Mitos atau Fakta, Minum Air Jahe Bisa Atasi Perut Kembung

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Agustus 2020
Mitos atau Fakta, Minum Air Jahe Bisa Atasi Perut KembungMitos atau Fakta, Minum Air Jahe Bisa Atasi Perut Kembung

Halodoc, Jakarta - Perut kembung memang membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Rasanya begah, perut menjadi lebih buncit, cepat kenyang ketika makan padahal tidak makan dalam porsi besar, dan jadi sering buang angin. Sebenarnya, perut kembung bisa terjadi karena banyak hal, contohnya pola makan yang buruk, stres, hingga kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok.

Sebenarnya, pada beberapa kasus, perut kembung juga bisa terjadi karena menstruasi, infeksi saluran pencernaan, atau sindrom iritasi pada usus besar. Meski begitu, masalah kesehatan ini bisa ditangani, bahkan tanpa membutuhkan bantuan medis. Benarkah salah satu caranya adalah mengonsumsi air jahe?

Air Jahe untuk Mengatasi Perut Kembung

Air jahe dikatakan sebagai salah satu solusi untuk membantu mengatasi perut kembung. Ramuan jahe sendiri sudah lama digunakan di China dan India sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai kondisi peradangan seperti pilek, batuk, dan flu. Gingerol, bahan konstituen aktif pada jahe memiliki efek analgesik, sedatif, antipiretik, dan antibakteri.

Baca juga: Perut Kembung, Atasi dengan 5 Hal Ini

Sementara itu, komponen lainnya, yaitu zingerone memiliki sifat antioksidan. Namun, apa yang menjadikan jahe efektif sebagai solusi untuk mengatasi perut kembung? Ternyata, jahe merangsang cairan pencernaan, seperti empedu, air liur, dan berbagai senyawa lainnya yang membantu pencernaan, sehingga sangat efektif untuk penyerapan dan asimilasi nutrisi yang baik. 

Gangguan pencernaan menjadi salah satu akar penyebab terjadinya perut kembung. Makanan yang tidak tercerna akan menghasilkan racun yang menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Air jahe yang dikonsumsi di pagi hari bisa membantu meringankan kembung dan menyembuhkan masalah kesehatan pada saluran pencernaan, serta mengatur kadar gula darah. 

Baca juga: Bukan Masuk Angin, Ini 4 Penyebab Sering Sendawa

Minumlah air jahe seperlunya untuk menenangkan perut dan menghilangkan gangguan pencernaan, termasuk perut kembung. Tambahkan dengan madu dan perasan lemon untuk meningkatkan cita rasanya. Kamu juga bisa mengonsumsi teh jahe atau mengisap permen jahe sebagai pilihan alternatifnya. 

Meski efektif untuk membantu meringankan masalah pencernaan dan perut kembung, jangan sampai mengonsumsi jahe secara berlebihan. Batasi hingga 3 atau 4 gram per hari. Terlalu banyak mengonsumsi jahe akan mengakibatkan heartburn dan throat burn.

Meski gangguan pencernaan menjadi masalah yang umum, beberapa kondisi tetap tidak boleh diabaikan dan harus segera mendapatkan penanganan. Pasalnya, gangguan pencernaan sering kali menjadi gejala dari masalah pencernaan lainnya yang sifatnya lebih kronis, seperti refluks asam lambung, gastritis, bahkan kanker perut. 

Baca juga: Sendawa Terus? Mungkin Ini Penyebabnya

Oleh karena itu, segera temui dokter di rumah sakit terdekat jika masalah ini tidak sembuh hingga lebih dari dua minggu atau kamu mengalami gejala lain, seperti penurunan berat badan, kehilangan nafsu makan, muntah, feses berubah warna menjadi hitam, kelelahan, dan kesulitan menelan. Gunakan aplikasi Halodoc agar kamu tidak lagi kesulitan membuat janji di rumah sakit terdekat. Jika ingin tanya dokter, kapan dan di mana saja kamu juga bisa pakai aplikasi Halodoc

Ternyata, air jahe memang membantu meringankan perut kembung, asalkan konsumsinya tidak berlebihan. Kamu juga bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi masalah ini, termasuk menghindari pemicu dari perut kembung, makan dalam porsi dan waktu yang tepat, serta mengganti minuman kafein dan soda dengan air mineral. 

Referensi:
Food NDTV. Diakses pada 2020. Can Ginger Help Curb Bloating? Here’s the Answer.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat Indigestion at Home.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Eighteen Ways to Reduce Bloating.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan