04 October 2017

Atasi Sakit Maag Secara Cepat & Tepat dengan Obat Ini!

Atasi Sakit Maag Secara Cepat dan Tepat dengan Obat Ini!

Halodoc, Jakarta - Penyakit maag selalu identik dengan pola makan pengidap yang tidak teratur. Maag sering kali menimbulkan rasa yang menyiksa akibat terlukanya lapisan dalam lambung. Jika kamu pernah merasakan rasa nyeri pada perut di bagian atas yang disertai dengan rasa mual, bisa jadi itu adalah tanda-tanda kamu mengidap penyakit maag.

Sakit maag termasuk penyakit yang cukup umum. Menurut data yang dilakukan di beberapa pusat endoskopi, di Indonesia sendiri terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen dari jumlah tersebut merupakan dispepsia fungsional. Meskipun sebagian besar sakit maag bisa ditangani tanpa perlu berdiskusi kepada dokter, namun pemeriksaan dokter medis tetap perlu dilakukan jika sakit maag terus diikuti muntah yang tak kunjung usai dan pada akhirnya membuat tubuh kekurangan cairan. Sebab penyakit maag yang tidak segera diobati, terlebih dengan gejala yang sudah parah seperti ini akan menyebabkan risiko yang lebih akut dan bisa datang kapan saja.

Sebagai referensi, berikut ini adalah daftar jenis obat maag yang dipercaya ampuh meredakan sakit pada lambung yang kamu alami.

1.  Antasida
Antasida adalah obat maag penetral asam lambung sehingga dapat digunakan untuk meringankan gejala maag seperti perih di ulu hati, rasa panas pada perut kiri atas, mulas, mual-mual dan kembung. Antasida mudah didapat di toko obat, ataupun apotek tanpa memerlukan resep dokter karena tergolong sebagai obat bebas. Bahkan kamu bisa membelinya secara online melalui layanan Pharmacy Delivery di aplikasi Halodoc! Akan tetapi kamu harus selalu memperhatikan aturan pakai, indikasi, kontraindikasi, dan juga efek samping dari jenis obat maag ini.

2.  Cimetidine
Jenis obat maag kedua yang aman dan ampuh adalah Cimetidine. Obat maag ini termasuk dalam golongan H2 blocker yang berguna mengobati tukak lambung dan usus dua belas jari, gangguan pencernaan, refluks asam, serta iritasi lambung akibat penggunaan obat anti inflamasi non-steroid. Bentuknya dapat berupa tablet atau cairan, yang bisa diminum sebelum atau sesudah makan.

3.  Lansoprazole
Lansoprazole adalah kelompok obat proton pump inhibitor. Jenis obat maag ini mampu meredakan gejala akibat meningkatnya asam lambung, seperti: nyeri ulu hati, mual, dan tidak nafsu makan. Bekerja dengan cara mengurangi jumlah asam yang dihasilkan oleh dinding lambung, sehingga lambung yang sempat teriritasi atau telah mengalami tukak dapat kembali pulih. Namun perlu diingat obat maag ini hanya bisa kamu dapatkan dengan resep dokter, lho.

Sakit maag memang bisa disembuhkan dengan mudah menggunakan obat maag paling ampuh di apotek. Tapi penyakit maag bisa menyerang kamu kembali jika kondisi tubuhmu tidak fit dan asam lambung kamu meningkat. Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk pencegahan sakit maag agar tidak terulang lagi, antara lain:

  • Menghindari makanan-makanan yang bisa memicu sakit maag, seperti makanan pedas dan asam
  • Menerapkan pola makan yang teratur
  • Mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol
  • Menghentikan konsumsi ibuprofen atau aspirin
  • Mengendalikan tingkat stres


Seperti itulah kira-kira penanganan sakit maag dengan obat yang bisa kamu lakukan. Demi kesehatan, jangan segan untuk selalu mendiskusikan masalah lambung yang kamu alami dengan dokter spesialis penyakit dalam ya. Terutama jika kamu memang berniat ingin mengonsumsi obat maag di atas. Download aplikasi Halodoc di Google Play dan App Store untuk nikmati fitur Contact Doctor kapanpun kamu selama 24/7 non-stop. Dapatkan juga obat untuk maag kamu secara cepat,  aman dan nyaman dengan layanan Pharmacy Delivery di Halodoc tanpa harus keluar rumah!

BACA JUGA: Saat Tanya Jawab dengan Dokter, Berikan 5 Pertanyaan Ini