• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Susu untuk Pertumbuhan Anak?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Seberapa Penting Susu untuk Pertumbuhan Anak?

Seberapa Penting Susu untuk Pertumbuhan Anak?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 September 2020
Seberapa Penting Susu untuk Pertumbuhan Anak?

Halodoc, Jakarta - Susu menjadi salah satu sumber nutrisi penting yang dapat mendukung tumbuh kembang anak. Susu sendiri bisa dikonsumsi setelah masa ASI eksklusif selesai, yaitu saat anak mengonsumsi makanan pendamping ASI. Namun, ada banyak hal yang perlu ibu ketahui sebelum memberikan susu formula untuk anak. Selain mempertimbangkan usia, ibu juga perlu mengetahui adanya intoleransi laktosa maupun alergi susu sapi.

Hal yang tidak kalah penting adalah, ibu perlu memeriksa tanggal kedaluwarsa, komposisi, aturan pemakaian, serta bentuk kemasan sebelum membeli. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga anak agar tetap aman dalam mengonsumsi susu. Sebelum memutuskan untuk membeli susu formula, ibu perlu mengetahui manfaat susu untuk anak itu sendiri. Berikut beragam manfaat susu untuk anak!

Baca juga: Jenis Pola Asuh Anak yang Perlu Dipertimbangkan Orangtua

Sejumlah Manfaat Susu untuk Anak, Apa Saja?

Ibu yang memiliki anak pada masa tumbuh kembang, susu merupakan konsumsi wajib yang harus diberikan untuk si buah hati. Nah, apa saja manfaat susu untuk anak?

1.Membantu Anak agar Lebih Sehat

Biasanya, terdapat beberapa kandungan penting yang mampu mendukung anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Beberapa di antaranya adalah prebiotik yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anak. Ibu perlu mengetahui jika anak yang tumbuh dengan sehat berawal dari organ pencernaan yang sehat.

2.Mendukung Pertumbuhan Fisik Anak

Susu formula mengandung sejumlah kalsium, fosfor, magnesium dan protein yang mampu mendukung pertumbuhan fisik anak. Saat ibu memberikannya susu secara rutin sejak mereka kecil, anak akan terhindar dari osteoporosis saat mereka dewasa nanti. Kandungan-kandungan tersebut juga baik untuk kesehatan gigi, karena mampu mencegah terjadinya gigi berlubang.

3.Mendukung Kecerdasan Otak Si Kecil

Susu formula mengandung berbagai asam lemak esensial yang baik bagi tubuh, termasuk omega-3 dan omega-6, AA dan DHA, hingga sphingomyelin. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk mendukung kecerdasan Si Kecil dengan menutrisi otaknya.

4.Sumber Energi Bagi Tubuh

Susu formula merupakan salah satu sumber karbohidrat dan lemak yang dapat membuat anak merasa kenyang. Selain itu, susu formula mengandung salah sumber energi yang baik bagi anak yang sedang aktif. Jika ibu rutin memberikannya, anak dapat melakukan aktivitas fisik dan otak dengan lebih optimal.

Meskipun susu formula baik bagi pertumbuhan anak, tetapi ASI adalah makanan terbaik bagi anak di awal-awal masa kehidupannya. Jadi, jika ibu memiliki ASI yang deras, sebaiknya ibu memberikannya ASI ketimbang susu formula. Namun jika ibu memiliki masalah pada pengeluaran ASI, ibu bisa diskusikan langsung dengan dokter di aplikasi Halodoc, ya!

Baca juga: Pola Asuh yang Tepat untuk Anak Usia 5-10 Tahun

Apa Hal yang Harus Diperhatikan?

Susu memang menjadi pelengkap nutrisi untuk menunjang tumbuh kembang anak. Meski demikian, ibu tidak bisa asal dalam memberikannya. Berikut ini patokan memberikan susu formula untuk anak:

  • Anak berusia 2–3 tahun sebanyak 480 mililiter atau setara dengan 2 gelas per hari.
  • Anak berusia usia 4–8 tahun sebanyak 600 mililiter atau setara dengan 2–3 gelas per hari.
  • Anak berusia 9 tahun ke atas sebanyak 720 mililiter atau atau setara 3 gelas per hari.

Baca juga: Pola Pengasuhan Anak yang Tepat untuk Balita

Selain memberikan susu formula dengan porsi yang disarankan, sebaiknya ibu memilih susu dengan tanggal kedaluwarsa yang masih jauh. Jika memilih tanggal kedaluwarsa yang dekat, maka risiko susu mengalami kontaminasi akan semakin tinggi. Jadi, selalu perhatikan tabel kemasan sebelum membelinya ya, bu!

Referensi:
MedlinePlus. Diakses pada 2020. Cow's milk and children.
Babycenter.com. Diakses pada 2020. Cow's milk: When and how to introduce it.
Healthline.com. Diakses pada 2020. Milk 101: Nutrition Facts and Health Effects.