• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Panduan Pemenuhan Gizi Balita Usia 1–3 Tahun

Panduan Pemenuhan Gizi Balita Usia 1–3 Tahun

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Memenuhi asupan gizi anak adalah hal yang penting dilakukan. Seiring bertambahnya usia, tentu kebutuhan asupan anak akan berubah. Maka dari itu, penting bagi ibu untuk mengetahui panduan pemenuhan gizi pada anak sesuai usia. Dalam artikel ini akan dibahas kebutuhan nutrisi anak pada usia 1–3 tahun. 

Memasuki usia 1–3 tahun, anak sebaiknya diajarkan untuk mulai mengonsumsi makanan yang lebih beragam. Selain itu, di usia ini juga ibu bisa mulai mengenalkan anak pada makanan padat. Memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh penting untuk membantu tumbuh kembang tubuh, memenuhi kebutuhan energi, serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Baca juga: 5 Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Anak

Makanan untuk usia 1–3 Tahun

Di usia 1–3 tahun, anak-anak akan menjadi lebih aktif dan mempelajari hal baru. Maka dari itu, ia membutuhkan asupan makanan yang bisa membantu menambah energi. Selain itu, pemenuhan gizi juga dibutuhkan untuk membantu perkembangan organ tubuh Si Kecil. Pada masa ini, anak disarankan untuk dikenalkan pada makanan yang memiliki rasa beragam, tekstur yang mulai berbeda, serta warna menarik. 

Sebelumnya, pada usia setahun pertama anak-anak baru mengonsumsi makanan pendamping ASI alias MPASI. Jenis MPASI yang diberikan seringnya hanya satu jenis makanan dan diolah sampai memiliki tekstur yang mudah dicerna anak. Meski makanan yang diberikan harus beragam, pastikan juga agar anak tetap mendapat asupan ASI, mengingat 1000 hari pertama kehidupannya adalah masa yang paling penting. 

Pada usia 1–3 tahun, Si Kecil membutuhkan cukup asupan makanan yang mengandung karbohidrat, kalsium, protein, vitamin, dan mineral. Berikut panduan dalam menyiapkan asupan gizi pada anak yang bisa coba ibu terapkan! 

  • Asupan Karbohidrat untuk Anak 

Anak-anak sangat membutuhkan asupan karbohidrat. Jenis nutrisi yang satu ini dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi yang akan membantu anak untuk aktif bergerak dan mempelajari hal baru. Ibu bisa menemukan kandungan karbohidrat pada jenis makanan, seperti beras merah, roti, pisang, sereal, serta jagung. 

  • Kandungan Kalsium 

Anak pada usia ini juga membutuhkan asupan kalsium. Ibu bisa membantu memenuhi asupan kalsium dari susu formula. Saat anak mulai menginjak usia 3 tahun, orang tua bisa coba memberi susu yang dilengkapi dengan kandungan AA dan DHA. Kandungan ini penting untuk membantu perkembangan otak anak dan mempersiapkannya menjelang usia sekolah. 

Baca juga: Aturan Penting Memberikan Makanan Sehat untuk Anak

  • Asupan Protein Harian 

Penting juga untuk memenuhi asupan protein anak. Ibu bisa membantu agar anak mendapat cukup asupan protein dengan memberi makanan seperti ikan, daging, dan telur. Protein berfungsi untuk pertumbuhan dan pemeliharaan jaringan tubuh. Selain itu, asupan protein juga bisa membantu menghasilkan enzim pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Sayur dan Buah 

Memberi asupan serat pada anak juga penting, misalnya dari buah dan sayur. Agar anak tidak bosan, ibu bisa memvariasikan makanan dan berikan secara bergantian. Konsumsi buah dan sayur bisa membantu menjaga tubuh anak tetap sehat. Buah-buahan mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi dalam tubuh anak. Buah-buahan yang sebaiknya dikonsumsi, antara lain jeruk, strawberry, dan tomat. 

Anak sakit dan tidak mau makan? Jangan panik. Ibu bisa coba hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat di aplikasi Halodoc, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Sampaikan keluhan yang dialami anak dan dapatkan saran terbaik dari ahlinya. Ibu juga bisa membicarakan seputar menyiapkan makanan pada anak usia 1–3 tahun. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Feeding Your Toddler - Ages 1 to 3 Years.
Wealth and Health. Diakses pada 2020. Toddler Nutrition Needs Age 13.
Fatherly. Diakses pada 2020. The First Three Years: A Complete Nutritional Guide.