Bagaimana Trisomy 13 Bisa Terjadi pada Bayi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bagaimana Trisomy 13 Bisa Terjadi pada Bayi?

Halodoc, Jakarta — Penyakit trisomy 13 atau sindrom patau adalah kelainan genetik serius pada bayi akibat salinan tambahan kromosom 13 di dalam beberapa atau seluruh sel tubuh. Penyakit ini menyebabkan gangguan tumbuh kembang bayi sejak dalam kandungan dan berbagai penyakit serius lainnya. Bagaimana trisomy 13 bisa terjadi pada bayi?

  1. Kejadian Acak selama Proses Sebelum Konsepsi

Penyebab awal penyakit trisomy 13 adalah kejadian acak selama proses pembuahan sel telur oleh sperma hingga janin mulai berkembang. Kelainan mulai timbul saat proses pembelahan sel yang menyebabkan pasangan kromosom 13 memiliki salinan ekstra (dari 2 menjadi 3). Kelebihan salinan kromosom justru mengganggu perkembangan janin dan menyebabkan berbagai kelainan.

  1. Proses Translokasi ke Kromosom Lain

Pada saat proses pembuahan, bisa saja terjadi pada salah satu bagian kromosom 13 terlampir ke kromosom 13 yang lain. Kondisi ini disebut dengan trisomy translokasi 13 dan menyebabkan bayi memiliki dua kromosom normal dan dua kromosom 13, dan juga ditambah dengan salinan kromosom 13 yang melekat pada kromosom lain. Hal ini merupakan jenis trisomy yang diwariskan.

  1. Genetik

Penyakit trisomy 13 biasanya terjadi ketika proses pembuahan. Sangat jarang diwariskan dari orang tua, kecuali trisomy translokasi 13. Itulah sebabnya, orang tua yang memiliki cacat bawaan atau jenis cacat lain yang ada dalam garis keturunan keluarga perlu mendapatkan pemeriksaan sebelum merencanakan kehamilan. Jika kamu memiliki masalah yang sama, pada tahap awal sebelum melakukan pemeriksaan kepada dokter, kamu bisa bertanya kepada dokter ahli kandungan di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Para dokter ahli di aplikasi Halodoc akan selalu bersedia membantumu.

  1. Ibu Hamil dengan Usia Lanjut

Faktor usia ibu hamil bisa memperbesar risiko terjadinya penyakit trisomy 13. Ibu hamil berusia 35 tahun ke atas memiliki risiko lebih besar dibandingkan dengan ibu berusia di bawah 35 tahun.

Selain bisa bertanya kepada dokter tentang penyakit trisomy dan cara perawatannya, di aplikasi Halodoc kamu juga bisa membeli vitamin dan obat-obatan serta cek lab tanpa harus keluar rumah. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.