Rangkaian Perawatan untuk Mengatasi Bipolar

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Juli 2021
Rangkaian Perawatan untuk Mengatasi BipolarRangkaian Perawatan untuk Mengatasi Bipolar

“Bipolar membutuhkan perawatan yang panjang dan tidak sebentar. Namun, bukan berarti tidak ada hal yang bisa dilakukan. Nyatanya, ada beberapa rangkaian perawatan kondisi ini yang bisa membantu mengontrol gejalanya. Dengan begitu, risiko terjadinya perubahan emosi drastis pada pengidapnya akan berkurang.”

Halodoc, Jakarta – Bipolar merupakan gangguan yang terjadi pada kesehatan mental. Kondisi ini ditandai dengan perubahan emosi pengidapnya yang terjadi secara drastis. Dalam waktu yang singkat, pengidap gangguan ini bisa mengalami perasaan yang sangat senang (gejala mania) dan perasaan sangat terpuruk (gejala depresif). 

Hingga kini, belum diketahui penyebab pasti seseorang bisa mengalami gangguan mental ini. Namun, ada yang menyebut bahwa bipolar bisa muncul karena ada gangguan pada senyawa alami yang bertugas menjaga fungsi otak. Gangguan pada fungsi ini sering dikaitkan dengan faktor genetik, lingkungan sosial, serta kondisi fisik. Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan bipolar?

Baca juga: Cara Merawat Anak yang Alami Gangguan Bipolar

Perawatan untuk Gangguan Bipolar 

Gangguan ini bisa terjadi pada siapa saja, baik pada orang dewasa maupun anak-anak. Secara umum, pengidap bipolar menunjukkan gejala perubahan emosi drastis, seperti dari sangat bahagia menjadi sangat sedih. Pengidap gangguan ini juga bisa menjadi sangat pesimis padahal sebelumnya sangat percaya diri. Setiap fase emosi bisa berlangsung dalam hitungan minggu atau bulan. 

Penyakit mental ini harus ditangani dengan cepat. Sebab, bipolar yang tidak mendapat perawatan bisa memicu dampak buruk bahkan penurunan kualitas hidup pengidapnya. Orang dengan gangguan ini mungkin akan mengalami kesulitan untuk menjalani hidup bersosial, merusak hubungan dengan keluarga dan teman, hingga timbul keinginan untuk bunuh diri. 

Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Mental saat Menjadi Pengangguran

Langkah Perawatan yang Bisa Dilakukan 

Untuk menangani masalah bipolar, dokter atau ahli psikologis biasanya akan menganjurkan rangkaian perawatan dengan obat dan terapi khusus. Tujuan perawatan adalah untuk meredakan gejala yang muncul. Sementara penanganan kondisi ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga kepatuhan pengidapnya dan pengawasan berkala penting dilakukan. 

Berikut rangkaian perawatan yang bisa dilakukan untuk pengidap bipolar: 

  • Konsumsi Obat-obatan 

Salah satu cara mengatasi penyakit mental adalah dengan konsumsi obat-obatan. Ada beberapa jenis obat dengan fungsi berbeda yang bisa digunakan. Maka dari itu, penting untuk terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada ahlinya. 

  • Psikoterapi 

Rangkaian perawatan gangguan bipolar selanjutnya adalah dengan metode psikoterapi. Ada beragam jenis terapi yang bisa dilakukan. Maka dari itu, berbicara dengan ahli psikologis sebelum menjalani pengobatan adalah hal yang sangat dianjurkan. 

  • Perubahan Gaya Hidup 

Melakukan perubahan gaya hidup bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasi penyakit mental. Agar gejala bipolar lebih terkontrol dan menghindari risiko penyakit ini semakin buruk, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, seperti menghentikan Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, lebih banyak menjalin hubungan yang sehat dan positif, berolahraga. 

Pengidap bipolar juga disarankan untuk mengatur rutinitas yang sehat, seperti cukup tidur di malam hari, mengelola stres, serta konsumsi makanan bergizi seimbang. Banyak minum air putih juga bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Peran orang terdekat sangat penting untuk menangani gangguan ini, maka dari itu, cobalah untuk selalu memberi dukungan jika ada orang sekitar yang mengalami masalah kesehatan mental. 

Baca juga: Ketahui Manfaat Self-Talk untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jika butuh bantuan ahli psikologis, gunakan aplikasi Halodoc untuk menghubungi psikolog atau psikiater. Lebih mudah menghubungi ahli kejiwaan tanpa harus keluar rumah. Sampaikan keluhan atau pertanyaan seputar gangguan ini melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Bipolar Disorder.
NHS Choices. Diakses pada 2021. Bipolar Disorder.
Medscape. Diakses pada 2021. Bipolar Disorder.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan