• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bagaimana Cara Pneumonia Ditularkan ke Orang Lain?

Bagaimana Cara Pneumonia Ditularkan ke Orang Lain?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bagaimana Cara Pneumonia Ditularkan ke Orang Lain?

“Pneumonia adalah salah satu penyakit yang terbilang mudah untuk menyebar dari satu orang ke orang lain. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara penyebarannya. Hal ini agar dapat menghindari untuk terserang penyakit yang menimbulkan peradangan pada paru-paru ini.”

Halodoc, Jakarta – Pneumonia adalah penyakit yang dapat mengganggu saluran pernapasan dengan gejala batuk yang tidak kunjung sembuh disertai kesulitan untuk bernapas. Jangan sampai penyakit ini dibiarkan dan akhirnya menyebabkan komplikasi seperti abses paru. Untuk menghindarinya, kamu perlu tahu beberapa cara yang dapat menyebabkan pneumonia pada orang lain. Untuk lebih jelasnya, baca ulasan berikut ini!

Cara Penularan Pneumonia yang Perlu Diperhatikan

Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, virus, ataupun jamur. Infeksi yang terjadi dapat menimbulkan pembengkakan atau peradangan pada jaringan di salah satu atau kedua paru-paru. Ada banyak virus yang dapat menyebabkan terjadinya pneumonia dan dapat dengan mudah menular dari satu orang ke orang lain.

Baca juga: Bagaimana Cara Penularan Pneumonia?

Maka dari itu, setiap orang perlu tahu beberapa cara dari penularan pneumonia agar dapat menghindari penyakit ini. Berikut ini beberapa cara penularannya:

1. Menghirup Penyebab Infeksi

Salah satu cara penularan pneumonia dari satu orang ke orang lain adalah ketika menghirup segala hal yang menjadi penyebab infeksi. Hal ini terjadi ketika seseorang yang mengidap pneumonia batuk atau bersin dan orang lain di sekitarnya menghirup partikel dari virus atau bakteri yang dapat menimbulkan infeksi.

Penularan ini lebih rentan untuk terjadi pada orang-orang yang berhubungan dekat satu sama lain, seperti orangtua dan anak, atau berada di ruang dengan ventilasi yang buruk. Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari interaksi dengan seseorang yang sedang mengalami batuk, terutama yang tidak kunjung sembuh.

Baca juga: Mewabah di Cina, Ini Cara Penularan Pneumonia

2. Menyentuh Permukaan yang Terdapat Penyebab Infeksi

Pneumonia juga dapat terjadi saat seseorang menyentuh permukaan yang telah terinfeksi oleh batuk atau bersin pengidap penyakit ini. Penularan pneumonia ini juga dapat terjadi saat seseorang yang telah terinfeksi batuk ke tangan dan kemudian menjabat orang lain. Setelah itu, orang kedua tersebut menyentuh mulut atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Selain itu, partikel pada makanan juga dapat menyebabkan iritasi yang terjadi pada saluran usus sehingga membuat seseorang mengidap pneumonia. Gangguan ini disebut juga dengan pneumonia aspirasi, serta dapat menyerang seseorang secara tidak sengaja saat menghirup beberapa zat penyebab dari penyakit paru-paru ini.

Meski begitu, pneumonia aspirasi biasanya menyerang seseorang yang sudah mengalami kesulitan menelan, seperti seseorang yang mengidap stroke atau beberapa masalah pada sistem saraf pusat layaknya penyakit Parkinson.

Jika kamu mengalami masalah batuk yang tidak kunjung sembuh, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan fisik. Kamu bisa melakukan pemeriksaan fisik di beberapa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Halodoc. Pemesanan pemeriksaan ini dapat dilakukan dengan penggunaan smartphone di tangan. Download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Pneumonia

Di sisi lain, pneumonia yang disebabkan oleh jamur juga biasanya berkembang saat seseorang menghirup partikel yang terkandung pada jamur dari lingkungan di sekitarnya. Meski begitu, masalah ini lebih rentan untuk terjadi pada seseorang yang mengalami masalah pada sistem kekebalan atau memiliki masalah kesehatan yang serius.

Itulah beberapa cara penularan pneumonia yang dapat terjadi sehingga perlu dihindari. Pastikan untuk menghindari seseorang yang batuk dalam waktu lama, terlebih di dalam ruangan tertutup. Jika kamu yang sedang batuk, ada baiknya untuk menggunakan masker guna pencegahan penyebaran pneumonia meski belum terdiagnosis.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Is pneumonia contagious?
Healthline. Diakses pada 2021. Can Pneumonia Be Contagious?