Menu Makanan Diet Setiap Hari untuk Pemula

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   29 November 2022

“Ada beberapa makanan yang sebaiknya selalu ada di dalam menu dietmu. Salah satunya adalah sayuran, karena sayuran kaya akan serat dan air yang dapat membuatmu kenyang lebih lama.”

Menu Makanan Diet Setiap Hari untuk PemulaMenu Makanan Diet Setiap Hari untuk Pemula

Halodoc, Jakarta – Penting untuk tidak sembarangan dalam menjalani diet. Sebab, meski diet memang berfokus pada defisit atau pengurangan kalori, tetapi kamu juga perlu memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi. Sayangnya, bagi mereka yang masih pemula dalam memulai diet, hal ini tentunya dapat menjadi tantangan. Nah, jika kamu adalah salah satu pemula tersebut, sebaiknya ketahuilah menu makanan diet setiap hari yang dapat dikonsumsi. 

Makanan yang Sebaiknya Selalu ada Dalam Menu Diet

Sayur-Mayur, Lauk-Pauk dan Buah-buahan

Perlu diingat bahwa makanan adalah bahan bakar bagi tubuh, sehingga asupan nutrisi penting perlu terpenuhi dengan baik. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya selalu ada di dalam menu dietmu setiap harinya, pada salah satu atau beberapa jam makan: 

  • Sayuran. Semakin banyak mengonsumsi sayuran saat diet, akan semakin baik. Terutama bila menyangkut sayuran hijau. Sebab, sayuran kaya akan serat dan kandungan air, yang keduanya dapat membantumu kenyang lebih lama. 
  • Buah. Kamu dapat memilih buah segar atau beku sebagai salah satu bahan menu diet. Buah-buahan dapat dikonsumsi selama sarapan, atau sebagai hidangan pencuci mulut di malam hari.  
  • Gandum utuh. Oat, gandum utuh, jelai, dan quinoa adalah pilihan yang bagus sebagai sumber kalori.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Pastikan untuk memilih kacang polos, mentah, panggang, atau asin. Namun, lewati sebagian besar rasa lainnya (seperti madu) karena mengandung gula tambahan. Jika kamu menyukai selai kacang, pilihlah selai yang hanya mengandung dua bahan saja, yaitu kacang tanah dan garam.
  • Lemak sehat. Lemak dari ikan salmon, serta minyak zaitun dan alpukat, adalah pilihan lemak sehat yang bagus. Perlu diketahui bahwa lemak sehat dapat membantu memberikan energi pada tubuh dengan kalori yang rendah. 
  • Legum. Jenis kacang legum diketahui kaya akan serat dan protein. Selain yang segar, kamu juga dapat menggunakan kacang legume opsi kalengan.
  • Protein. Saat memilih protein untuk diet, pastikan untuk memilih makanan yang tinggi protein namun rendah kolesterol. Karena itu, konsumsilah lebih banyak daging ayam, ikan, dan telur. 
  • Karbohidrat kompleks. Pastikan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang cukup. Ada beberapa karbohidrat kompleks yang dapat dikonsumsi, seperti roti gandum, nasi merah, jagung, dan kentang. 

Contoh Menu yang Dapat Disajikan

Menu yang dapat disajikan

Salah satu menu diet bagi pemula yang dapat disajikan adalah sarapan berupa telur dadar atau orak arik. Kemudian, pada jam makan siang, konsumsi makanan dapat dilanjutkan dengan ayam panggang beserta tomat dan wortel. Di waktu makan malam, kamu bisa mengonsumsi nasi merah dengan lauk seperti ikan atau ayam yang direbus atau dipanggang. Ingatlah bahwa selain kandungan nutrisi makanan, pengolahan makanan juga berdampak pada diet. 

Keesokan harinya, kamu dapat mengonsumsi buah seperti pisang atau melon dengan persentase 50 persen. Sementara itu, 50 persen sisanya kamu dapat mengonsumsi sayuran atau biji-bijian. 

Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Diet

Ada beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari konsumsinya selama diet, antara lain: 

  • Minuman dengan gula tinggi. Minuman manis seperti soda dapat berdampak negatif pada berat badan dan kesehatan secara keseluruhan.
  • Roti putih. Roti putih terbuat dari tepung yang sangat halus, dan dapat meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan makan berlebihan.
  • Kue. Kue kering, biskuit, dan kue basah sering kali mengandung gula tambahan, tepung olahan, dan terkadang lemak trans dalam jumlah besar.
  • Makanan yang digoreng. Gorengan umumnya tinggi kalori, garam, dan lemak tidak sehat. 

Itulah penjelasan mengenai menu diet bagi pemula. Jika masih memiliki pertanyaan seputar diet, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi tepercaya melalui aplikasi Halodoc. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang! 

Banner download aplikasi Halodoc

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. The Definitive Guide to Healthy Eating in Real Life. 
Healthline. Diakses pada 2022. 18 of the Best Foods for Your Healthy Weight Journey. 
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Foods to Avoid When Trying to Lose Weight. 
Eating Well. Diakses pada 2022. Clean-Eating Meal Plan for Beginners. 
Halodoc. Diakses pada 2022. Ini Menu Diet Sehat 30 Hari untuk Turunkan Berat Badan. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan