Minum Susu Pagi Hari atau Malam Hari, Mana yang Lebih Baik?

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Desember 2020
Minum Susu Pagi Hari atau Malam Hari, Mana yang Lebih Baik?Minum Susu Pagi Hari atau Malam Hari, Mana yang Lebih Baik?

Halodoc, Jakarta - Susu diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh karena nutrisi yang terkandung di dalamnya. Minum susu menjadi rutinitas harian bagi kebanyakan orang. Sebagian orang minum susu di pagi hari. Sedangkan sebagian orang lainnya memilih untuk minum susu pada malam hari sebelum tidur. Namun, kapan waktu terbaik untuk minum susu? 

Perlu diketahui, sebenarnya tidak ada waktu terbaik untuk minum susu. Artinya susu bisa diminum kapan saja, sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan. Hal yang penting diperhatikan adalah jangan terlalu banyak minum susu karena bisa menimbulkan efek kekenyangan.

Baca juga: Sakit Perut Setelah Sarapan, Apa yang Salah?

Pengaruh Waktu Minum Susu pada Kesehatan

Sebenarnya beberapa penelitian tidak ada yang menyebutkan waktu yang tepat untuk minum susu. Namun, ada pula yang pernah menyinggung momen terbaik untuk minum susu, misalnya setelah berolahraga. Tujuannya untuk menjalankan program penurunan berat badan dan membentuk otot.

Susu mengandung berbagai nutrisi yang meningkatkan kesehatan. Meminum segelas susu pada waktu makan menjadi cara mudah untuk mengurangi kalori dari makanan. 

Sementara itu, kalsium dalam susu membantu pertumbuhan tulang, sedangkan magnesium dan potasium penting untuk mengatur tekanan darah. Susu adalah minuman rendah kalori tapi kaya protein. 

Protein dalam susu juga bisa membantu menurunkan berat badan dan mendukung pembentukan otot. Proses penurunan berat badan bisa terjadi dengan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan. Hal ini menurunkan asupan kalori harian. 

Jika minum susu setelah berolahraga, maka bisa mendukung pertumbuhan pertumbuhan otot dan peningkatan komposisi tubuh. Namun, perlu diingat bahwa minum susu secara berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan yang tidak terkontrol karena asupan kalori yang tinggi. 

Beberapa orang juga meyakini bahwa minum susu meningkatkan fungsi pencernaan. Untuk merasakan manfaat ini, cobalah untuk meminumnya setelah makan. Manfaatnya juga bisa kamu rasakan pada produk susu fermentasi atau yogurt. Hal ini karena kandungan probiotik atau bakteri baik yang bekerja sama dengan mikroba di usus. 

Baca juga: 7 Jenis Susu yang Perlu Diketahui Serta Manfaatnya

Beberapa Orang yang Sebaiknya Membatasi Minum Susu

Beberapa orang dengan kondisi tertentu sebaiknya membatasi atau menghindari minum susu. Terutama pada orang yang intoleransi laktosa atau alergi susu. Intoleransi laktosa adalah ketidakmampuan mencerna gula utama dalam susu. Kondisi ini bisa mengakibatkan perut bergas, kembung, dan diare. 

Selain itu, pengidap diabetes atau yang kontrol gula darahnya buruk juga harus membatasi asupan susu. Susu mengandung laktosa, yaitu sejenis gula yang berkontribusi pada kadar gula darah tinggi. 

Jika kamu harus membatasi asupan susu, kamu bisa beralih pada susu nabati, misalnya susu almond, kedelai, kacang mete, dan susu rami. Carilah variasi susu nabati yang tanpa pemanis dan tidak mengandung bahan tambahan yang tidak diperlukan tubuh. 

Perlu kamu pahami, susu adalah minuman kaya nutrisi yang mengandung protein, kalsium, dan beberapa nutrisi lainnya. Sejauh ini, tidak ada penelitian yang menyarankan bahwa kamu harus minum susu di pagi hari atau malam hari untuk mendapatkan kesehatannya. 

Baca juga: Cegah Osteoporosis dengan 6 Langkah Ini

Hanya saja beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum susu setelah berolahraga bisa membantu menurunkan berat badan atau membentuk otot secara khusus. Secara keseluruhan, waktu terbaik untuk minum susu tergantung pada tujuan dan kebutuhan masing-masing orang. 

Untuk mengetahui kebutuhan tubuhmu akan susu, kamu bisa berdiskusi dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2020. Is There a Best Time to Drink Milk?
Medical Daily. Diakses pada 2020. When’s The Best Time To Drink Milk?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan