5 Daftar Obat yang Mengandung Antihistamin untuk Pereda Alergi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Juli 2024

“Ketika terpapar zat alergen, tubuh kita bereaksi dengan menghasilkan histamin yang menyebabkan munculnya reaksi alergi. Untuk meredakannya kamu bisa mengonsumsi obat-obatan antihistamin seperti Claritin, Cetirizine, Dextamine, Alloris, dan Cerini yang tersedia di Halodoc. “

5 Daftar Obat yang Mengandung Antihistamin untuk Pereda Alergi5 Daftar Obat yang Mengandung Antihistamin untuk Pereda Alergi

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Antihistamin untuk Meredakan Alergi

Tes Panel Alergi Bisa di Rumah Pakai Halodoc


Halodoc, Jakarta –  Tubuh akan mengeluarkan zat kimia bernama histamin sebagai reaksi terhadap alergen (pemicu alergi), seperti bulu dari hewan peliharaan atau debu. 

Histamin dilepaskan sistem kekebalan tubuh untuk memberikan sinyal pada sel-sel tubuh lainnya, sebagai respon ketika ada protein asing yang menyebabkan timbulnya alergi. 

Biasanya alergi muncul dalam bentuk batuk, bersin, mata berair, serta berbagai keluhan lainnya. Nah, obat antihistamin berguna untuk melawan efek dari histamin yang menimbulkan gejala alergi. 

Mau tahu apa saja obat antihistamin yang ampuh untuk mengatasi alergi? Yuk simak ulasan di bawah ini! 

Rekomendasi Obat Antihistamin untuk Meredakan Alergi

Berikut adalah beragam obat antihistamin yang bisa membuat kamu nyaman beraktivitas bebas dari gangguan alergi

1. Claritin 10 mg 10 Tablet

Claritin 10 mg 10 Tablet

Rekomendasi yang pertama adalah Claritin. Obat ini mengandung Loratadin yang efektif untuk mengatasi alergi sejenis rhinitis dan biduran.

Perlu diingat bahwa obat ini tergolong obat merah atau obat keras dan penggunaanya harus dengan petunjuk dokter. Dengan aturan pakai untuk dikonsumsi sebelum, bersama, atau sesudah makan. 

Rentang harga: Rp113.500.

Dapatkan Claritin 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Cetirizine 10 mg 10 Tablet

Cetirizine 10 mg 10 Tablet

Selanjutnya ada Cetirizine. Obat antihistamin ini bisa digunakan untuk mengatasi rinitis menahun, rinitis kambuhan, konjungtivitis (mata merah), dan juga meredakan pruritus (gatal), urtikaria idiopatik (biduran) kronis, serta ruam kulit. 

Cetirizine juga termasuk golongan obat merah atau obat keras dan untuk mendapatkannya harus menggunakan petunjuk dari dokter. Aturan pakai obat ini adalah sebelum atau sesudah makan. 

Rentang harga: Rp6.500 per strip.

Dapatkan Cetirizine 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Dextamine 10 Tablet

Dextamine 10 Tablet

Dextamine adalah obat yang mengandung Dexamethasone atau zat yang berfungsi untuk meredakan peradangan, dan juga sebagai antihistamin untuk melawan alergi.

Obat antihistamin ini cukup efektif untuk mengatasi  rinitis, asma bronkial, eksim, iritasi kulit, alergi obat, mata merah, infeksi mata akibat lensa kontak, atau radang mata.

Nah, karena Dextamine adalah obat keras, jangan lupa dapatkan resep dokter sebelum membeli untuk mengetahui dosis penggunaannya. 

Rentang harga: Rp. 23.800 per strip. 

Dapatkan Dextamine 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

4. Alloris 10 mg 10 Tablet

Alloris 10 mg 10 Tablet

Alloris 10 mg 10 tablet merupakan obat antihistamin yang mengandung Loratadine 10 mg.  Kandungan ini berfungsi meredakan berbagai gejala seperti bersin-bersin, hidung tersumbat, dan tenggorokan gatal. 

Selain rinitis, Alloris juga bisa digunakan untuk mengatasi biduran, dan cara kerja obat ini adalah membatasi histamin untuk bereaksi terhadap alergen. Alloris juga merupakan obat merah atau obat keras, jadi kamu harus mendapatkan resep dokter sebelum membelinya. 

Rentang harga: 63.500 per strip. 

Dapatkan Alloris 10 mg 10 Tablet  di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Cerini 10 mg 10 Kaplet

Cerini 10 mg 10 Kaplet

Terakhir, ada Cerini. Obat  ini mengandung Cetirizine HCI 10 mg, antihistamin yang bertugas menghambat reseptor H1 di saluran pencernaan, pembuluh darah, dan saluran pernapasan.

Untuk penggunaannya sendiri, Cerini dianjurkan untuk penanganan rinitis menahun, rinitis alergi musiman, mata merah akibat peradangan, kulit gatal, dan biduran.

Kisaran Harga: Rp. 48.900 per strip.

Dapatkan Cerini 10 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Tes Panel Alergi Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Jika kamu mengalami gejala alergi terhadap suatu hal, sangat penting untuk melakukan identifikasi terhadap zat-zat yang menjadi pemicu reaksi alergi. 

Dengan mengetahui alergen yang tepat, kamu dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk menghindari gejala alergi yang bisa saja berkembang menjadi lebih parah dan berpotensi berbahaya bagi kesehatanmu. 

Dengan Tes Panel Alergi yang bisa dilakukan di rumah menggunakan layanan Home Lab di Halodoc, kamu dapat mengambil langkah preventif untuk menghindari alergi.

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi manapun yang kamu pilih.

Karena dilakukan di rumah, kamu bisa memantau kondisi kesehatan kamu atau orang terdekatmu dengan lebih baik.

Nah, ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah.

✔ Hemat waktu dan biaya.

✔ Ditangani oleh tenaga kesehatan dan responnya cepat.

✔ Protokol kesehatan ketat.

✔ Sampel diambil secara aman dan steril.

✔ Sampel darah/urine akan dibawa langsung ke laboratorium setelah diambil (tidak ada transit

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi.

✔ Harganya terjangkau, mulai dari Rp 1.900.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter.

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc.

Kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan vaksin ini, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc.

Booking Tes Panel Alergi Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order vaksinasi melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Jangan khawatir, tes ini aman karena akan dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih dan dapat dipercaya melalui layanan Halodoc. Yuk, lakukan tes sekarang juga!

Itulah beberapa rekomendasi obat yang mengandung antihistamin untuk meredakan alergi. Kamu juga bisa lho cari obat dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc, dan dikirim dari apotek tepercaya!

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses 2023. Histamine
Cleveland Clinic.  Diakses 2023. Antihistamine
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Antihistamine (Oral Route, Parenteral Route, Rectal Route). 
Tablet Wise.  Diakses 2023. Alloris Tablet. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan