• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Efektif untuk Mengatasi Jenuh dalam Bekerja

5 Tips Efektif untuk Mengatasi Jenuh dalam Bekerja

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Pekerjaan yang dilakukan secara rutin setiap harinya memang bisa menimbulkan rasa jenuh. Hal tersebut karena sebagian besar waktu juga dihabiskan lebih banyak untuk bekerja. Namun, kondisi ini sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk menurunkan produktivitas dalam bekerja. Selain itu, kamu harus memastikan kualitas pengerjaan pekerjaan tetap dengan baik agar tidak memengaruhi hasil kerja.

Baca juga: 4 Tanda Harus Cuti Kerja Sekarang Juga

Nah, untuk mengatasi jenuh dalam bekerja, coba lakukan beberapa tips ini agar produktivitas kerja tetap optimal, yaitu:

1. Ciptakan Target Baru dalam Bekerja

Andreas Elpidorou, profesor di University of Louisville, mengatakan bahwa rasa jenuh yang dirasakan dapat menjadi pertanda bahwa pekerjaan yang dikerjakan tidak mengalami perubahan dalam hal apa pun, termasuk ilmu yang didapatkan.

Cara untuk menghilangkan rasa jenuh dalam bekerja, kamu bisa mencoba untuk menciptakan target baru dalam pekerjaan dan melakukan perubahan. Dengan begitu, kamu termotivasi untuk mendapatkan tujuan baru yang diciptakan dalam pekerjaan.

2. Belajar Kemampuan Lain

Sebaiknya kamu terus mengasah kemampuan dalam dunia pekerjaan, misalnya mengikuti seminar yang dilakukan di luar kantor. Melansir Life Hack, kamu bisa mencoba untuk mengasah kemampuan di bidang yang berbeda dengan pekerjaan saat ini.

Kamu bisa mencoba belajar hal lain yang selama ini tertunda untuk dikerjakan, misalnya mempelajari bahasa lain agar kemampuan bahasa meningkat. Selain meningkatkan kemampuan diri, tentunya keahlian bahasa yang dimiliki menjadi nilai tambah.

Baca juga: Bantu Atasi Jenuh, Ini Manfaat Lain Cuti Kerja

3. Ubah Rutinitas yang Biasa Dilakukan

Hindari bosan dengan pekerjaan dengan mengubah rutinitas. Jika pekerjaan kamu dapat dikerjakan dari mana saja, cobalah untuk mengganti suasana bekerja dengan melakukan pekerjaan dari toko kopi atau kafe yang nyaman. Namun, tetap pastikan produktivitas tidak terganggu dengan kondisi ini.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi makan siang di kantor, sebaiknya manfaatkan waktu istirahat untuk makan di restoran favorit bersama teman-teman kantor agar menemukan suasana baru. Kegiatan ini juga membuat hubungan dengan teman kantor menjadi lebih akrab.

4. Buatlah Rencana Berlibur

Merasa jenuh dalam bekerja? Sebaiknya segera membuat rencana untuk berlibur! Melansir Medium, berlibur menjadi cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan dalam pekerjaan dan meningkatkan produktivitas saat kembali bekerja. Jadi, sebaiknya segera periksa hak cuti dan siapkan waktu yang tepat untuk berlibur bersama teman maupun keluarga.

5. Atur Meja Kerja dengan Rapi

Jika merasa bosan saat bekerja, coba perhatikan situasi tempat bekerja. Tempat kerja yang berantakan membuat suasana bekerja menjadi kurang nyaman dan memicu rasa bosan. Jadi, kamu bisa mencoba untuk merapikan meja kerja agar suasana menjadi lebih nyaman. Kamu juga dapat menambahkan tanaman hijau pada meja kerja. Melansir Forbes, meletakkan tanaman hijau yang sesuai dengan ukuran meja kerja membantu untuk menurunkan risiko gangguan kecemasan dan tingkat stres yang tinggi.

Baca juga: 5 Pekerjaan yang Tinggi Risiko Mendapatkan Gangguan Jiwa

Itulah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa jenuh atau bosan dalam bekerja. Lakukan gerakan ringan saat di kantor menjadi salah satu cara yang sederhana dan bisa dilakukan untuk meredakan jenuh dalam bekerja.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter maupun psikolog melalui aplikasi Halodoc untuk mengatasi rasa jenuh dalam bekerja agar kondisi ini tidak menimbulkan dampak buruk pada kesehatan mental.

Referensi:
Forbes. Diakses pada 2020. Think You Don’t Need Houseplants? Science Says Different
Forbes. Diakses pada 2020. Bored at Work? Science Says That’s A Good Thing
Medium. Diakses pada 2020. Take a AVacation: It Boost Your Productivity and Reduces Stress
Life Hack. Diakses pada 2020. What to Do When Bored at Work