Awas, 5 Problematika Ini Bisa Merusak Pernikahan

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Awas, 5 Problematika Ini Bisa Merusak Pernikahan

Halodoc, Jakarta – Menjalani kehidupan berumah tangga memang bisa menjadi hal yang susah-susah gampang. Memutuskan untuk menikah dan hidup dengan seseorang dalam waktu yang lama merupakan hal yang besar dalam hidup. Pada awalnya, pernikahan yang didasari rasa cinta akan terasa sangat menyenangkan dan penuh kasih sayang. Namun, bukan lagi menjadi rahasia bahwa kehidupan pernikahan mungkin saja akan diterpa masalah di kemudian hari.

Masalah dalam rumah tangga dan hubungan adalah satu hal yang wajar dan hampir pasti ada. Malahan, ada yang menyebut bahwa lima tahun pertama pernikahan adalah masa-sama paling berat dan sulit untuk dilalui. Setiap pasangan pasti akan memiliki masalah masing-masing. Namun ternyata, ada beberapa jenis problematika yang paling umum terjadi, bahkan bisa merusak pernikahan. 

Baca juga: Menikah Baik untuk Kesehatan Jantung, Kok Bisa?

Menghindari Masalah yang Bisa Merusak Pernikahan 

Masalah dalam pernikahan adalah hal yang pasti terjadi, tetapi bukan berarti tidak bisa dihindari. Menjauhi hal-hal yang bisa memicu munculnya masalah bisa menjadi cara terbaik. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja problematika yang bisa merusak pernikahan, sehingga bisa dihindari. Dari banyak masalah yang bisa terjadi, berikut ini beberapa contoh problematika yang sering terjadi dalam kehidupan berumah tangga! 

1. Perselingkuhan

Ini merupakan salah satu masalah paling umum yang bisa terjadi dalam hubungan pernikahan. Ada banyak faktor yang bisa membuat seseorang menjadi tidak setia dan akhirnya berujung pada perselingkuhan. Kabar buruknya, perselingkuhan menjadi salah satu pemicu terbesar hancurnya pernikahan. Perselingkuhan menjadi salah satu problematika pernikahan paling umum terjadi dan banyak pasangan yang harus berjuang menghadapi hal ini. 

2. Masalah Seksual

Masalah di ranjang ternyata juga bisa memicu kerusakan dalam hubungan pernikahan. Hal ini bisa terjadi karena adanya rasa tidak puas dari segi seksual atau rasa bosan dengan pasangan. Ternyata, hal ini juga menjadi salah satu pemicu terjadinya perselingkuhan dan berisiko tinggi menyebabkan perceraian alias kerusakan rumah tangga. Salah satu kondisi yang bisa menjadi pemicu adalah hilangnya libido, baik pada perempuan maupun laki-laki. 

Baca juga: Ini Lho Usia yang Tepat untuk Menikah dan Penjelasannya

3. Stres

Hubungan rumah tangga bisa saja rusak akibat tekanan atau rasa stres dalam menjalani kehidupan. Penyebab stres beragam, mulai dari masalah finansial, hal yang tidak sesuai rencana, masalah keluarga, hingga urusan lain, seperti pekerjaan di kantor. Sangat penting untuk mengelola stres dengan baik dan hindari mencampurkan atau membawa masalah lain ke dalam masalah rumah tangga. Hal ini nyatanya ampuh untuk menghindari lebih banyak konflik dalam hubungan pernikahan. 

4. Beda Pandangan 

Setelah hidup bersama dalam waktu lama, kamu dan pasangan mungkin akan mulai menemukan hal-hal yang tidak diketahui sebelumnya. Kamu dan pasangan akan mulai menyusun rencana kehidupan dan hal ini bisa memunculkan masalah, seperti perbedaan cara pandang dan perbedaan rencana. Jika tidak disikapi dengan benar, beda pandangan atau nilai hidup dalam bisa mengancam hubungan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, pastikan selalu menyelesaikannya di awal dan temukan kata sepakat bersama dengan pasangan.

5. Rasa Cemburu 

Normal saja jika menaruh rasa cemburu pada pasangan, tetapi pastikan agar tidak berlebihan. Pasalnya, rasa cemburu yang berlebihan nyatanya tidak sehat dan bisa merusakan hubungan kamu dan pasangan. Hal ini juga bisa memicu pikiran buruk dan membuat pasangan merasa kamu tidak memiliki rasa percaya pada dirinya. Padahal, kepercayaan merupakan salah satu fondasi dalam membina rumah tangga. 

Baca juga: Ini Akibatnya Kalau Suami-Istri Terlalu Gengsi

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter bisa dilakukan kapan dan di mana saja lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips menjaga kesehatan dan rekomendasi beli obat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc segera di App Store dan Google Play! 

 

Referensi:
Marriage.com. Diakses pada 2019. 8 Common Problems in Married Life.
Psychology Today. Diakses pada 2019. Marriage Problems? Here's an 8-Step Rescue Plan.