• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Perlu Tahu, Ini 5 Cara Tepat Merawat Kucing Anggora

Perlu Tahu, Ini 5 Cara Tepat Merawat Kucing Anggora

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Perlu Tahu, Ini 5 Cara Tepat Merawat Kucing Anggora

Halodoc, Jakarta - Sudah tahu mengenai sejarah kucing anggora? Kucing yang lucu ini diyakini berasal dari wilayah Tartar, kota Ankara, Turki. Dahulu kala, para sultan di Turki menganugerahkan kucing berharga ini sebagai hadiah pada bangsawan Eropa di abad ke-16. Namun, sejak tahun 1917, Kebun Binatang Ankara telah mempertahankan program pengembangbiakan untuk melindungi dan melestarikan trah kucing ini.

Kucing anggora memiliki berbagai keunikan. Selain bulunya yang anggun, kucing anggora terbilang cerdas dan berkembang pesat dalam mempelajari perintah serta trik. Mereka dengan senang hati menyambut persahabatan dengan hewan peliharaan lainnya, termasuk anjing. Menarik, bukan?

Hal yang perlu diingat, merawat kucing anggora tidaklah mudah, sebab ada berbagai hal yang harus diperhatikan oleh pemiliknya. Lantas, bagaimana sih cara merawat kucing anggora agar bulunya tetap anggun, menarik, dan tubuhnya senantiasa tetap sehat? 

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

1.Rutin Menyisir Bulunya

Salah satu cara merawat kucing anggora adalah dengan menyisir bulunya secara teratur. Rawatlah bulu kucing Anggora dengan menyikat atau menyisirnya minimal sekali atau dua kali dalam seminggu.

Gunakan sisir bergigi rapat (fine-toothed comb) atau sisir atau sikat licin (slicker brush) untuk menghilangkan rambut berlebih dan mencegah timbulnya rambut kusut.

2.Perhatikan Cuaca

Apabila cuaca terbilang panas (selama musim kemarau atau panas), sikatlah bulunya lebih sering untuk mencegah terjadinya hairball (bola rambut). Hairball merupakan bola bulu atau rambut yang menyumbat saluran pencernaan kucing.

Hal ini terjadi karena kebiasaan kucing yang suka menjilat-jilat bulunya sendiri. Oleh sebab itu, sisirlah bulu kucing lebih sering agar bulunya tetap terjaga dan tidak rontok, sehingga dapat mengurangi risiko tertelannya bulu ke dalam saluran pencernaan.  

Baca juga: Cara Merawat Kucing Peliharaan agar Tak Terjangkit Toksoplasmosis

3.Berikan Makanan Berkualitas

Sama halnya dengan manusia, kucing membutuhkan beragam gizi dan nutrisi agar tubuh selalu sehat. Makanan kucing yang berkualitas juga menjaga bulunya tetap sehat dan mengurangi terjadinya kerontokan.

Bagi kamu yang masih bingung untuk memilih makanan atau produk makanan yang tepat, tanyakan pada dokter hewan mengenai produk tersebut. 

4.Rutin Memotong Kukunya

Selain memperhatikan kesehatan dan kebersihan bulunya, kamu juga harus merawat kebersihan kuku kucing ini secara rutin. Cobalah potong kuku kucing anggora secara rutin, setidaknya beberapa minggu sekali atau sebulan sekali. 

Buatlah kegiatan ini senyaman mungkin. Misalnya, potonglah kuku sambil memangku kucing kesayanganmu secara perlahan. Namun, apabila kamu ragu untuk memotongnya sendiri, lakukan hal ini di dokter hewan atau salon hewan terdekat. 

Baca juga: Tips Memelihara Kucing saat Program Hamil

 5.Perhatikan Kebersihan Telinganya

Cara merawat kucing anggora tentunya tidak boleh melupakan kebersihan telinganya. Bersihkan telinga kucing anggora setiap dua minggu sekali. Kucing memang dapat menghilangkan kotoran telinganya sendiri, namun terkadang mereka juga membutuhkan bantuan untuk membersihkannya.

Hal yang perlu diperhatikan, ketika kamu mencium bau tak sedap atau melihat adanya leleran pada area telinga kucing, segera konsultasikan ke dokter hewan. 

Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga kucing anggora? Mudah saja, gunakan bola kapas atau kain bersih yang basah dan usap lembut bagian telinganya. Namun, jangan sekali-kali mencoba untuk membersihkan saluran telinganya. 

Kamu juga bisa menggunakan cairan khusus pembersih telinga kucing. Cairan ini membantu menghancurkan kotoran pada telinga bagian dalam. 

6.Memandikannya Secara Rutin

Pada dasarnya kucing dapat membersihkan dirinya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk rutin memandikan kucing ini setidaknya dua bulan sekali.

Sebaiknya jangan terlalu sering memandikan kucing anggora, karena bulu kucing anggora terbilang rapuh, dan rentan mengalami kerontokan bila terlalu sering dimandikan.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 



Referensi:
VCA Animal Hospitals: Veterinarians & Emergency Vets. Diakses pada 2020. Turkish Angora Traits
Hill's Pet Nutrition. Diakses pada 2020. Turkish Angora Cat Information and Personality Traits