Serba Serbi untuk Menghilangkan Tahi Lalat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juni 2022

“Tahi lalat yang muncul di kulit terkadang mengganggu penampilan. Kamu bisa menghilangkan tahi lalat secara medis dengan beberapa tindakan bedah.”

Serba Serbi untuk Menghilangkan Tahi LalatSerba Serbi untuk Menghilangkan Tahi Lalat

Halodoc, Jakarta – Siapa saja bisa memiliki tahi lalat pada bagian wajah atau tubuh lainnya. Tahi lalat adalah bintik kecil pada kulit yang memiliki warna kecoklatan atau kehitaman. Umumnya, tahi lalat tidak membutuhkan perawatan khusus, tetapi jika tahi lalat membesar dan menimbulkan gangguan pada penampilan atau kesehatan, maka kamu bisa memilih untuk menghilangkan tahi lalat.

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan tahi lalat. Tentunya seluruh proses ini harus dilakukan oleh dokter secara medis. Sebab jika dilakukan secara mandiri, hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi pada kulit atau memperburuk kondisi tahi lalat. Yuk, simak lebih banyak mengenai serba-serbi untuk menghilangkan tahi lalat yang ada pada tubuh!

Cara Tepat untuk Menghilangkan Tahi Lalat

Pernahkah kamu menghitung ada berapa jumlah tahi lalat pada tubuh? Melansir dari Mayo Clinic, rata-rata orang memiliki sekitar 10 hingga 40 tahi lalat pada tubuhnya. Umumnya, tahi lalat pada tubuh tidak berbahaya sehingga tidak membutuhkan perawatan atau pengobatan tertentu.

Namun, kamu perlu waspada terhadap beberapa tanda yang dialami oleh tahi lalat, seperti:

  • Berbentuk tidak simetris.
  • Memiliki batas yang menebal.
  • Mengalami perubahan warna atau bahkan terdapat beberapa warna yang berbeda pada satu tahi lalat.
  • Diameter lebih dari enam milimeter.
  • Memicu rasa gatal dan nyeri.
  • Mengeluarkan cairan atau darah.

Pemeriksaan perlu dilakukan saat kamu mengalami tahi lalat dengan beberapa tanda tersebut. Tahi lalat yang tidak normal dapat dihilangkan dengan beberapa tindakan. 

Bahkan, jika kamu merasa tahi lalat yang kamu miliki mengganggu penampilan, menghilangkannya bisa menjadi pilihan. Ada berbagai tindakan medis yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan tahi lalat, seperti:

  1. Pembekuan

Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair untuk menghilangkannya. Namun biasanya ini hanya bisa dilakukan untuk tahi lalat yang tidak bersifat kanker.

  1. Pembakaran

Tindakan ini dilakukan dengan bantuan peralatan yang mengandung listrik untuk membakar lapisan tahi lalat yang ada di permukaan kulit.

  1. Pemotongan

Jika tahi lalat non kanker membesar, tim medis bisa melakukan tindakan pemotongan. Nah, pemotongan ini akan dilakukan hingga akar tahi lalat dan menjahit bagian kulit yang terluka. Biasanya, tindakan ini dilakukan untuk mengangkat tahi lalat yang berisiko berkembang menjadi kanker.

Jangan Menghilangkannya Sendiri di Rumah

Sebaiknya jangan menghilangkannya sendiri di rumah. Berbagai cara yang direkomendasikan nyatanya masih membutuhkan penelitian khusus karena merak masih berpotensi menyebabkan iritasi atau perburukan kondisi tahi lalat.

Menghilangkannya menggunakan berbagai krim yang dijual bebas, berisiko menyebabkan munculnya luka atau jaringan parut pada bagian kulit yang memiliki tahi lalat. Hindari juga menghilangkan tahi lalat menggunakan berbagai benda tajam di rumah. Hal ini sangat berisiko menyebabkan infeksi pada bagian tahi lalat akibat alat yang tidak bersih dan cara pembedahan yang tidak tepat.

Sebaiknya perhatikan perkembangan tahi lalat dari waktu ke waktu. Untuk memastikan tahi lalat tidak berkembang menjadi kondisi yang membahayakan, selalu jaga kesehatan kulit setiap hari. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, seperti:

  • Batasi aktivitas di luar ruangan saat siang hari untuk menghindari paparan langsung sinar matahari.
  • Selalu gunakan tabir surya.
  • Saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari, pastikan kamu menggunakan pakaian yang bisa menutupi kulit dan tahi lalat dengan baik.

Itulah hal yang perlu kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan kulit. Jika membutuhkan tabir surya saat beraktivitas, kamu bisa cek kebutuhan yang diperlukan melalui aplikasi Halodoc. Dengan begitu, kebutuhan yang diperlukan bisa langsung diantarkan ke lokasimu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Moles.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Should Know About Mole Removal.
NHS. Diakses pada 2022. Moles.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Mole Removal.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan