• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Pasangan Masih Setia

Tanda Pasangan Masih Setia

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tanda Pasangan Masih Setia

Halodoc, Jakarta – Masih setiakah pasangan kamu saat ini? Untuk mengetahui tanda pasangan setia sebenarnya bukan perkara susah. Menurut ahli, kamu enggak perlu menebak-nebak pasangan masih setia atau tidak. Sebab semua itu bisa terlihat dari kebiasaan pasangan kamu sehari-hari.

Sebelumnya, kira-kira menurutmu lebih banyak mana pria atau wanita yang berselingkuh? Menurut hasil survei Married Sex Survey 2013 dari iVillage, ternyata sebanyak 28 persen pria mengaku pernah berselingkuh di dalam pernikahannya. Bagaimana dengan wanita? Sedangkan kaum hawa hanya di angka 13 persen. Sekarang, yuk, lihat tanda pasangan setia menurut ahlinya.

Melihat dari Gelagat dan Kebiasaannya

Kata ahli, tanda pasangan setia itu bisa lihat dari kebiasaan sehari-hari. Contoh paling sederhana adalah, apa dia pulang tepat waktu? Saat dihubungi langsung menjawab atau tidak? Apa dia memberi kabar pergi dengan siapa saja? Apa dia terbuka tentang siapa teman-temannya? Dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa melihat gelagat dari pasangan yang mungkin saja mencurigakan. Misalnya, ketika menerima telepon tiba-tiba dirinya menjauh. Selain itu, bila pasangan memiliki kebiasaan menaruh ponselnya sembarangan, tapi kini lebih sering disembunyikan, kamu sah-sah saja menaruh rasa curiga. Nah, dari tingkat laku seperti itu, kamu bisa melihat dia menyembunyikan sesuatu atau tidak.

Nah, caranya agar kamu lebih peka ketika adanya perubahan pada pasangan, mau enggak mau kamu harus mengenal pasangan dengan baik. Contoh sederhananya, bila kamu sudah sangat mengenal, tentu tahu ketika pasangan sedang murung atau marah. Akan tetapi, kalau enggak terlalu mengenal dengan baik sifat pasangan dan sibuk masing-masing, ketika pasangan berubah seperti apa pun, atau bahkan punya selingkuhan, bisa jadi kamu enggak menyadarinya.

Tiga ukuran kesetiaan

Untuk mempersempit arti kesetiaan, ahli dari The Larazarus Institute, New Jersey, AS, membagi kesetiaan dalam tiga bentuk. Pertama, kesetiaan emosional, kesetiaan finasial, dan terakhir kesetiaan seksual. Yuk, lihat penjabarannya yang ditulis si ahli dalam Psychology Today.

  1. Kesetiaan Emosional

Tanda pasangan setia yang satu ini berarti enggak flirting (menggoda) dengan orang lain. Meski kamu pikir ini mudah, tapi kenyataannya ketidaksetiaan secara emosional ini sering terjadi tanpa kamu sadari. Contoh, kita mungkin saja menggoda lawan jenis yang pada akhirnya memiliki keterlibatan emosi yang dalam dengan mereka.

Selain itu, yang perlu kamu ingat jangan pula menawarkan perhatian lebih pada orang lain. Enggak peduli seberapa dekat dan peduli kamu pada mereka. Sebab inilah cikal bakal yang bisa menimbulkan keterikatan emosi dengan mereka.

  1. Kesetiaan Finansial

Yang ini jelas artinya. Pendek kata, sepenuhnya terbuka dan transparan pada pasangan soal pengeluaran. Misalnya, kamu enggak membuat keputusan sendiri ketika menggunakan uang dengan nominal yang besar. Nah, misalnya kamu punya rekening bank rahasia, melakukan pembayaran yang kamu tutupi dari pasangan, atau memiliki simpanan uang tunai, artinya kamu sudah enggak setia dalam hal finansial.

Meski kejujuran dan dan keterbukaan adalah faktor utama dalam kesetiaan, tapi menurut ahli kadang boleh saja bila kamu menyimpan sendiri pemikiran dan perasaan yang sangat pribadi dari pasangan. Intinya, kesetiaan bisa kamu dan pasangan capai melalui kejujuran yang diseimbangkan dengan kebijaksanaan dan pengendalian diri yang baik.

  1. Kesetiaan Seksual

Bentuk kesetiaan yang satu ini enggak bisa diperdebatkan lagi, dan enggak bisa diganggu gugat. Tentu saja artinya tegas: tidak melakukan hubungan intim selain dengan pasangan sendiri. Setuju, kan?

Jadi, masih setiakah pasangan kamu? Punya masalah kesehatan dan ingin bertanya pada ahlinya? Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.