Metode Operasi yang Dilakukan untuk Mengatasi Hernia

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Maret 2022

“Ada tiga metode pengobatan hernia yaitu, operasi hernia terbuka, operasi hernia laparoskopi dan operasi hernia robotik. Operasi terbuka biasanya dilakukan dengan membuat sayatan di selangkangan. Metode operasi laparoskopi menggunakan instrumen tipis seperti teleskop yang dimasukkan melalui sayatan kecil di pusar. Beda operasi hernia robotik dengan laparoskopi adalah ahli bedah duduk di konsol di ruang operasi, dan menangani instrumen bedah dari konsol.”

Metode Operasi yang Dilakukan untuk Mengatasi HerniaMetode Operasi yang Dilakukan untuk Mengatasi Hernia

Halodoc, Jakarta – Satu-satunya cara untuk mengobati hernia secara efektif adalah melalui operasi. Ukuran dan tingkat keparahan hernia menjadi penentu kapan operasi seharusnya dilakukan. Sebelum melakukan operasi, biasanya dokter akan memantau hernia untuk mengetahui kemungkinan komplikasi.

Sejauh ini dalam perkembangan dunia medis, ada tiga metode pengobatan hernia yaitu, operasi hernia terbuka, operasi hernia laparoskopi dan operasi hernia robotik. Informasi selengkapnya mengenai tiga metode tersebut bisa dibaca di sini!

Metode Paling Efektif Sesuai dengan Kebutuhan

Tadi sudah disinggung bahwasanya, metode paling efektif untuk penanganan hernia adalah melalui operasi. Berdasarkan diskusi dan pertimbangan medis, dokter dan pasien akan sama-sama memutuskan metode operasi mana yang sesuai digunakan. Apa saja metode operasinya?

1. Operasi Terbuka

Operasi terbuka biasanya dilakukan dengan membuat sayatan di selangkangan. Hernia ataupun kantung yang berisi usus dengan posisi menonjol lalu diidentifikasi. Dokter bedah kemudian mendorong hernia kembali ke perut dan memperkuat dinding perut dengan jahitan atau jaring sintetis. 

Sebagian besar pasien akan dapat pulang beberapa jam setelah operasi, dan merasa baik-baik saja dalam beberapa hari kemudian. Dalam rangka pemulihan, pasien dilarang untuk melakukan aktivitas berat dan olahraga selama empat hingga enam minggu setelah operasi.

2. Operasi Laparoskopi 

Metode operasi laparoskopi menggunakan instrumen tipis seperti teleskop yang dimasukkan melalui sayatan kecil di pusar. Prosedur ini biasanya dilakukan dengan anestesi umum, jadi sebelum operasi, kamu akan menjalani evaluasi keadaan kesehatan secara umum, termasuk riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik dan kemungkinan juga tes laboratorium termasuk juga elektrokardiogram (EKG).

Selama operasi kamu tidak akan merasakan sakit. Laparoskopi akan terhubung ke kamera video kecil, yang akan memproyeksikan tampilan dalam tubuh ke layar televisi di ruang operasi. Perut akan dipompa dengan gas yang tidak berbahaya (karbon dioksida), yang menciptakan ruang untuk memungkinkan dokter melihat struktur internal. 

Kemudian peritoneum (lapisan dalam perut) dipotong untuk memperlihatkan kelemahan pada dinding perut. Implan mesh akan ditempatkan di bagian dalam untuk menutupi cacat di dinding perut dan memperkuat jaringan. 

Setelah prosedur selesai, sayatan kecil di perut ditutup dengan satu atau dua jahitan atau dengan pita bedah. Dalam beberapa bulan, sayatan hampir tidak akan terlihat. Operasi hernia dengan metode ini lebih cepat dan sensasi sakitnya juga hanya sedikit. Pemulihannya juga lebih cepat tidak sampai memakan waktu berminggu-minggu.

3. Operasi Hernia Robotik

Seperti halnya operasi laparoskopi, operasi hernia robotik menggunakan laparoskopi dan dilakukan dengan cara yang sama dimana dilakukan sayatan kecil, penempatan kamera kecil, untuk memproyeksikan bagian dalam perut ke layar televisi.

Namun bedanya adalah ahli bedah duduk di konsol di ruang operasi, dan menangani instrumen bedah dari konsol. Operasi robotik dapat digunakan untuk beberapa hernia yang lebih kecil, atau area yang lemah, sekaligus juga untuk merekonstruksi dinding perut.

Salah satu perbedaan terbesar antara operasi laparoskopi dan operasi robotik adalah bahwa penggunaan robot memberikan gambar tiga dimensi yang sangat baik dari bagian dalam perut. Ini berbeda dengan pencitraan dua dimensi dari operasi laparoskopi. Bedah robotik juga memungkinkan ahli bedah untuk dengan mudah menggunakan jahitan untuk menjahit jaringan dan jerat di dalam perut.

Manfaat lain dari operasi hernia robotik adalah bahwa pasien memiliki bekas luka kecil daripada satu bekas luka sayatan besar, dan mungkin ada lebih sedikit rasa sakit setelah operasi ini dibandingkan dengan operasi terbuka.

Itulah informasi mengenai metode operasi yang dilakukan untuk mengatasi hernia. Kalau kamu punya masalah dengan hernia, buat saja janji pemeriksaan lewat Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Johns Hopkins Medicine. Diakses pada 2022. Hernia Treatment Options
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Hernia Repair Surgery
WebMD. Diakses pada 2022. Understanding Hernia — the Basics

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan