Ternyata Mudah, Ini Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Juli 2022

“Ada berbagai cara menghilangkan bekas luka di kaki yang bisa dilakukan. Beberapa cara yang bisa diketahui adalah operasi dan terapi laser.”

Ternyata Mudah, Ini Cara Menghilangkan Bekas Luka di KakiTernyata Mudah, Ini Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki

Halodoc, Jakarta – Bekas luka terkadang menjadi hal yang dapat menurunkan kepercayaan diri. Pada perempuan, luka yang terjadi di kaki pun dapat membuatnya merasa malu menggunakan celana atau rok pendek. Lalu, bagaimana sih cara menghilangkan bekas luka di kaki yang efektif? Untuk mengetahui jawabannya, bisa baca ulasan berikut ini ya!

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki yang Efektif

Saat luka sembuh dapat menimbulkan jaringan parut yang akhirnya meninggalkan bekas. Serat kolagen dapat membantu untuk menyembuhkan kulit dan membuat perubahan warna di area kulit yang luka tersebut. Bekas luka yang terjadi mungkin terlihat samar atau bahkan sudah membuat tampilan bagian tubuh terganggu. Hal ini menyebabkan seseorang mengalami masalah kepercayaan diri.

Lalu, apa saja sih cara menghilangkan bekas luka di kaki yang efektif untuk dilakukan? Berikut beberapa metodenya:

1. Operasi

Operasi juga termasuk salah satu cara menghilangkan bekas luka di kaki. Metode operasi yang bisa dilakukan adalah Z-Plasty. Cara ini mampu membantu kulit lebih kencang dan tentu saja menghilangkan bekas luka. Namun, tindakan ini membutuhkan waktu dan uang yang tidak sedikit. Perlu juga memenuhi waktu hasil pemulihan terbaik dengan cara mengonsumsi obat dan menghindari beberapa hal.

2. Dermabrasi

Dermabrasi juga termasuk cara menghilangkan bekas luka di kaki. Prosedur ini dilakukan dengan pelapisan kulit yang dapat membantu untuk menyembuhkan dan mengurangi bekas luka yang ada. Namun, prosedur ini perlu dilakukan dengan sangat hati-hati karena kulit di kaki sangat tipis. Jika terjadi kesalahan, tentu timbulnya risiko berbahaya sangat tinggi.

3. Terapi Laser

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka di kaki adalah terapi laser. Metode ini berguna untuk membuat kerusakan kecil pada kulit, agar merangsang penyembuhan dan produksi kolagen. Untuk hasil yang maksimal, terapi ini perlu dilakukan beberapa kali hingga bekas luka menghilang sepenuhnya.

4. Chemical Peeling

Chemical Peeling juga bisa menjadi cara menghilangkan bekas luka di kaki. Cara ini dilakukan dengan mengoleskan larutan asam pada kulit yang memiliki bekas luka. Setelah itu, lapisan atas kulit mulai mengelupas dan kulit yang baru serta halus muncul. Sama seperti terapi laser, cara ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali hingga hasilnya sesuai keinginan.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki yang efektif untuk dilakukan. Perlu diketahui jika cara yang dilakukan mungkin menimbulkan sedikit efek samping. Meski begitu, dokter akan memberitahu berbagai cara agar tidak ada masalah yang besar terjadi setelah prosedur dijalankan.

Jika ingin mengetahui metode yang paling cocok untuk menghilangkan bekas luka, bisa lho berinteraksi dengan dokter dari Halodoc melalui fitur tanya dokter. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sebelumnya di smartphone yang digunakan. Jangan ragu lagi, segera gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Westover Hills Dermatology. Diakses pada 2022. What Are the Best Options for Scar Removal?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan