• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tanda Persalinan Muncul, Siapkan 3 Hal Ini

Tanda Persalinan Muncul, Siapkan 3 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Bagi ibu hamil yang memasuki usia kehamilan trimester ketiga, tentunya ibu tengah menanti proses persalinan untuk menyambut sang buah hati. Berbagai persiapan tentu sudah harus dilakukan ibu, mulai dari mempersiapkan lokasi persalinan, barang-barang pribadi untuk persalinan, hingga biaya persalinan. Namun, hal penting yang sering luput dari perhatian adalah kesiapan mental ibu dan pasangan.

Baca juga: Ketahui 3 Tahapan dalam Persalinan Normal

Persalinan merupakan proses yang cukup panjang dan melelahkan. Nah, tidak ada salahnya ibu mempersiapkan beberapa hal dengan baik. Selain mengetahui tanda-tanda persalinan, ibu juga dapat mempersiapkan beberapa hal ini sebelum menjalani persalinan.

Ibu, Persiapkan Hal Ini saat Menjalani Persalinan

Sebagai calon ibu, tidak ada salahnya memerhatikan persiapan yang perlu dilakukan saat menjelang persalinan, di antaranya:

1. Persiapkan Mental

Baik ibu dan pasangan, masing-masing perlu mempersiapkan kondisi mental dengan baik. Setiap ibu juga memiliki kesehatan dan tubuh yang berbeda-beda dan perhatikan kesiapan mental. Tidak ada salahnya untuk memastikan proses persalinan yang dijalani. Dengan begitu, ibu lebih percaya diri untuk menjalani proses persalinan. Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai proses persalinan yang dijalani agar ibu memiliki kesiapan yang lebih baik.

2. Siapkan Tubuh untuk Menjalani Persalinan

Persalinan membutuhkan energi dan stamina yang cukup baik. Tidak ada salahnya untuk penuhi istirahat ibu menjelang hari persalinan. Selain menyiapkan energi, ibu harus memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi selama menunggu masa persalinan datang. Jangan lupa untuk melakukan olahraga ringan, seperti senam hamil atau yoga. Melakukan senam hamil atau yoga secara rutin juga memiliki banyak manfaat untuk janin. Senam hamil dapat membuat bayi dalam posisi yang baik untuk proses persalinan.

Baca juga: Ini Tanda-Tanda Melahirkan di Usia 38 Minggu

3. Persiapkan Barang yang Dibawa saat Persalinan

Selain mempersiapkan tubuh dan mental, jangan lupa untuk mempersiapkan barang yang akan kamu bawa selama menjalani masa persalinan. Sebaiknya buatlah daftar bawaan yang penting, seperti membawa baju ganti, jam tangan untuk menghitung setiap kontraksi yang terjadi, sandal di dalam ruangan, dan peralatan mandi. Jangan lupa mempersiapkan bra untuk menyusui, pembalut setelah melahirkan, dan baju yang nyaman untuk menyusui. Persiapkan juga peralatan yang dibutuhkan oleh bayi, misalnya baju ganti, popok, atau selimut.

Lakukan Ini Sebagai Persiapan Menyusui

Tidak hanya mempersiapkan proses persalinan. Setelah proses melahirkan, tentu ibu melalui masa-masa menyusui. Nah, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan proses menyusui semenjak kehamilan. Ibu dan pasangan dapat mengunjungi konselor laktasi agar proses menyusui bayi dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga: Uniknya Ritual Persalinan dari Berbagai Belahan Dunia

Meskipun proses ini secara alami, menyusui tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yaitu memperbanyak informasi mengenai laktasi pada rumah sakit terdekat. Tidak hanya itu, sebaiknya jaga kebersihan puting selama kehamilan dengan lembut dan perlahan.

Pastikan ibu mendapatkan asupan nutrisi dan gizi yang baik selama kehamilan. Ada beberapa makanan untuk memenuhi kebutuhan ibu selama menyusui nanti, seperti susu, kacang-kacangan, dan sayuran hijau. 

Referensi:
Tommy’s. Diakses pada 2020. 5 Positive Ways to Prepare For Labour
Parents. Diakses pada 2020. Can You Be Too Prepared for Baby?