Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Desember 2020
Tips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing PeliharaanTips Mengatasi Bau Mulut pada Anjing Peliharaan

Halodoc, Jakarta - Bukan hanya manusia yang dapat mengalami bau mulut, ternyata anjing juga. Tentu hal tersebut membuat rasa tidak nyaman saat berdekatan dengannya. Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh gangguan pada mulut dan gigi, meski juga dapat terjadi karena masalah yang lebih besar. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mengatasi bau mulut pada anjing agar kembali nyaman berada di sekitarnya. Berikut beberapa caranya!

Cara Mengatasi Bau Mulut pada Anjing

Bau mulut pada anjing memang dapat disebabkan oleh sesuatu yang tidak normal, tetapi hal tersebut umum terjadi. Pada anak anjing, bau napasnya masih harum karena belum adanya penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Jika kamu kerap mencium hewan peliharaanmu tersebut, saat mulutnya tercium aroma yang tidak sedap, kamu pasti langsung mengetahuinya.

Baca juga: Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

Memang umumnya bau mulut tidak sedap pada hewan dapat disebabkan oleh gangguan terkait kesehatan gigi dan mulut. Meski begitu, terkadang hal ini juga dapat disebabkan anjing yang baru saja makan kotoran kucing. Selain itu, gangguan ini juga dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan yang serius. Maka dari itu, kamu harus tahu cara mencegahnya sebelum terjadi. Berikut ini beberapa cara yang ampuh untuk pencegahan:

1. Rutin Menyikat Gigi

Cara paling sederhana untuk mencegah bau mulut pada anjing adalah menyikat giginya secara teratur. Dengan menyikat gigi, kamu dapat mengurangi plak yang menempel dan meningkatkan kebersihan mulut seperti halnya manusia. Kamu dapat membiasakan diri melakukan hal tersebut, sehingga anjing dapat menikmati saat giginya disikat tanpa adanya perlawanan.

Anjing ras yang berukuran kecil mungkin membutuhkan lebih banyak perawatan gigi dibandingkan dengan ras besar karena lebih rentan terhadap penyakit periodontal. Anjing ini memiliki kecenderungan terhadap gigi yang lebih rapat, sehingga pembentukan plak dan karang gigi lebih mudah terjadi. Maka dari itu, pastikan untuk menyikat gigi secara teratur sejak ia kecil.

Baca juga: Ketahui Cara Menjaga Kesehatan Gigi Anjing Peliharaan

2. Menggigit Mainan Kunyah

Hal lainnya yang dapat mencegah bau tidak sedap yang keluar dari mulut anjing adalah dengan memberikannya lebih banyak mainan yang bisa digigit. Cara ini dapat membantunya untuk merawat gigi secara alami. Dengan mengunyah atau menggigit, penumpukan plak dan karang gigi dapat dicegah dan juga mengurangi rasa bosan, sehingga anjing tetap sehat dan bahagia. Meski begitu, pastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan sesuai dengan usia anjing.

3. Konsumsi Makanan Berkualitas

Kamu juga harus memastikan jika semua makanan yang dikonsumsinya memiliki kualitas yang terbaik dan juga gizi seimbang. Selain itu, memastikan dirinya rutin berolahraga dan mendapatkan pemeriksaan rutin di dokter juga dapat mencegah segala penyakit berbahaya yang dapat membuat bau mulut tidak sedap pada anjing, seperti diabetes. Bukan hanya bau mulut, bisa saja masalah kesehatan yang lebih besar juga dapat terjadi.

Maka dari itu, kamu harus benar-benar memastikan anjing peliharaanmu rutin mendapatkan pemeriksaan kesehatan, terutama pada gigi dan mulut untuk mencegah bau mulut. Disarankan untuk menyikat gigi hewan kesayanganmu paling tidak sekali sehari agar kesehatan mulut senantiasa terjaga. Jangan biarkan kamu mengambil tindakan sampai masalah terjadi.

Baca juga: Inilah 4 Tips Memotong Kuku Anjing Kesayangan

Jika kamu ingin tahu lebih jauh terkait cara mencegah bau mulut pada anjing, dokter hewan dari Halodoc siap menjelaskannya dengan rinci. Caranya mudah saja, kamu dapat menerima kemudahan akses kesehatan tersebut, hanya dengan download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan saran langsung dari ahli medis profesional.

Referensi:
American Kennel Club. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Stinky Dog Breath.
Animal Biome. Diakses pada 2020. What Causes Bad Dog Breath & How to Get Rid of It.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan