• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Masalah Kulit Kering pada Pengidap Diabetes

Atasi Masalah Kulit Kering pada Pengidap Diabetes

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Atasi Masalah Kulit Kering pada Pengidap Diabetes

Halodoc, Jakarta – Penyakit diabetes nyatanya dapat memengaruhi beberapa bagian tubuh pengidap penyakit ini. Salah satunya adalah bagian kulit. Pengidap diabetes terkadang harus menjaga kulit mereka lebih baik lagi.

Tidak seperti bagian tubuh yang lain, kulit merupakan bagian tubuh yang paling mudah diamati dan dideteksi. Bagi pengidap diabetes, permasalahan kulit terkadang menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi. Biasanya, pengidap diabetes sangat mudah terserang jamur atau pun kuman pada kulitnya. Bila sudah terserang jamur atau kuman, biasanya akan sulit untuk disembuhkan atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa disembuhkan.

(Baca juga: Cegah Gula Darah Naik dengan Ketahui 5 Pantangan Pengidap Diabetes)

Salah satu masalah kulit yang biasanya dihadapi oleh pengidap diabetes adalah kulit kering. Tidak heran pada seseorang yang memiliki penyakit diabetes memiliki kulit yang lebih kering, bahkan sangat mudah untuk pecah-pecah atau terluka. Nah, terkadang bagian yang luka atau pecah-pecah ini membuat kuman banyak bersarang, sehingga menjadi infeksi jika tidak ditangani dengan baik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan para pengidap diabetes untuk menjaga kelembapan kulit dan terhindar dari penyakit kulit.

 

  • Hindari Mandi dengan Menggunakan Air Panas

 

Terkadang, mandi menggunakan air hangat memang sangat efektif untuk menghilangkan rasa lelah setelah seharian beraktivitas. Namun, bagi pengidap diabetes sebaiknya hindari mandi dengan air panas terlalu sering. Karena, hal ini bisa membuat kulit semakin kering. Mandi air hangat ternyata bisa menghilangkan pelembap alami kulit dan efeknya kulit akan menjadi lebih kering serta terlihat kusam.

 

  • Perhatikan Penggunaan Sabun

 

Dalam penggunaan sabun, sebaiknya pengidap diabetes harus memperhatikan kandungan yang ada pada sabun. Sebaiknya pilihlah sabun yang mengandung pelembap, sehingga membuat kelembapan kulit terjaga dengan baik. Sabun yang paling baik digunakan oleh pengidap diabetes adalah sabun hypoallergenic, yaitu sabun yang bisa digunakan untuk kulit yang sensitif.

 

  • Gunakan Pelembap untuk Kulit

 

Sebaiknya pengidap diabetes rutin menggunakan pelembap yang alami agar terhindar dari kulit kering. Gunakan pelembap setiap habis mandi dan gunakan sehari-hari jika merasa kulit sangat kering. Pilih pelembap yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai pelembap yang cocok bagi pengidap diabetes.

 

  • Gunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

 

Jangan lupa untuk menggunakan pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat. Hindari pakaian yang tidak menyerap keringat, karena dikhawatirkan keringat bisa menyebarkan kuman dan kulit menjadi infeksi.

 

  • Konsumsi Air dan Makanan Sehat

 

Menjaga kecukupan air untuk tubuh sangat penting, salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kelembapan kulit. Minumlah air minimal 2 liter atau sekitar 8 gelas sehari. Dengan begitu, kamu akan memiliki kulit yang lembap. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat, seperti sayuran hijau atau buah yang mengandung banyak air. Misalnya, semangka atau buah blewah.

 

  • Jangan Menggaruk Bagian yang Gatal

 

Rasa gatal pada kulit memang membuat kita merasa kurang nyaman, tetapi sebaiknya kamu jangan menggaruk kulit yang gatal. Usaplah bagian yang gatal hingga gatalnya menghilang. Jika kamu menggaruk dan menyebabkan luka, dikhawatirkan akan menjadi infeksi yang lebih parah lagi.

(Baca juga: 5 Perawatan Kulit Kering yang Patut Dicoba)

Bila setelah melakukan upaya di atas kulit wajah masih saja kering atau bahkan semakin kering dan membuat kamu merasa terganggu, sebaiknya segera tanyakan keluhan kamu kepada dokter ahli yang ada di Halodoc.  Kamu juga bisa memesan obat atau vitamin melalui aplikasi Halodoc lewat menu Pharmacy Delivery. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau di Google Play!