16 May 2018

Baru Dibehel? Ini 6 Makanan yang Cocok

Baru Dibehel? Ini 6 Makanan yang Cocok

Halodoc, Jakarta – Memasang behel sedang menjadi tren di kalangan anak muda. Tak hanya untuk kesehatan gigi, behel kini juga digunakan untuk mempercantik penampilan. Meski begitu, penggunaan kawat gigi juga bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan mulut, terutama saat baru dipasang. Masalah yang paling utama adalah munculnya sariawan di beberapa bagian mulut.

Namun, tak hanya itu, cara makan saat menggunakan behel pun mengalami perubahan. Ini disebabkan karena perubahan fungsional pada gigi, terutama saat behel baru dipasang. Belum lagi muncul rasa ngilu yang kerap menyerang setiap kali kamu mengunyah makanan. Tak mengherankan jika pengguna behel akan kehilangan nafsu makan beberapa waktu setelah behel dipasang.

Nah, berikut ini beberapa jenis makanan yang cocok untuk kamu yang baru saja memakai behel:

Bubur

Sesaat setelah behel dipasang, mulut akan jadi sulit terbuka. Agar bisa menyesuaikan dengan cara makan saat menggunakan behel, kamu perlu mengonsumsi berbagai makanan yang teksturnya lunak, seperti misalnya bubur. Ada banyak jenis olahan bubur yang bisa kamu konsumsi, seperti bubur ayam, bubur kacang hijau, atau bubur sumsum. Jadi, kamu tidak akan cepat bosan dengan menu yang itu-itu saja.

(Baca juga: Sakit Gigi Juga Bisa Picu Penyakit Mematikan, Begini Caranya!)

Nasi yang Dilembutkan

Meski baru dibehel, bukan berarti kamu tidak bisa makan nasi. Kamu hanya perlu memasaknya dengan takaran air yang lebih banyak, sehingga tekstur nasinya akan menjadi lebih lembut dan mudah dilumat. Nasi yang lebih lembek akan memudahkan kamu untuk menelannya tanpa banyak mengunyah. Tentu saja, ini akan mengurangi rasa ngilu dan nyeri pada gigi kamu yang baru dipasang behel.

Makanan yang Direbus

Susah makan saat sedang dibehel pasti akan membuat kamu cepat merasa lapar. Namun, sulitnya mengunyah makanan pun membuat kamu tak leluasa saat makan. Nah, supaya langsung kenyang saat makan, kamu bisa memilih makanan sumber karbohidrat yang direbus, seperti misalnya kentang, ubi, atau ketela.

Tak hanya mengenyangkan, semua jenis makanan tadi juga tak membuat kamu kesulitan saat menelannya, karena kamu bisa menumbuk atau menghaluskannya setelah direbus. Rasa lapar meskipun gigi sedang dibehel pun tak lagi jadi masalah serius.

Agar-Agar

Selain teksturnya yang lembut, rasa manis pada agar-agar bisa menjadi menu sampingan yang tepat selain bubur atau makanan rebusan. Cara makan saat menggunakan behel ketika mengonsumsi agar-agar tidak akan membuat mulut bekerja terlalu keras, karena kamu tidak perlu mengunyahnya terlalu lama. Meski berupa camilan, agar-agar juga mengenyangngkan, lho!

Baca juga: Pemakai Behel Perlu Perhatikan Ini

Susu atau Yoghurt

Bosan dengan makanan lembek? Mungkin kamu bisa mencoba susu atau yoghurt. Dua jenis minuman ini kaya akan protein dan kalsium yang selain menyehatkan tubuh, juga sangat baik untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Pastinya, susu atau yoghurt bisa menjadi pengganti makanan yang belum bisa kamu konsumsi. Selain itu, kamu juga tak perlu bersusah payah untuk mengunyah atau pun menelannya. Susu dan yoghurt juga mengenyangkan serta aman dikonsumsi kapan saja.

Aneka Jus

Meski sulit mengonsumsi makanan, kamu tetap perlu menjaga kesehatan tubuh dengan memperhatikan asupan nutrisinya, termasuk vitamin dan mineral. Nah, dua nutrisi ini bisa kamu dapatkan dengan banyak mengonsumsi buah-buahan. Pilihlah buah yang tak terlalu keras agar kamu tidak susah mengunyah, seperti semangka, alpukat, pisang, atau mangga. Selain langsung dimakan, buah-buahan juga bisa kamu nikmati dalam bentuk jus.

 

Itu tadi enam makanan yang cocok dikonsumsi saat gigi baru pertama dibehel. Kalau kamu memiliki pertanyaan seputar kawat gigi, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tak hanya itu, Halodoc juga memiliki layanan apotek antar dan cek lab tanpa perlu keluar rumah, lho. Yuk, download sekarang!