• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Tips Membersihkan Kamar Mandi Selama Pandemi Corona

Tips Membersihkan Kamar Mandi Selama Pandemi Corona

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Imbauan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenai penerapan physical distancing membuat siswa dan pekerja harus belajar dan bekerja di rumah. Alhasil, rumah kini jadi lebih ramai daripada biasanya. Selama pandemi COVID-19 ini berlangsung, kamar mandi menjadi salah satu tempat yang harus diperhatikan karena lebih banyak ditemukan mikroba di sana. Selama pandemi berlangsung, kamu wajib menjaga kebersihan toilet, wastafel, dan bak mandi sebagai kunci untuk menjaga kesehatan kamu dan keluarga.

Menurut data yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, virus corona SARS-CoV-2 diketahui mampu bertahan hidup di permukaan keras hingga tiga hari. Kamar mandi bisa menjadi tempat virus ini singgah karena anggota keluarga pasti menggunakannya. Berikut ini panduan membersihkan kamar mandi selama pandemi COVID-19.

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian untuk Cegah Kontaminasi Selama Pandemi Corona

Pastikan Mengikuti Langkah yang Benar

Saat kamu bersiap untuk membersihkan kamar mandi, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu. Jika kamu hendak menggunakan disinfektan, pilihlah yang berkualitas lebih tinggi. Kamu juga wajib untuk memfokuskan pembersihan pada area yang paling sering disentuh termasuk sakelar lampu, gagang pintu, dan area wastafel pada khususnya. Ini juga dapat mencakup area lain seperti shower, tirai mandi, dan sekitar kursi toilet.

Apa pun yang disentuh orang harus dibersihkan, terlepas mereka memiliki gejala atau tidak. Bersihkan dengan benar biarkan area tersebut dalam kondisi basah selama 3 hingga 5 menit. American Cleaning Institute merekomendasikan agar permukaannya menjadi kering dahulu dan kemudian bilas dengan air.

Sayangnya, masih banyak orang yang keliru dalam membersihkan area kamar mandi, sehingga bisa membuat diri mereka rentan. Banyak orang tidak mengikuti arahan yang tercetak pada label produk, termasuk membiarkan produk pembersih waktu bekerja terlebih dahulu dengan cara didiamkan. Pastikan kamu mematuhi instruksi pada produk supaya kuman, bakteri, dan virus benar-benar mati. 

Baca juga: Berapa Lama Hand Sanitizer dapat Memberikan Perlindungan?

Gunakan Kamar Mandi Terpisah Jika Ada Anggota Keluarga Yang Sakit

Jika anggota keluarga atau teman sekamar yang tinggal bersama kamu menunjukkan gejala mirip COVID-19, penting untuk meminta mereka menggunakan kamar mandi khusus, yang terpisah dari orang lain. Jika kamu tidak memiliki lebih dari satu kamar mandi, mintalah orang dengan gejala ini membersihkan permukaan yang telah mereka sentuh setelah mereka menggunakan kamar mandi. 

Jika mereka terlalu sakit untuk membersihkannya, pilihan kedua adalah meminta orang sehat membersihkan area tersebut. Pastikan kamu menggunakan masker dan sarung tangan untuk membersihkan dan mencuci masker dan pakaian setelah dibersihkan. Selain itu, jika kamu harus membantu anggota keluarga yang sakit untuk menggunakan kamar mandi, maka bantu mereka dan pastikan untuk tetap melindungi diri sendiri. Caranya, selalu gunakan masker dan sarung tangan, serta segera membersihkan baju setelahnya.

Sabun Bisa Lebih Ampuh daripada Produk Desinfektan

Kamu sudah paham bahwa virus corona ini bisa bertahan dalam beberapa waktu pada benda-benda di kamar mandi, sehingga membersihkannya dengan rutin adalah kewajiban. Namun, kamu tidak selalu harus menggunakan semprotan desinfektan untuk membersihkannya, karena banyak ilmuwan berpendapat bahwa sabun bisa jadi alternatif yang lebih baik. 

Hal ini karena pada tingkat mikroskopis, SARS-CoV-2 dikelilingi oleh "amplop lipid." Sabun bekerja pada virus dengan merobek lapisan lipid yang mengelilingi protein di dalamnya dan memecah virus. Prosesnya mirip dengan bagaimana sabun cuci piring menghilangkan lemak di atas wajan dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh air biasa.

Baca juga: Cegah Corona dengan Cuci Tangan, Perlukah Pakai Sabun Khusus?

Itulah cara membersihkan kamar mandi yang efektif untuk mencegah penularan virus corona. Jika kamu ingin tahu tips lainnya guna mencegah penyebaran COVID-19, kamu bisa diskusikan dengan dokter di aplikasi Halodoc. Dokter akan memberikan semua jenis sarana kesehatan yang kamu butuhkan untuk mencegahmu dari berbagai penyakit.

Referensi:
CNN Health. Diakses pada 2020. How To Clean Your Bathroom To Protect Against Coronavirus.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Clean Common Surfaces During the COVID-19 Outbreak.
The Conversation. Diakses pada 2020. How To Clean Your House To Prevent The Spread Of Coronavirus And Other Infections.