Menurut Penelitian, Kecerdasan Anjing sama dengan Hewan Lainnya

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   11 Februari 2021
Menurut Penelitian, Kecerdasan Anjing sama dengan Hewan LainnyaMenurut Penelitian, Kecerdasan Anjing sama dengan Hewan Lainnya

Halodoc, Jakarta - Kebanyakan anjing peliharaan menuruti perintah pemiliknya saat disuruh duduk, berguling, atau bersalaman. Anjing dikenal merupakan hewan yang pintar dan mudah bersosialisasi. Tidak heran jika banyak orang yang menganggap hewan ini memiliki kecerdasan di atas rata-rata hewan lainnya. Namun tahukah kamu jika kecerdasan anjing memiliki kesamaan dengan hewan lainnya? Mengapa anjing bisa terlihat lebih pintar, ya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Membantu Kucing Menurunkan Berat Badan?

Kecerdasan Anjing sama dengan Hewan Lainnya, Benarkah?

Penelitian di tahun 2018 yang diterbitkan di Jurnal Learning and Behavior tentang kemampuan kognisi hewan, yaitu keyakinan yang didapatkan dari proses berpikir tentang sesuatu atau seseorang. Penelitian yang dilakukan mengelompokkan anjing dalam tiga kategori, yaitu karnivora, pemburu sosial, dan dapat dijinakkan. Penelitiannya sendiri bertujuan untuk mengetahui perbandingan dalam setiap kategori.

Bukan hanya anjing saja yang ikut berpartisipasi, melainkan juga serigala, anjing liar, hyena, kucing, lumba-lumba, simpanse, kuda, dan burung dara pun ikut meramaikannya. Seluruh hewan tersebut diuji kemampuan kognisinya dalam menyelesaikan masalah, menarik informasi, dan kecerdasan sosial. Tahukah kamu? Hasilnya, semua hewan tersebut memiliki nilai yang sama baiknya dengan anjing. Bahkan di beberapa kategori dan hewan tertentu, mereka memiliki nilai yang lebih baik ketimbang anjing.

Jadi intinya, semua hewan memiliki nilai kognisi yang hampir sama. Perbedaannya terletak pada, apakah hewan tersebut dilatih atau tidak. Anjing nampak memiliki kecerdasan di atas hewan lainnya karena ia sering dilatih. Bahkan, ada banyak saat ini sekolah anjing yang dapat melatih kemampuan kognisinya. Sampai di sini, apakah kamu berniat untuk melatih peliharaan di rumah agar terlihat pintar seperti anjing?

Baca juga: Seberapa Seringkah Kucing Harus Minum Air?

Kelebihan Memelihara Anjing Ketimbang Hewan Lainnya

Anjing menjadi sahabat setia manusia, hiburan saat sedih, teman traveling, dan lainnya. Memelihara anjing juga baik dalam meningkatkan kualitas kesehatan fisik maupun mental. Bukan itu saja, berikut ini beberapa manfaat lain memelihara anjing ketimbang hewan lainnya:

1. Berolahraga Bersama

Tidak seperti peliharaan lainnya, anjing bisa menjadi teman untuk berolahraga bersama karena mereka suka sekali berjalan-jalan. Bukan hanya berjalan dan berlari saja, kamu bisa mengajak anjing peliharaan berenang, hiking, bermain lempar tarik, dan lain-lain.

2. Mendorong untuk Bergerak

Anjing merupakan salah satu hewan yang harus diajak berjalan-jalan. Jika hanya dikurung di kandang saja, anjing lebih muda stres bahkan depresi. Hal tersebut mendorong pemilik untuk bergerak aktif. Dari hasil penelitian yang dilakukan, pemilik anjing menghabiskan 300 menit setiap minggu untuk beraktivitas fisik bersama anjingnya.

3. Membuat Pemilik Lebih Bersosialisasi

Membawa anjing kemana pun pergi membuat kamu lebih mudah didekati dan diajak berbicara dengan orang lain. Tentu saja bahasan yang utama adalah anjing. Dari hasil penelitian yang dilakukan, sekitar 40 persen pemilik anjing lebih mudah menjalin pertemanan.

Baca juga: Apa yang Menyebabkan Anjing Mengalami Cacingan?

Itulah penjelasan mengenai kecerdasan anjing yang sama dengan hewan lainnya. Jika kamu adalah pemilik hewan peliharaan yang sedang sakit atau memiliki keluhan kesehatan lainnya, silahkan diskusikan hal tersebut dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc, ya.

Referensi:
Jurnal Learning and Behavior. Diakses pada 2021. In what sense are dogs special? Canine cognition in comparative context. Learn Behav 46, 335–363 (2018)
Smithsonianmag.com. Diakses pada 2021. Dogs Are Smart, But Not Exceptional.
Akc.org. Diakses pada 2021. 10 Science-Based Benefits of Having a Dog.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan