinoic acid atau tretinoin bagi yang memiliki kulit sensitif.

Adapalene dapat melawan jerawat yang ada dengan membuka pori-pori yang tersumbat. Selain itu, sifat antiinflamasinya dapat menenangkan kemerahan dan pembengkakan akibat jerawat. Ini juga merupakan komedolitik yang berarti mencegah terbentuknya komedo di masa depan.

Berbagai Manfaat Adapalene

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari adapalene:

1. Mengecilkan Pori-Pori

Semua jenis jerawat (whiteheads, blackheads, cystic acne, dan lain-lain) dimulai dengan pembentukan microcomedone atau pori-pori yang tersumbat. Mengenai bagaimana mikrokomedo terbentuk, penting untuk memahami proses alami pembaruan sel kulit. 

Sel-sel kulit dibuat di lapisan kulit yang lebih dalam, naik ke permukaan, mati, dan di kulit yang sehat, terlepas dari permukaan kulit dengan sendirinya. Karena kulit terus-menerus memperbaharui dirinya sendiri, sel-sel baru sedang dibuat, mati, dan mengelupas terus menerus. 

Meskipun proses ini konstan, beberapa sel kulit dapat mengalami kesulitan untuk melepaskan diri ketika mencapai permukaan kulit. Ini menimbulkan masalah karena semua sel kulit di bawahnya tersumbat. 

Tanpa tempat untuk pergi, sel-sel kulit mati dapat menumpuk di dalam pori-pori dan akhirnya memblokir pori-pori sepenuhnya. Ketika kulit mati menutupi bagian atas pori-pori, minyak terperangkap, bakteri jerawat mulai berkembang biak, dan membentuk jerawat. 

Nah, adapalene dapat melawan jerawat dengan mencegah pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati. Dengan cara membuat sel-sel kulit mati meluruh atau lepas begitu mencapai permukaan kulit. 

Adapalene melakukan ini dengan menormalkan proses pembuatan sel kulit. Saat kulit menciptakan sel-sel kulit baru, adapalene memastikan sel-sel baru tersebut telah diprogram sebelumnya untuk ditumpahkan saat mencapai permukaan kulit. Ini mencegah sel-sel kulit mati menumpuk dan menghalangi pori-pori.

2. Mencegah Jerawat Datang Kembali 

Adapalene adalah komedolitik yang berarti bisa mencegah timbulnya jerawat di masa depan. Dengan menjaga pori-pori tidak tersumbat, tidak ada komedo putih dan komedo yang terbentuk dari minyak berlebih yang terperangkap atau sel kulit mati yang berkeliaran. 

Karena mencegah komedo putih dan komedo datang kembali, adapalene adalah bahan yang sangat baik untuk dimasukkan ke dalam perawatan sehari-hari untuk pemilik kulit berjerawat.

3. Anti Peradangan yang Kuat

Adapalene adalah antiinflamasi yang mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang terkait dengan jerawat. Ini membuatnya sangat efektif melawan jerawat yang meradang (seperti jerawat papula dan pustula).

4. Cocok untuk Kulit Sensitif

Adapalene termasuk bahan yang cukup aman untuk kulit. Bahkan ramah untuk kulit sensitif, dan tidak menyebabkan iritasi kulit. Hal ini jika dibandingkan retinoic acid atau bahan sejenis. 

Adakah Risiko Efek Sampingnya?

Meski umumnya aman, ada beberapa risiko efek samping ringan yang dapat terjadi karena penggunaan adapalene, yaitu:

  • Sensasi hangat atau menyengat pada kulit.
  • Kulit kemerahan.
  • Kulit kering.
  • Gatal.
  • Kulit bersisik.
  • Memburuknya jerawat selama 2-4 minggu pertama penggunaan obat. 

Efek ini biasanya berkurang dengan penggunaan terus menerus. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter kulit kamu segera. Dokter mungkin akan mengurangi dosis atau meminta kamu berhenti menggunakannya.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap adapalene jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika melihat gejala reaksi alergi yang serius. Termasuk ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

Itulah pembahasan mengenai adapalene, yang biasa digunakan untuk obat jerawat. Jika butuh konsultasi lebih lanjut, download Halodoc saja untuk membuat janji di rumah sakit dengan dokter kulit.

Referensi:
Get Healthy Skin. Diakses pada 2022. Adapalene Skin Care Benefits: All You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2022. Adapalene Gel – Uses, Side Effects, and More.