Prosedur Terapi Suara untuk Mengatasi Telinga Berdenging

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Juni 2021
Prosedur Terapi Suara untuk Mengatasi Telinga BerdengingProsedur Terapi Suara untuk Mengatasi Telinga Berdenging

“Telinga berdenging alias Tinnitus adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Ada banyak penyebabnya, termasuk gangguan kesehatan tertentu, seperti infeksi telinga. Mengatasi kondisi ini dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi ini?”

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu mengalami telinga berdenging padahal tidak sedang melakukan apa-apa? Tidak juga sedang sakit? Kalau iya, bisa jadi kamu mengalami kondisi yang disebut dengan tinnitus. Gejala kondisi ini biasanya muncul di salah satu telinga. Kondisi ini bisa mengganggu dan membuat tidak nyaman. Tinnitus alias telinga berdenging bisa muncul sebagai gejala penyakit atau gejala gangguan pada telinga. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi kondisi ini? Cara mengobati telinga berdenging tergantung pada penyebab dan tingkat keparahannya. Salah satu cara pengobatan yang bisa dilakukan adalah terapi suara. Karena bisa muncul sebagai gejala penyakit atau tanda gangguan telinga, penting untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum memutuskan dan memilih jenis pengobatan yang akan diambil.

Baca juga: Bukan Mitos, Ini 8 Penyebab Telinga Berdenging

Cara Mengobati Telinga Berdenging yang Mengganggu 

Tinnitus bisa terjadi pada siapa saja, akan tetapi risikonya disebut lebih tinggi pada orang yang sudah lanjut usia (lansia). Selain itu, telinga berdenging juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor lain, seperti infeksi pada telinga, gangguan gendang telinga, penumpukan kotoran atau cairan di dalam telinga, gejala penyakit Meniere, dan gangguan pada pertumbuhan tulang di bagian dalam telinga. Kondisi ini juga muncul sebagai efek samping penggunaan obat tertentu, ketegangan otot dalam telinga, cedera kepala dan leher, kolesterol tinggi, hingga tekanan darah tinggi. 

Karena bisa disebabkan oleh banyak hal, pengobatan untuk kondisi ini juga beragam. Cara mengobati telinga berdenging tergantung pada penyebab atau penyakit yang mendasarinya. Untuk memastikan pengobatan yang dibutuhkan, lakukan pemeriksaan ke dokter. Nantinya, dokter akan menanyakan riwayat keluhan dan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk kemampuan mendengar. Salah satu cara mengobati kondisi ini adalah dengan terapi suara. 

Baca juga: 5 Penyakit dengan Gejala Telinga Berdenging

Terapi ini dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang bertujuan untuk meredakan gejala tinnitus. Alat bantu ini bekerja dengan cara mengeluarkan suara alami yang berfungsi sebagai terapi. Biasanya, suara yang digunakan adalah suara ombak, laut, hingga suara hujan. Tujuan terapi suara adalah untuk menutupi dengingan yang muncul di telinga. Kamu juga bisa melakukan terapi sederhana ini sendiri di rumah, yaitu dengan mendengarkan musik-musik yang merelaksasi. 

Selain dengan terapi suara, penanganan telinga berdenging juga dilakukan dengan pembersihan kotoran di telinga. Prosedur ini akan dilakukan jika ada penumpukan kotoran di telinga dan hal tersebut menjadi pemicu munculnya dengingan. Dokter mungkin juga akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dilakukan jika telinga berdenging terjadi karena penyakit tertentu. 

Pada dasarnya, telinga berdenging cukup normal dan sering terjadi. Namun, kondisi ini sebaiknya tidak disepelekan, terutama jika terjadi dalam waktu lama. Tinnitus yang mengganggu aktivitas bisa menjadi tanda ada gangguan pada telinga atau ada kemungkinan kamu mengalami penyakit tertentu. Jika mengalami gejala telinga berdenging, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya. 

Baca juga: Tinnitus Bisa Sebabkan Insomnia, Ini Cara Mengatasinya

Biar lebih mudah, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan rumah sakit atau dokter yang bisa dikunjungi. Atur lokasi dan temukan daftar rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi Halodoc juga bisa digunakan untuk membuat janji dengan dokter. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Tinnitus.
NHS UK. Diakses pada 2021. Tinnitus.
WebMD. Diakses pada 2021. Understanding Tinnitus — Diagnosis and Treatment.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan