Mitos atau Fakta, Kopi Bisa Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh  dr. Verury Verona Handayani   28 Oktober 2020
Mitos atau Fakta, Kopi Bisa Turunkan Berat BadanMitos atau Fakta, Kopi Bisa Turunkan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Apakah benar minum kopi bisa menurunkan berat badan? Dilansir dari Mayo Clinic disebutkan kalau kafein saja tidak akan menurunkan berat badan. Namun, menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Harvard T.H. CHAN School of Public Health, minum empat cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh sekitar 4 persen.

Kafein pada kopi dapat meningkatkan metabolisme, sehingga membakar kalori lebih banyak dan memicu penurunan lemak tubuh. Lantas, apakah semua kopi bisa memberikan efek penurunan berat badan? Baca selengkapnya di sini!

Baca juga: Ini Dampak Kebanyakan Minum Kopi pada Pencernaan

Kafein Dapat Melawan Obesitas?

Mendukung data kesehatan dari Harvard T.H. CHAN School of Public Health, tim peneliti dari University of Nottingham di Inggris menerbitkan sebuah penelitian di jurnal Scientific Reports yang menunjukkan bahwa kafein meningkatkan brown fat atau lemak kecokelatan. Aktivitas lemak kecokelatan akan membakar energi, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Diperkirakan setidaknya harus minum 100 cangkir kopi supaya mendapatkan hasil yang signifikan. Tentunya ini menunjukkan sesuatu yang mustahil dilakukan, sehingga butuh penelitian lebih lanjut untuk menyebutkan kafein dapat melawan obesitas.

Memang minum kopi dapat mengurangi rasa lapar. Kafein pada kopi juga dapat menstimulasi thermogenesis, yang merupakan salah satu cara tubuh menghasilkan panas dan energi dari mencerna makanan.

Pun, kopi dinilai memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan mulai dari:

  • Asam Klorogenat

Ini adalah senyawa yang menyebabkan rasa pahit atau asam pada kopi. Asam klorogenat memiliki efek antioksidan yang bertanggung jawab memberikan perlindungan dari penyakit jantung dan serangan jantung. 

Efek antioksidannya juga dapat melindungi DNA dan sel saraf, serta dapat meningkatkan kemampuan untuk melawan infeksi, dari bakteri, jamur, dan virus. Termasuk juga merangsang metabolisme dan memperlambat penyerapan karbohidrat.

  • Trigonelin 

Trigonelin bermanfaat dalam hal melawan infeksi membantu mengatur gula darah. 

  • Polifenol

Polifenol ditemukan di banyak jenis makanan dan minuman nabati. Antioksidan ini terbukti meningkatkan kesehatan, mengurangi peradangan, dan mencegah penyakit.

Baca juga: 6 Mitos Fakta tentang Kafein yang Perlu Diketahui

Terlepas dari itu, minum kopi memiliki efek samping. Terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan kegugupan, insomnia, mual, peningkatan tekanan darah, dan masalah lainnya. Minum kopi bila ditambahkan gula, susu, serta penambah rasa manis lainnya juga dapat meningkatkan kalori dan lemak. Menambahkan susu dan gula ke dalam kopi atau teh dapat menghambat upaya penurunan berat badan, terutama jika kamu minum beberapa gelas perhari. 

Dianjurkan Minum Kopi Hitam

Paling baik adalah minum kopi hitam tanpa gula ataupun bahan tambahan. Minum kafein secara moderat yang disertai dengan aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan pemeliharaan berat badan dan penurunan berat badan. Jadi, kopi bisa menurunkan berat badan bukanlah faktor tunggal. Tetap perlu ada faktor lainnya seperti olahraga dan pola makan sehat.

Baca juga: Benarkah Sering Minum Kopi Tingkat Risiko Hipertensi?

Sekarang ini makin banyak kopi kekinian yang menawarkan beragam rasa dengan kalori tambahan tentunya. Pastinya ini sangat menggoda. Kalau kamu ingin tetap menikmati kopi tanpa mendapatkan berat badan tambahan, kamu bisa mengikuti tips ini.

1. Taburkan sedikit kayu manis.

2. Gunakan susu almond tanpa pemanis.

3. Gunakan sedikit pemanis alami tanpa kalori.

4. Tambahkan beberapa tetes ekstrak vanili.

5. Berikan lelehan cokelat hitam 

Kalau kamu punya pertanyaan mengenai cara menurunkan berat badan yang sehat, bisa ditanyakan langsung ke dokter di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:
Harvard T.H. CHAN School of Public Health Diakses pada 2020. Four cups of coffee a day associated with modest loss of body fat.
The Conversation. Diakses pada 2020. Research Check: can drinking coffee help you lose weight?
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Does caffeine help with weight loss?
Healthline. Diakses pada 2020. How Does Coffee Affect Weight?
US Health News. Diakses pada 2020. Can Coffee Help You Lose Weight? Myths about the Coffee Cleanse Diet.



 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan