18 May 2018

Bangun Kebiasaan Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Bangun Kebiasaan Baik untuk Perkembangan Otak Janin

Halodoc, Jakarta — Kegiatan yang dilakukan ibu hamil sangat berpengaruh pada perkembangan bayi dalam kandungan. Karenanya, sebaiknya ibu hamil membangun kebiasaan baik yang dapat meningkatkan perkembangan otak janin.

Yang paling utama adalah menghindari kebiasaan makan yang tidak sehat. Kini ibu sudah tidak lagi makan untuk diri sendiri, tapi juga untuk janin. Makanya, ibu perlu memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut. Contohnya dalam memilih ikan. Ikan memang bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak janin, karena lemak sehat dan omega-3 yang terkandung di dalamnya. Namun, beberapa ikan mengandung merkuri, lho.

Jenis ikan apa saja yang kaya nutrisi tapi rendah merkuri? Tanyakan langsung ke dokter, yuk! Ibu bisa voice/video call atau chat dokter melalui aplikasi Halodoc. Jadi, ibu enggak perlu repot. Kalau sudah tahu makanan laut apa saja yang bisa ibu makan, ibu perlu membatasi konsumsi makanan laut sebanyak dua kali dalam seminggu, ya! Hindari juga asupan daging atau telur yang tidak matang serta produk kedelai kecuali kedelai yang sudah difermentasi.

Selain itu, perhatikan juga nafsu makan ibu, agar peningkatan berat badan tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Berat badan yang terlalu tinggi bisa memicu kelahiran prematur, lho.

Di trimester terakhir, otak janin sudah membentuk kemampuan belajar dan daya ingat. Nah, di masa ini, ibu bisa mendengarkan musik klasik atau suara-suara yang menenangkan untuk membantu perkembangan mental bayi setelah dia tumbuh besar.

Kalau ibu biasanya merokok, hentikan dulu kebiasaan ini selama hamil dan hindari tempat-tempat orang dapat merokok dengan bebas, supaya tidak memengaruhi janin.

Ibu juga sebaiknya membangun kebiasaan berolahraga. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, seperti yoga. Olahraga yang tidak terlalu menguras tenaga selama kehamilan dapat melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk ke janin. Olahraga ini juga akan meningkatkan detak jantung dan pergerakan otot bayi, serta menstimulasi pertumbuhan. Alternatif lain untuk olahraga adalah tetap aktif bergerak. Kalau Ibu sudah cuti kerja, sebisa mungkin lakukan kegiatan yang membuat ibu terus bergerak, misalnya membersihkan rumah.
Fitur tanya jawab dengan dokter di atas bisa ibu nikmati hanya di aplikasi Halodoc, lho. Di sini, ibu juga bisa pesan antar obat dan cek lab. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!