• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Panduan Belanja Aman dan Sehat saat Pandemi Corona dari WHO

Panduan Belanja Aman dan Sehat saat Pandemi Corona dari WHO

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Pandemi corona telah menjadikan belanja bahan makanan menjadi suatu aktivitas yang perlu ditimbang ulang dan dicermati sebelum dilakukan. Apalagi kalau kamu tidak melakukan belanja secara online melainkan langsung datang ke lokasi supermarket. 

Seperti yang direkomendasikan oleh WHO, untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, cobalah untuk mengurangi frekuensi belanja. Pastikan juga kalau kamu cukup fit untuk keluar rumah. Serta seberapa penting kebutuhan tersebut. Informasi selengkapnya ada di bawah ini!

Apa yang Harus Dilakukan Supaya Belanja Aman dan Sehat?

Kamu sangat disarankan untuk membawa anak-anak masuk ke toko. Apalagi kalau memang lokasinya di keramaian. Membuat daftar belanja juga menjadi bagian penting yang tidak boleh diluputkan. 

Supaya barang kebutuhan pokok yang kamu belanjakan digunakan secara maksimal, ada baiknya kamu menggunakan sesuai urutan expired date-nya. Hindari membuang-buang makanan dan uang dengan membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. 

Baca juga: Tetap Sehat Meski PSBB Dilonggarkan

Lantas, apa yang harus dilakukan sesampainya di supermarket supaya tetap aman dan sehat?

  1. Kenakan Penutup Wajah dan Jangan Menyentuh Wajah

Mengenakan masker wajah melindungi orang lain dan juga diri sendiri. Apalagi seperti yang diketahui bersama ada kemungkinan seseorang dapat menyebarkan virus ke orang lain tanpa menunjukkan gejala. Mengenakan masker bisa mengurangi risiko itu. Ini juga merupakan pengingat visual untuk berlatih menjaga jarak sosial dan tidak menyentuh wajah.

  1. Tunjuk Satu Orang ke Toko Grosir

Jika bisa, batasi satu orang saja untuk melakukan aktivitas berbelanja. Ini dilakukan untuk menghindari orang-orang berisiko tinggi pergi ke luar. Kamu mungkin tergoda untuk membawa seluruh keluarga karena bagaimanapun, semua orang merasa terkurung akhir-akhir ini. Namun, hal yang terbaik adalah membatasi satu orang saja yang terpapar lingkungan luar.

  1. Tidak Perlu Menggunakan Sarung Tangan

Kamu tidak perlu memakai sarung tangan. Kontaminasi silang dan kontaminasi diri terjadi dengan mudah ketika mengenakan sarung tangan. Plus, mengenakan sarung tangan hanya memberi rasa aman palsu. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan atau membersihkannya sebelum pergi ke toko, setelah pergi dan setibanya di rumah.

  1. Batasi Permukaan yang Disentuh

Sekarang bukan saatnya untuk memeriksa setiap bagian dari produk. Perhatikan barang-barang yang mau kamu beli. Hati-hati mencarinya dan cobalah hanya menyentuh apa yang kamu butuhkan atau cari.

Baca juga: Ini 6 Manfaat PSBB Bagi Keluarga

  1. Berbelanja Cepat dan Efisien

Ketahui barang apa yang kamu butuhkan sebelum menuju ke toko. Dengan cara ini, kamu memiliki rencana dan tidak hanya datang tanpa tujuan yang dapat meningkatkan eksposur.

  1. Ketahui Faktor Risiko Penyebarannya 

Para ahli sepakat bahwa coronavirus terutama menyebar melalui tetesan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin. Dengan itu, fokuslah menjaga setidaknya menjaga jarak 1–2 meter di antara kamu dan orang lain. Kemudian, berhati-hatilah ketika seseorang berada di lorong yang sama denganmu. 

Waspadai barang yang kamu sentuh dan rajinlah mencuci tangan.  Begitu kamu sampai di toko, yang pertama harus dilakukan adalah mencoba menghindari kontak dan memastikan bahwa setiap orang menjaga jarak aman dan terpisah satu sama lain. 

Butuh informasi lebih detail mengenai dampak corona terhadap kesehatan, bisa ditanyakan langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. 

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Tips for Grocery Shopping During the Coronavirus Pandemic.
Global Health. Diakses pada 2020. A quick guide to safe shopping during the coronavirus (COVID-19) pandemic.