• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Selain Membaca Dongeng, Cara Ini Bisa Bantu Anak Cepat Tidur

Selain Membaca Dongeng, Cara Ini Bisa Bantu Anak Cepat Tidur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Selain Membaca Dongeng, Cara Ini Bisa Bantu Anak Cepat Tidur

Halodoc, Jakarta – Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk membuat si kecil terlelap terutama di malam hari? Padahal tidur malam adalah hal yang dibutuhkan si kecil setelah seharian bermain dan beraktivitas.

Mengatasi si kecil yang sulit tidur memang menjadi tantangan sendiri bagi para orang tua. Salah satu cara yang sering menjadi pilihan para orang tua untuk membuat anak lebih mudah tidur di malam hari adalah dengan membacakan dongeng. Anak-anak umumnya lebih mampu untuk belajar cepat dan kreatif. Tak hanya itu, membacakan dongeng di malam hari bisa membantu anak dalam membangun imajinasi.

Membacakan dongeng dengan suara yang lembut dan menenangkan ternyata tak hanya berperan dalam membuat si kecil menjadi lebih kreatif. Hal ini juga bisa membuat anak lebih mudah mengantuk, umumnya setelah mendengarkan 2 sampai 3 cerita pendek yang dibacakan. Selain membacakan dongeng, ternyata masih ada beberapa metode yang bisa dipraktikkan untuk membuat anak lebih mudah terlelap di malam hari. Apa saja?

 

  • Menjaga Konsistensi

 

Salah satu kunci untuk membuat si kecil lebih mudah terlelap di malam hari adalah konsistensi. Artinya, kamu perlu untuk menjadwalkan jam tidur anak setiap malam. Orang tua juga harus berusaha untuk mengikuti aturan yang sudah dibuat tersebut.

Membuat jadwal tidur untuk si kecil pun akan membantu membentuk pola tidurnya. Kebisaan ini bisa membantu menghindarkan anak dari masalah tidur alias insomnia saat dewasa kelak.

 

  • Perhatikan Kenyamanannya

 

Agar si kecil lebih mudah terlelap, pastikan perutnya telah terisi dengan makanan. Selain itu, masalah pakaian pun bisa menjadi hal yang membuat si kecil menjadi tidak nyaman. Misalnya terlalu sempit, gerah, gatal, atau karena bahan baju yang membuat si kecil tidak bisa bergerak dengan leluasa. Saat ia merasa tidak nyaman, tidur akan menjadi lebih sulit.

Namun perlu diingat, sebaiknya tidak memberi anak makan saat mendekati jam tidur. Sebab tubuh membutuhkan waktu untuk mencerna makanan yang masuk.

 

  • Suasana Kamar yang Kondusif dan Nyaman

 

Salah satu faktor yang menyebabkan bayi sulit tertidur di malam hari adalah kamar yang kurang nyaman. Sebab, orang tua seringkali kurang peka akan hal ini. Misalnya, kamar anak yang dibiarkan terlalu panas, terlalu dingin, atau terlalu gelap.

Penting bagi para orang tua untuk bertanya apa hal yang menyebabkan ia merasa tidak nyaman dan sulit tidur di malam hari. Jika suasana kamar tidur menjadi sumber masalah, maka orang tua harus mencoba untuk mengubah suasana kamar menjadi lebih nyaman agar anak mudah terlelap.

 

  • Hobi Ringan Sebelum Tidur

 

Selain membacakan dongeng, kamu juga bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas ringan yang Si Kecil sukai sebelum tidur. Salah satu yang bisa menjadi pilihan terbaik adalah mewarnai. Sebab mewarnai bisa memberi efek menenangkan dan bisa memperbaiki suasana hati anak. Dengan suasana hati yang baik, tentu siapapun akan lebih mudah untuk tertidur di malam hari. Cukup tidur di malam hari akan membuat si kecil bangun dengan segar. Namun jika anak tidak suka mewarnai, jangan dipaksa ya.

Kunci dari keseluruhan tips di atas adalah kesabaran dan konsistensi orang tua dalam menemani anak tidur. Namun jika sulit tidur pada anak masih saja terjadi, apalagi dibarengi dengan tangisan, kamu perlu waspada. Karena bisa jadi Si Kecil sedang mengalami gejala penyakit tertentu yang tidak terlihat.

Jika itu terjadi, coba bicarakan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menyampaikan keluhan seputar masalah kesehatan si kecil lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Ayo, download sekarang di App Store dan Google Play!