Sejak Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Main Alat Musik?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Januari 2023

“Usia anak main musik yang tepat adalah sekitar 5 tahun. Karena pada usia tersebut, anak sudah bisa berkonsentrasi dan memiliki jari yang cukup kuat untuk memainkan alat musik.”

Sejak Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Main Alat Musik?Sejak Usia Berapa Sebaiknya Anak Mulai Main Alat Musik?

Halodoc, Jakarta – Musik merupakan sesuatu yang bisa dinikmati orang dari segala usia. Bukan hanya orang dewasa saja, tapi anak-anak pun juga bisa menyukai musik.

Ketika mereka bertumbuh, mereka mungkin akan menjadi lebih tertarik pada musik, bahkan ingin memainkannya. Bermain musik juga sudah diketahui bisa memberikan banyak manfaat bagi anak-anak, mulai dari meningkatkan keterampilan akademik hingga meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Lantas, berapa usia anak main musik yang paling tepat? Yuk, cari tahu jawabannya di sini!

Usia Anak Main Musik yang Tepat

Bila ibu ingin memperkenalkan alat musik kepada Si Kecil, sebaiknya tunggulah sampai sekitar usia 5 tahun. Hal itu karena untuk belajar sebuah alat musik tertentu, mereka harus bisa duduk dan memperhatikan selama setidaknya setengah jam dan menerima bahwa mereka belum bisa langsung memainkan lagu.

Ketika menginjak usia 5 tahun, kebanyakan anak biasanya sudah bisa duduk dengan tenang dan berkonsentrasi mendengarkan ajaran dari guru musik. Selain itu, pada usia tersebut, mereka biasanya juga sudah mengembangkan selera musik mereka sendiri.

Si Kecil pun secara fisik juga sudah bisa memegang sebagian besar alat musik dengan nyaman dan memiliki kekuatan jari yang dibutuhkan untuk bermain.

Bila memperkenalkan pelajaran formal pada anak terlalu dini, bukan tidak mungkin hal itu bisa menghilangkan minat musik Si Kecil untuk selamanya.

Namun, Si Kecil mungkin saja sudah siap untuk belajar bermain alat musik sebelum usia 5 tahun. Hal itu bisa diketahui dari ketertarikan mereka yang kuat pada piano ibu atau gitar ayah.

Rekomendasi Pilihan Alat Musik untuk Anak

Ada beberapa pilihan alat musik yang baik untuk menjadi instrumen pertama bagi Si Kecil untuk dipelajari. Namun ingat, pilihlah alat musik yang sesuai dengan minat anak.

Berikut beberapa rekomendasi alat musik untuk Si Kecil:

1. Piano

Cara memainkannya yang cukup mudah membuat piano menjadi alat musik yang baik untuk diperkenalkan pada Si Kecil. Ia mungkin bisa dengan cepat memainkan beberapa melodi dengan menggunakan alat musik ini.

Selain itu, belajar piano juga bisa meningkatkan kecerdasan anak, karena ia akan belajar untuk mengingat dan juga menyelaraskan melodi dengan menggunakan tangan kanan dan tangan kiri.  

2. Ukulele

Alat musik yang berukuran kecil ini sangat pas dengan tubuh dan jari anak yang kecil. Berbeda dengan gitar, ukulele hanya memiliki empat senar, bukan enam. Jadi, lebih mudah untuk dipelajari.

Anak-anak bisa mempelajari lagu dengan cepat dengan beberapa kord sederhana. Keunggulan ukulele lainnya adalah harganya yang tidak terlalu mahal dan bisa dibawa ke mana saja.

3. Drum

Selain seru untuk dimainkan, bermain drum juga baik untuk melatih koordinasi dan ritme Si Kecil. Ada banyak variasi alat juga pada satu set drum, seperti marching snare, marching quads, bongo, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, anak bisa belajar untuk berkonsentrasi ketika harus memainkan berbagai alat tersebut. Bermain drum juga bisa menguras energi Si Kecil yang berlebih dan membangun rasa percaya dirinya.

4. Gitar

Gitar juga merupakan alat musik umum yang bisa diperkenalkan pada Si Kecil. Bila ayah bisa bermain gitar, tidak ada salahnya untuk mengajari Si Kecil beberapa kord sederhana.

Belajar memainkan alat musik ini juga bisa melatih konsentrasi anak, karena ia harus membentuk kord yang berubah-ubah dalam waktu yang singkat. Alat musik ini juga akan melatih koordinasi tangan dan mata anak.

Nah, itulah penjelasan mengenai usia anak main musik yang tepat. Bila ibu ingin bertanya mengenai tumbuh kembang anak atau kesehatannya, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, ibu bisa tanya dokter anak dan minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Parents. Diakses pada 2023. How and When to Introduce an Instrument to Kids.
My Music Workshop. Diakses pada 2023. What Musical Instrument Should My Child Start With?
Gentle Guitar. Diakses pada 2023. The Benefits of Guitar Lessons for Kids

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan