Segudang Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 November 2022

“Jika mencari cara untuk meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan keseimbangan dan koordinasi, membakar kalori, dan melatih setiap otot di tubuh, maka pertimbangkan olahraga tenis. Sebagai salah satu olahraga tertua di dunia, tenis adalah olahraga klasik yang ramah kebugaran dan tak lekang oleh waktu.”

Segudang Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan TubuhSegudang Manfaat Olahraga Tenis untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Tenis termasuk dalam latihan kardiovaskular karena membantu meningkatkan detak jantung dan pernapasan. Jenis olahraga satu ini juga melibatkan otot tubuh bagian bawah yang besar untuk gerakan cepat dari kanan ke kiri dan depan ke belakang, juga otot tubuh bagian atas untuk membantu mengayunkan raket.

Inilah sebabnya, tenis dapat dilakukan sebagai latihan seluruh tubuh yang meningkatkan kebugaran kardiovaskular, daya tahan, dan kekuatan otot. Olahraga satu ini juga membantu membakar kalori tubuh. Cukup beberapa menit mengejar bola, detak jantung akan meningkat dan tubuh membakar lebih banyak kalori.

Lantas, apa saja sih manfaat olahraga tenis yang menarik untuk diketahui?

Tenis dan Penurunan Berat Badan

Latihan kardiovaskular biasanya dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu intensitas rendah, sedang, dan kuat. The Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyebutkan, olahraga tenis tunggal sebagai aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Secara umum, orang seberat 69,9 kilogram akan membakar 220–295 kalori dalam 30 menit aktivitas berat.

Oleh karena pertandingan tenis dapat berlangsung dari 90 menit hingga hampir 3 jam, seseorang dengan berat tersebut dapat membakar 660–1.320 kalori hanya dalam satu pertandingan. Inilah manfaat olahraga tenis lain jika dilakukan secara rutin, selain membentuk otot tubuh dan menyehatkan organ jantung.

Manfaat Olahraga Tenis Lainnya

Selain itu, masih ada beberapa manfaat olahraga tenis lainnya, di antaranya: 

  1. Memperpanjang usia

Bermain tenis disebutkan dapat membantu memperpanjang umur. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang bermain tenis sekitar tiga jam per minggu hidup rata-rata sembilan sampai sepuluh tahun lebih lama, daripada orang yang tidak banyak bergerak.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Manfaat olahraga tenis lainnya adalah meningkatkan kesehatan mental. Tenis adalah olahraga yang membutuhkan pemikiran cepat dan reaksi sepersekian detik. Tubuh menciptakan koneksi baru antara saraf di otak ketika kamu waspada dan berpikir taktis. Ini mungkin membuat pikiran tetap tajam seiring bertambahnya usia.

Tenis memang menjadi olahraga kardio yang bagus untuk kesehatan, begitu juga banyak olahraga lainnya. Lalu, yang membuat tenis berbeda dari aktivitas lain yang dapat kamu pilih? Tenis menjadi pilihan utama untuk aktivitas fisik karena:

  • Tenis membutuhkan orang lain sebagai lawan bermain. Ini menjadi cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama teman dan bertemu orang baru.
  • Kamu dapat bermain dan mendapatkan latihan yang baik terlepas dari memiliki keahlian atau tidak.
  • Olahraga ini membantu mengurangi tingkat stres.
  • Kamu bisa bermain tenis di lapangan di dalam maupun luar ruangan.

Tips Mendapatkan Latihan Tenis Terbaik

Berniat untuk memulai berlatih tenis? Coba simak beberapa tips berikut untuk memaksimalkan latihan pertamamu:

  • Bermain dengan pemain lain dengan tingkat keahlian berbeda.
  • Jangan pernah melewatkan pemanasan sebelum memulai untuk menghindari cedera. 
  • Pertajam konsentrasi dan kewaspadaan.
  • Bermain sendiri dengan memukul bola ke dinding atau menggunakan bantuan mesin. 
  • Coba bermain di permukaan lapangan yang berbeda, terutama jika kamu memiliki masalah dengan persendian. Tiga jenis utama adalah rumput, tanah liat, dan lapangan keras seperti beton.

Demikian tadi manfaat olahraga tenis untuk kesehatan tubuh. Jika kamu mengalami kondisi medis terkait dengan olahraga ini, segera hentikan latihan dan tanyakan pada dokter untuk penanganan yang tepat. Kamu juga bisa mendapatkan semua keperluan medis lebih lengkap di Halodoc. Cek dan download Halodoc di App Store atau Play Store. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Is Tennis Good Exercise? All You Need to Know.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Tennis.
Better Health Channel. Diakses pada 2022. Tennis – health benefits.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan