24 May 2018

Bagaimana Mengenali Binge Eating Disorder?

Bagaimana Mengenali Binge Eating Disorder?

Halodoc, Jakarta – Makan besar atau dengan porsi yang banyak. Ini adalah tanda-tanda utama seseorang mengalami binge eating disorder. Binge eating disorder adalah sindrom gangguan makan. Ketika seseorang mengalami binge eating disorder, dia akan makan dalam porsi yang besar dan enggak dapat mengontrol kapan harus berhenti. Ini bukan terjadi sekali saja, melainkan sudah menjadi kebiasaan rutin.

Tidak seperti bulimia, walaupun muncul rasa bersalah dan malu akibat kebiasaan tersebut, orang yang melakukan binge eating malah menjadikan makanan sebagai pelarian diri. Mereka berpikir bahwa makanan akan membuat mereka merasa nyaman dan tenang. Hal ini kemudian malah menjadi sebuah siklus perilaku makan dan pelarian terhadap tekanan.

(Baca juga: Bagaimana Mengenali Tanda dan Gejala Bulimia)

Binge eating ini bisa terjadi pada siapapun, walalupun ternyata lebih sering terjadi kepada perempuan terutama pada usia remaja dan dewasa muda. Seperti apa gejalanya? Kita bisa mengenalinya dari perilaku berikut ini:

  • Tidak dapat menghentikan diri ketika makan
  • Secara cepat mengonsumsi makanan dalam porsi yang besar
  • Tetap makan meskipun sudah merasa kenyang
  • Bersembunyi ketika makan
  • Makan dengan normal di depan orang-orang namun ketika makan sendiri, makan dengan rakus
  • Selalu makan hampir sepanjang hari dan tidak memiliki waktu makan
  • Merasa stres dan tertekan, kemudian berpikir hanya bisa kembali tenang jika makan
  • Merasa sangat malu karena porsi makanan yang terlampau banyak
  • Putus asa untuk mengontrol berat badan dan kebiasaan makan

Lalu, bagaimana cara mengatasi gangguan makan? Jika kamu merasa mengalami gejala yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya kamu bertanya kepada dokter ahli. Kamu bisa  kok langsung menghubungi dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui voice/video call dan chat.

Tapi, sembari itu coba mulai ubah pola pikir kamu tentang makanan. Bahwa makanan perlu dikonsumsi ketika tubuh membutuhkannya, bukan sebagai obat dari rasa emosional. Dengarkanlah tubuh kamu, sehingga kamu tahu kapan merasa lapar, kenyang, atau sakit karena suatu makanan. Tentukan juga jadwal makan kamu secara teratur sehingga enggak bakalan makan secara berlebihan.

(Baca juga: 8 Gangguan Makan yang Merugikan Kesehatan)

Oh ya, selain bisa ngobrol dengan dokter di aplikasi Halodoc kamu juga bisa beli obat/vitamin dan cek laboratorium tanpa perlu keluar rumah. Mudah dan praktis. Ayo, unduh aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!