• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Atasi Impotensi, Ketahui Manfaat Kecubung untuk Pria
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Atasi Impotensi, Ketahui Manfaat Kecubung untuk Pria

Selain Atasi Impotensi, Ketahui Manfaat Kecubung untuk Pria

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Desember 2022

“Manfaat kecubung untuk pria sangat banyak, salah satunya meningkatkan kesehatan reproduksi. Kecubung nantinya akan memperkuat sistem reproduksi pria melalui berbagai mekanisme, seperti dengan mengurangi stres dan mengembalikan keseimbangan hormon.”

Selain Atasi Impotensi, Ketahui Manfaat Kecubung untuk PriaSelain Atasi Impotensi, Ketahui Manfaat Kecubung untuk Pria

Halodoc, Jakarta – Masyarakat selama ini mengenal kecubung, tetapi masih belum banyak yang tahu manfaat kecubung untuk pria. Beberapa manfaat tanaman herbal ini untuk kesehatan adalah mengurangi rasa sakit, mengobati demam, meningkatkan fungsi jantung, membuat tidur menjadi lebih lelap, dan menjaga kesehatan rambut. 

Namun, selain manfaat kesehatan yang umum demikian, kecubung nyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan pria, salah satunya adalah mengatasi masalah impotensi. Yuk, baca selengkapnya mengenai apa saja manfaat kecubung bagi kesehatan pria berikut ini!

Manfaat Kecubung untuk Pria

Kecubung memiliki manfaat untuk kesehatan pria, sebab kecubung dapat meningkatkan energi seksual, libido dan kesuburan. Cara penggunaannya mudah, yakni dengan merendam benih ke dalam air kemudian mengoleskannya ke penis. Cara ini diyakini dapat melancarkan sirkulasi darah di penis.

Kecubung dapat memperkuat sistem reproduksi pria melalui berbagai mekanisme, seperti pengurangan stres, dan mengembalikan keseimbangan hormon. Selain itu, kecubung pun sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah energi seksual, libido, dan kesuburan.

Disfungsi ereksi adalah suatu kondisi yang memengaruhi kemampuan pria untuk mencapai atau mempertahankan ereksi ketika seks. Kondisi ini bisa terjadi pada pria dalam segala rentang usia, namun paling sering menyerang pria di usia 75 tahun lebih. 

Selain pengobatan, baik itu herbal maupun medis, perubahan gaya hidup atau bahkan konseling dapat membantu pria mengatasi masalah disfungsi ereksi.  Ada beberapa pemicu disfungsi ereksi pada pria, seperti:

  • Kecemasan.
  • Depresi.
  • Diabetes.
  • Ganguan kardiovaskular.
  • Riwayat cedera pada penis atau organ sekitar
  • Minum obat tertentu, seperti antidepresan, antihistamin, penekan nafsu makan, maupun obat penenang.

Pada pengobatan tradisional zaman dulu, kecubung kerap digunakan untuk meningkatkan hasrat seks, meningkatkan performa seksual sehingga kepuasan kedua pasangan terjamin. 

Senyawa fenol dan fenolik seperti flavonoid yang ditemukan di kecubung datura telah terbukti memiliki aktivitas antioksidan yang signifikan dan penangkal radikal bebas.  Ekstrak kecubung mengandung senyawa fenolik dalam jumlah yang lebih tinggi, yang menunjukkan aktivitas antioksidan dan radikal bebas.

Kombinasi ini memang sangat baik untuk kesehatan reproduksi, terutama masalah impotensi dan disfungsi seks lainnya pada pria.

Pentingnya Berhati-hati saat Mengonsumsi Kecubung

Meski begitu, pengolahan dan penggunaan tanaman herbal ini memerlukan pengawasan ataupun setidaknya saran dari profesional kesehatan yang berpengalaman. Pasalnya, kandungan seperti skopolamin dan atropin pada kecubung dapat bekerja sebagai racun.

Kecubung juga memiliki efek pada peningkatan detak jantung sehingga bisa menyebabkan serangan jantung.  Kemudian beberapa efek samping lainnya adalah penglihatan yang kabur, mual, pusing, kebingungan, denyut nadi cepat, hipertermia, kesulitan bernapas, halusinasi, dan panik.

Kecubung juga tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Selain itu, interaksi kecubung dapat meningkatkan komplikasi gagal jantung kongestif, sembelit, sindrom down, refluks esofagus, demam, masalah tukak lambung, infeksi saluran cerna, sampai masalah retensi urine. Jadi, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter bila kamu ingin mengonsumsi obat herbal. 

Itulah informasi mengenai manfaat kecubung untuk pria, terutama terkait masalah kesehatan reproduksi. Kalau butuh informasi lebih detail mengenai kesehatan reproduksi dan isu kesehatan lainnya, download saja Halodoc ya!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. Six herbs for treating erectile dysfunction.
Moolihai.com. Diakses pada 2022. Health Benefits & Medicinal Uses of Datura.
Drlogy.com. Diakses pada 2022. Datura 9 Surprising Health Benefits & Safety Facts.
Organic Facts. Diakses pada 2022. 9 Amazing Benefits Of Datura.