Mengenal Arti Self-Love, Manfaat dan Cara Menerapkannya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 November 2023

“Self love merupakan hal yang perlu ditumbuhkan oleh setiap orang. Sebab, sikap ini memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan kesehatan mental dan fisik.”

Mengenal Arti Self-Love, Manfaat dan Cara MenerapkannyaMengenal Arti Self-Love, Manfaat dan Cara Menerapkannya

DAFTAR ISI:

  1. Apa itu Self Love?
  2. Manfaat Self Love
  3. Cara Menerapkan Self Love

Halodoc, Jakarta – Menurut berbagai penelitian psikologi, self love (cinta diri) adalah kunci kesehatan mental dan kesejahteraan. Sikap ini dapat mencegah depresi dan kecemasan. 

Meski begitu, sikap self love merupakan hal yang paling sulit untuk orang lakukan. Sebab, setiap orang selalu sibuk dengan kehidupan pribadi dan tidak pernah memerhatikan dirinya sendiri. 

Lantas, bagaimana arti self love dan cara menerapkannya? Berikut ulasannya!

Apa itu Self Love?

Mencintai diri sendiri atau self love berarti kamu memiliki apresiasi, ketertarikan, dan penghargaan positif terhadap diri sendiri. Hal ini juga berkaitan erat dengan self esteem (harga diri) dan kasih sayang pada diri sendiri. 

Ketika kamu memiliki rasa self love yang kuat, kamu akan memahami nilai diri dan memperlakukan diri sendiri dengan cara yang penuh kasih. 

Perlu kamu pahami, self love berbeda dengan narsisme. Sikap narsisme lebih kepada mementingkan diri sendiri, bahkan secara berlebihan. 

Sementara itu self love adalah sifat yang positif. Mencintai diri sendiri berarti memiliki pemahaman yang baik tentang kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

Self love  juga berdampak positif pada kesejahteraan, kesehatan mental, dan hubungan.

Untuk info lebih dalam mengenai self love, kamu bisa baca di sini: Mengenal Arti Self-Love, Manfaat dan Cara Menerapkannya.

Manfaat Self Love

Berikut ini beberapa manfaat self love untuk kesehatan mental dan fisik:

1. Memiliki berat badan yang sehat

Perlu kamu ketahui, kesehatan fisik setiap orang tidak bisa diserahkan pada orang lain. Itulah mengapa pentingnya mencintai diri sendiri. 

Jika tubuh terasa tidak nyaman, maka kamu tidak akan bahagia dengan diri sendiri. Akibatnya, kamu tidak dapat hidup dalam lingkungan yang damai.

Apabila kamu menjaga kesehatan tubuh, maka hidup akan jadi lebih sederhana. 

2. Bahagia

Menjadi bahagia adalah hal penting, karena kebahagiaan hanya bisa kamu raih jika tubuh sehat dan perasaan bahagia. Self love adalah kunci untuk menjadi bahagia. 

Jika kamu bahagia, maka tumbuh rasa percaya diri dan kamu akan memiliki harga diri yang tinggi.

3. Memiliki hubungan yang lebih baik

Jika kamu mencintai diri sendiri, maka kamu pasti akan mulai mencintai orang lain dan memahami orang lain.

Kamu akan dapat mengungkapkan perasaan dengan mudah dan dapat berkomunikasi dengan orang lain. Alhasil, hubungan yang kamu miliki pun akan lebih baik.

4. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat

Apabila kamu mulai self love, maka tubuh akan mampu melawan penyakit dan bisa sembuh dari segala jenis penyakit dalam waktu singkat. 

5. Produktivitas lebih tinggi

Ketika kamu self love, maka kamu mampu bekerja dengan cerdas. Alhasil, produktivitas kerja pun jadi lebih tinggi. 

Cara Menerapkan Self Love

Mengucapkan self love tentu lebih mudah daripada melakukannya. Berikut ini beberapa cara sederhana dan praktis untuk menunjukkan self love pada diri sendiri:

  • Dapatkan tidur malam yang nyenyak dan berkualitas. Sebab, tidur yang baik adalah fondasi dari kesehatan fisik dan mental.
  • Olahraga atau aktif secara fisik adalah cara yang bagus untuk menunjukkan rasa cinta pada diri sendiri.
  • Makan dengan baik dengan memiliki bahan makanan yang lebih sehat. Selain itu, batasi sumber makanan yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.
  • Tetapkan batasan dengan belajar mengatakan ‘tidak’. Hal ini dapat menghemat waktu dan energi untuk hal-hal yang paling penting. Ingat, bukan hal yang egois jika kamu memprioritaskan diri sendiri.
  • Lakukan kegiatan yang kamu sukai atau pertimbangkan untuk belajar menguasai keterampilan baru. 
  • Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Sebab, hal tersebut justru menempatkan kamu pada rasa rendah diri. 

Mau tahu perbedaan antara self love dan selfish? Baca selengkapnya di artikel ini: “Ini Perbedaan antara Selfish dan Self Love yang Harus Diketahui“.

Memprioritaskan diri sendiri adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan. Belajar menumbuhkan self love merupakan hal yang penting. 

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang arti self love, manfaat, dan cara menerapkannya. 

Jika kamu membutuhkan bantuan profesional untuk menumbuhkan self love, percayakan pada psikolog berpengalaman di Halodoc agar mendapatkan saran yang tepat.✔️

Nah, untuk mengetahui masalah kesehatan mental lainnya, kamu bisa cek di sini: Jelajahi Topik Konseling Umum.

Referensi:
Better Up. Diakses pada 2023. What self-love truly means and ways to cultivate it
Medium. Diakses pada 2023. Top 13 Health Benefits Of Self-Love
Medical News Today. Diakses pada 2023. Why self-love is important and how to cultivate it
Positive Psychology. Diakses pada 2023. What Is Self-Compassion and What Is Self-Love?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan