08 May 2018

Awas, Jangan Asal-asalan Menangani Jerawat

Awas, Jangan Asal-asalan Menangani Jerawat

Halodoc, Jakarta – Ukurannya sih terbilang kecil, tapi sering bikin risi, bahkan membuat seseorang jadi enggak percaya diri. Jerawat sendiri memang bisa timbul karena berbagai hal, mulai dari masalah hormon hingga bakteri.

Masalahnya, cara menangani jerawat butuh perhatian dan kesabaran ekstra. Sebab, terkadang saking ‘gemasnya’ enggak sedikit orang yang tidak tahan hingga memencet jerawat yang timbul di wajahnya. Padahal, hal itu justru akan menimbulkan masalah baru.

Bingung bagaimana cara menanganinya? Berikut penyebab dan cara mengatasi jerawat menurut ahli

1. Bakteri

Bakteri jadi biang keladi yang sering menyebabkan jerawat. Kotoran yang menumpuk pada wajah ini, bisa menyebabkan bakteri berkembang pada pori-pori. Nah, bakteri-bakteri ini nantinya akan menjelma menjadi jerawat. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Gampak kok, untuk mencegah kotoran menumpuk pada wajahmu, kamu harus rajin membersihkan wajah. Misalnya, dengan mengeksfoliasi dengan scrub wajah minimal seminggu sekali. Namun, jangan asal menggunakan scrub wajah. Carilah butiran scrub yang halus agar kulit tidak teriritasi.

  1. Kandungan Make Up

Pada dasarnya sih untuk membuat tampilan lebih menawan, tapi terkadang make up juga bisa memicu jerawat, lo. Pasalnya, sisa make up yang tersisa pada kulit bisa menyebabkan jerawat. Enggak cuma itu, bahan yang terkandung di dalam kosmetik pun terkadang bisa jadi pemicu jerawat.

Oleh sebab itu, periksalah bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetikmu. Contohnya, bila wajahmu berminyak, kandungan minyak dalam kosmetik bisa semakin memicu timbulnya jerawat. Bahan-bahan seperti shea butter atau minyak alami juga bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Solusinya, bagi kamu yang punya kulit sensitif atau berminyak yang rentan dengan jerawat, sebaiknya memilih kosmetik berbahan dasar air atau mineral bebas minyak.

  1. Terlalu Banyak Berkeringat

Masalah kulit ini enggak hanya timbul di wajah saja, jerawat pun bisa muncul di bagian dada atau punggung. Nah, jerawat yang timbul di bagian tersebut biasanya disebabkan oleh keringat yang berlebih. Misalnya, keringat yang bercucuran setelah kamu berolahraga.

Saran dermatologis dari New York, AS, saat ingin berolahraga sebaiknya kamu memilih pakaian yang mampu menyerap keringat dengan baik. Ia juga menambahkan, setelah berolahraga mandilah menggunakan sabun antibakteri

4. Masalah Hormon

Enggak sedikit kaum hawa yang ‘berlangganan’ jerawat ketika masa menstruasi datang. Kata ahli, hal ini dipengaruhi hormon progesteron yang menghasilkan minyak berlebih pada kulit, sehingga memicu timbulnya jerawat. Yang bikin resah lagi, masalah jerawat karena faktor hormon ini sulit dihilangkan.

Jerawat kecil ini biasanya akan hilang saar hormon sudah kembali normal. Nah, agar jerawat enggak timbul semakin banyak, cobalah mandi dengan sabun berbahan sulfur. Kandungan aktif di dalam mineral ini efektif untuk membasmi jerawat.

5. Sering Menyentuh Wajah

Sebersih apa pun tanganmu, tentu masih ada bakteri yang hinggap di sana. Nah, apalagi bila tangan dalam keadaan kotor, kan? Kata ahli, menyentuh wajah, apa pun alasannya bisa menyebabkan jerawat. Saat kamu menyentuh wajah, bakteri-bakteri dari tangan akan pindah ke area wajah.

Untuk meminimalkan risiko ini, cobalah jangan terlalu sering menyentuh atau menggaruk wajah. Jika tidak tahan untuk menggaruknya, pastikan tangan selalu dalam keadaan bersih.

  1. Suka Memakai Topi

Untuk kamu yang gemar memakai topi, sebaiknya perlu ekstra waspada. Kata ahli, orang yang suka memakai topi biasanya akan berjerawat di bagian dahi. Kok bisa? Tentunya hal ini disebabkan karena banyaknya bakteri yang menempel di topi berpindah menempel di kulit wajah.

Solusinya, rutinlah membersihkan topi setidaknya satu minggu sekali. Selain topi, bagi kamu pengendara sepeda motor, rajin-rajinlah membersihkan bagian dalam helm dengan alkohol untuk membasmi bakteri di dalamnya.

(Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat)

Masih bingung bagaimana cara mengatasi jerawat dengan efektif? Kamu bisa lho mendiskusikan masalah jerawat dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!