Bagaimana Cara Mengobati Tumor Tulang?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Bagaimana Cara Mengobati Tumor Tulang?

Halodoc, Jakarta – Tumor dapat bersifat jinak maupun ganas dan bisa muncul di bagian tubuh mana pun, termasuk tulang. Tumor muncul ketika sel-sel tulang tumbuh secara abnormal. Kondisi abnormal ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan dapat membentuk benjolan atau pembesaran pada tulang. 

Baca Juga: Tak Hanya Uang, Tabungan Tulang Juga Penting

Tumbuhnya tumor pada tulang umumnya ditandai dengan rasa nyeri di tulang yang lama-kelamaan berkembang menjadi rasa sakit yang persisten atau datang dan pergi. Tumor dapat tumbuh di bagian tulang mana pun. Namun, sebagian besar kasus tumor tulang sering terjadi di bagian tulang panjang kaki atau lengan atas. Mengobati tumor tulang tergantung apakah tumor bersifat jinak atau ganas. Berikut ini opsi pengobatan yang dapat dilakukan.

Opsi Pengobatan Tumor Tulang

Sebelum mengobati tumor tulang, sebaiknya diskusikan dengan dokter terlebih dahulu. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tumor dan dapat menyarankan opsi perawatan yang tepat. Tumor tulang biasanya dapat diangkat melalui operasi, kombinasi antara operasi dan kemoterapi atau kombinasi antara kemoterapi dan radiasi. Berikut ini opsi perawatan untuk tumor tulang:

1. Operasi

Operasi bertujuan untuk mengangkat tumor tumor secara keseluruhan. Operasi biasanya dilakukan dengan mengangkat sel tumor bersama sebagian kecil jaringan sehat yang mengelilinginya. Jaringan tulang yang hilang kemudian akan diganti dengan beberapa tulang dari area lain dari tubuh, donor tulang, ataupun diganti dengan tulang buatan dari logam atau plastik keras.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan tumor menggunakan obat-obatan anti tumor yang dimasukan melalui pembuluh vena. Namun, tidak semua jenis tumor tulang efektif diobati dengan kemoterapi. Pada kasus tersebut, biasanya kemoterapi dikombinasikan bersama perawatan lain, seperti operasi atau terapi radiasi. 

Baca Juga: Kenali 4 Jenis Gangguan Sendi dan Tulang

Kemoterapi sering digunakan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor atau setelah operasi untuk menghapus sisa-sisa tumor yang belum terangkat. Kemoterapi umumnya berjalan efektif untuk tumor tulang jenis osteosarkoma dan Ewing sarcoma.

3. Terapi Radiasi

Terapi radiasi dilakukan dengan cara penyinaran menggunakan sinar-X, di area tumor. Selama terapi radiasi, pengidap diharuskan berbaring di atas meja sementara mesin khusus akan bergerak di sekitar tubuh dan memancarkan sinar energi pada titik-titik yang terdapat tumor. Sama seperti kemoterapi, terapi radiasi dapat dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan tumor atau setelah operasi untuk menghapus sisa-sisa tumor yang belum terangkat. 

Kalau kamu merasakan nyeri pada tulang, jangan langsung menduga kalau kamu mengidap tumor tulang. Coba tanya dokter Halodoc terlebih dahulu untuk mencari tahu penyebabnya. Diskusi dengan dokter akan lebih nyaman kalau langsung dari aplikasi. Maka dari itu, yuk download aplikasi Halodoc di sini.

Berikut ini tips-tips pencegahan yang bisa kamu terapkan untuk mencegah tumbuhnya tumor tulang.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Keseleo Bisa Berakibat Fatal

Langkah Pencegahan Tumor Tulang

Sejauh ini, belum ada cara yang efektif untuk mencegah timbulnya tumor tulang. Namun, tetap ada upaya-upaya yang bisa ditempuh guna mencegah tumbuhnya tumor. Langkah pencegahan pertama, yakni pastikan untuk memakai alat pelindung sebelum melakukan aktivitas yang berisiko sebabkan cedera pada tulang. Selain itu, memeriksakan diri secara rutin juga berguna untuk mendeteksi apakah muncul benjolan di salah satu bagian tubuh.