16 May 2018

Bagaimana Mengobati Kanker Prostat?

Bagaimana Mengobati Kanker Prostat?

Halodoc, Jakarta – Kanker prostat termasuk ke dalam kategori kanker yang sulit dideteksi. Pengobatannya bisa dilakukan dengan beberapa pilihan dan setiap pilihan ini memilki risikonya masing-masing. Sehingga, untuk memutuskan memilih jenis perawatan yang mana, kamu perlu membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter dan keluarga.

Kamu tentu saja bisa membahas pemilihan perawatan ini bersama dokter di aplikasi Halodoc. Para dokter akan memberi masukan agar kamu bisa memutuskan yang terbaik. Kamu bisa menghubungi dokter melalui video/voice call atau chat.

Yang perlu kamu ketahui adalah pengobatan kanker prostat tergantung kepada beberapa faktor, yakni stadium kanker, ukuran kanker, usia dan harapan hidup pengidap, luas penyebaran kanker yang sudah terjadi, dan kondisi kesehatan pengidap.

Meskipun kanker yang sulit dideteksi, penderita kanker prostat stadium awal bisa memilih menunggu dan mengawasi perkembangan kanker. Ada beberapa kasus kanker prostat yang tidak memerlukan pengobatan sama sekali atas pertimbangan efek samping pengobatan yang tergolong signifikan.

Apa saja cara penanganan kanker prostat yang dianjurkan?

  1. Operasi Kanker Prostat

Operasi ini dilakukan dengan memotong bagian dari kelenjar prostat. Tujuan dari operasi adalah meringankan atau menghilangkan gejala buang air kecil yang terganggu akibat kanker prostat. Operasi juga disertai dengan prostatektomi radikal untuk mengangkat kelenjar prostat dan jaringan di sekitarnya. Tindakan ini bisa menyembuhkan kanker prostat bila belum menyebar keluar dari kelenjar prostat.

  1. Kryoterapi

Kryoterapi dilakukan pada kanker prostat stadium awal. Namun, kebanyakan dokter tidak memilih penanganan ini sebagai langkah awal pengobatan. Dokter akan menggunakan embusan suhu sangat dingin untuk membekukan dan membunuh sel kanker prostat.

  1. Radioterapi

Radioterapi menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel kanker saat kanker belum menyebar keluar dari prostat. Radioterapi juga bisa digunakan pasca operasi untuk membunuh sel-sel kanker yang tersisa, meredakan gejala atau rasa sakit, dan memperlambat tingkat perkembangan kanker pada kasus kanker yang sudah lanjut.

  1. Terapi Hormon

Terapi hormon biasanya digabungkan dengan prosedur radioterapi. Terapi hormon sebelum radioterapi bertujuan meningkatkan kesuksesan pengobatan. Sedangkan, terapi hormon setelah radioterapi untuk mengurangi kemungkinan kembalinya sel-sel kanker.

  1. Vaksinasi Kanker

Vaksin kanker ini bekerja dengan mendorong sistem kekebalan tubuh untuk menyerang sel-sel kanker prostat. Vaksin ini dikonsumsi bukan untuk mencegah kanker berkembang, tetapi memperpanjang usia hidup penderita beberapa bulan.

  1. Pengobatan pada Tulang

Jika kanker prostat sudah menyebar hingga ke tulang, penyebarannya akan membuat pengidap merasa nyeri, terjadi keretakan tulang, atau kadar kalsium tinggi dalam darah. Tindakan ini bertujuan mencegah atau memperlambat penyebaran kanker ke tulang.

  1. Mengobati Kanker Stadium Akhir

Kanker prostat stadium akhir tidak lagi bisa disembuhkan. Pengobatannya hanya untuk memperlambat perkembangan, memperpanjang usia, dan meredakan gejala yang ada.

Mau diskusi tentang kanker prostat, yuk download aplikasi Halodoc di ponsel kamu. Selain bertanya kepada dokter, di Halodoc kamu bisa melakukan cek lab dan memesan obat lewat layanan Apotek Antar. Gampang dan praktis, kan?