Pelihara Kucing Baik untuk Kesehatan Mental saat Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 Desember 2020
Pelihara Kucing Baik untuk Kesehatan Mental saat PandemiPelihara Kucing Baik untuk Kesehatan Mental saat Pandemi

Halodoc, Jakarta – Masa pandemi ini membuat orang-orang mengalami mood naik-turun, merasa terisolasi, salah satunya karena keterbatasan untuk bepergian. Buat kamu yang sedang menjalani long distance relationship, single, ataupun sedang jauh dari keluarga, situasi pandemi menjadi semakin berat untuk dilalui.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Europe PMC disebutkan bahwa mereka yang lajang, tinggal sendirian, punya banyak anak cenderung lebih gampang stres di masa pandemi. Ketika berbicara ataupun berbagi dengan orang terdekat maupun orang yang disayangi menjadi sulit dilakukan, memiliki hewan peliharaan dapat membantu kamu berbagi keluh dan kesah.

Baca juga: Penyakit Berbahaya yang Bisa Terjadi pada Kucing Obesitas

Kehadiran Kucing Bisa Bikin Happy

Para ahli mengatakan bahwa hewan peliharaan dapat membantu orang mengatasi kesepian dan perasaan terisolasi selama pandemi COVID-19. Penelitian yang dilakukan oleh Department of Business Management, Saurashtra University, Rajkot menyebutkan kalau memelihara hewan peliharaan dapat memberikan dukungan mental dan menurunkan tingkat stres. 

Salah satu penjelasannya adalah hewan memberikan cinta tanpa syarat dan tidak menuntut banyak alasan. Walaupun kucing kerap dinilai sebagai hewan yang sombong, keberadaan kucing, gerak-geriknya, serta perilaku manja kucing kepada pemiliknya dapat meningkatkan suasana hati. 

Hewan peliharaan, salah satunya kucing, bisa menjadi teman terbaik yang bahkan terkadang lebih baik dari manusia. Kucing tidak menghakimi dan menganggap kamu tidak bersyukur karena menangis terlalu sering ataupun curhat terlalu banyak. Intinya, hewan peliharaan selalu mau mendengarkan.

Terkadang ada kalanya kamu hanya ingin didengarkan dalam keheningan yang menenangkan. Sesuatu yang jarang diberikan manusia yang sifat dasarnya menghakimi dan penuh penilaian. Selain memberikan dukungan secara emosional dengan menjadi pendengar yang baik, keberadaan kucing sebagai hewan peliharaan memotivasi pemiliknya untuk lebih rileks dan menikmati hidup dan mengurangi rasa kesepian.

Rutinitas Merawat Kucing Baik untuk Kesehatan

Menyibukkan diri merawat kucing ternyata membantu pemilik hewan peliharaan menjalani kehidupan normal selama pandemi. Kucing punya jadwal reguler yang mau tak mau harus dijalani oleh pemiliknya, karena itu adalah bentuk tugas dan tanggung jawab sebagai pemilik hewan. 

Nah, rutinitas merawat kucing ini menjadi kebiasaan yang pada akhirnya membuat kamu sebagai pemilik punya jadwal harian. Punya jadwal harian baik untuk kesehatan mental, karena membuatmu memiliki kegiatan rutin. Memiliki aktivitas rutin perlu di situasi pandemi saat ini untuk mengalihkan pikiran dari emosi negatif. 

Baca juga: Tips Melatih Kucing Peliharaan agar Dapat Bersosialisasi

Kalau saat ini kamu sedang dalam mood yang tidak baik, situasi pandemi membuatmu galau atau putus dari pacar bikin kamu stres, coba saja curhat ke langsung ke psikolog di Halodoc. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Punya Kucing Peliharaan Bikin Hidup Lebih Baik

Punya kucing dapat membuat kamu memiliki gaya hidup lebih sehat. Menerapkan perubahan gaya hidup sehat memainkan peran penting dalam meredakan gejala depresi, kecemasan, dan stres. Merawat hewan peliharaan dapat membantu kamu memiliki gaya hidup sehat dengan:

1. Berolahraga

Membawa hewan peliharaan berolahraga dapat membuat kamu jadi ikut berolahraga dan lebih sadar akan hidup sehat.

2. Menjalin Persahabatan 

Persahabatan dengan hewan peliharaan dapat membantu mencegah penyakit, sementara perasaan terisolasi dan kesepian dapat memicu gejala depresi. Merawat kucing dapat membantu kamu merasa dibutuhkan dan diinginkan, serta mengalihkan fokus dari masalah, terutama jika kamu tinggal sendiri. 

Sebagian besar pemilik hewan peliharaan kerap berbicara dengan peliharaannya. Tidak ada yang bisa mengalahkan kesepian saat melihat hewan peliharaan mengeong ataupun mengajak bermain. 

3. Membantu Bertemu Orang Baru

Hewan peliharaan bisa membuat kamu bertemu dengan orang-orang baru. Kucing peliharaan akan membuatmu bertemu dengan komunitas pecinta kucing atau mengobrol dengan pemilik toko makanan hewan.

Baca juga: Sampai Kapan Pandemi Corona akan Berlangsung? Ini Perkiraan Para Ahli

Bagaimana, tertarik memelihara hewan peliharaan? Saat ini di Halodoc sudah ada layanan konsultasi dokter hewan. Kalau kamu tertarik untuk tanya-tanya seputar tips merawat hewan peliharaan bisa langsung kontak Halodoc, ya!

Referensi:
International Journal of Business Quantitative Economics and Applied Management Research. Diakses pada 2020. Stress Management And Pet Therapy.
Help Guide. Diakses pada 2020. The Health and Mood-Boosting Benefits of Pets.
Healthline. Diakses pada 2020. How a Pet Can Help You While You Shelter in Place.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan