04 January 2018

Baru Putus? Supaya Tak Sedih Intip Jurus Jitunya

Baru Putus? Supaya Tak Sedih Intip Jurus Jitunya

Halodoc, Jakarta – Putus cinta pasti rasanya sedih banget. Biasanya karena sedih, orang yang habis putus cinta akan menangis terus menerus, mengurung diri, tidak berselera makan, dan lain-lain. Sedih boleh saja dan wajar dirasakan setelah putus, tapi jika terlalu lama sedih, maka kesehatanmu baik fisik maupun mental bisa terganggu, lho.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa cewek akan merasakan kesedihan yang sangat dalam ketika baru saja putus cinta. Namun, setelah beberapa waktu kemudian, cewek akan lebih cepat pulih dan mampu melangkah maju ke depan. Kalau kamu baru saja putus cinta, berikut tips-tips agar kamu tidak lama-lama bersedih dan bisa bangkit kembali:

  • Ekspresikan Rasa Sedihmu

Perasaan sedih itu wajar kamu rasakan setelah mengalami patah hati dan kamu tidak perlu berpura-pura tegar atau membohongi diri sendiri untuk menutupi rasa sedih itu. Memendam kesedihan hanya akan membuat hatimu tertekan. Jadi, ungkapkan semua perasaan sedihmu dan menangislah sepuasnya untuk meluapkan kesedihan. Perasaanmu dijamin akan lebih lega setelah menangis. Tapi ingat, hindari menangis di depan umum dan curhat di media social, karena kedua cara tersebut hanya akan mempemalukan diri sendiri di depan umum.

  • Belajar Memaafkan & Mengikhlaskan

Jangan sampai peristiwa putus cinta membuat kamu jadi trauma menjalin hubungan. Tetaplah berpikiran positif bahwa masih ada cowok yang jauh lebih baik dari Si Dia di luar sana. Belajar memaafkan dan mengikhlaskan Si Dia juga dapat membantumu move on dan menjalani hidup dengan nyaman.

  • Beri Waktu untuk Sembuh

Pernah dengar ungkapan bahwa waktu akan menyembuhkan luka? Jadi, berilah hatimu waktu untuk bisa benar-benar pulih. Tidak perlu terburu-buru bangkit, tapi juga jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Tetaplah lakukan kegiatan yang biasanya kamu lakukan sehari-hari dan jangan mengisolasi diri dari kehidupan sosial.

  • Lakukan Hal-hal yang Menyenangkan

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kesedihan adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang kamu sukai, seperti nonton film di bioskop, melakukan hobimu, mendengarkan musik, makan makanan favoritmu, dan traveling. Berolahraga juga bisa jadi pilihan kegiatan yang tepat untuk dilakukan saat sedang patah hati. Olahraga terbukti dapat membantu mengurangi beban pikiran seseorang.

  • Habiskan Waktu Bersama Sahabat

Ketika sedang putus cinta, kehadiran dan dukungan dari sahabat-sahabat dapat membantumu bangkit kembali dari kesedihan. Kamu bisa curhat kepada sahabat yang paling kamu percaya dan membiarkannya menghiburmu. Ajak juga teman-teman untuk melakukan hal-hal yang positif dan menyenangkan bersama, seperti mengundang mereka ke acara pajamas party di rumahmu yang isi acaranya adalah nonton bareng, saling memakaikan kuteks, maskeran bareng, dan lain-lain

  • Hindari Apapun yang Berkaitan Dengan Dirinya

Singkirkan foto-foto kamu dengan Si Dia yang kamu pajang di atas meja dan simpan juga semua barang-barang pemberian Si Dia di dalam kotak penyimpanan. Hindari mengunjungi tempat-tempat yang biasa kamu kunjungi bersama mantan dan stop mendengarkan lagu-lagu yang dapat mengingatkan kamu dengan mantan kekasih. Walaupun kadang-kadang timbul godaan untuk melakukannya, tapi berusahalah untuk tidak stalking sosial media mantan, karena hal itu hanya akan membuatmu sulit melupakannya.

Jika keenam cara di atas tersebut tidak berhasil menyembuhkan luka di dalam hatimu dan kamu terus menerus merasa stres, cobalah untuk membicarakan kondisimu kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Jika kamu ingin melakukan cek kesehatan, seperti kadar kolesterol, kadar gula dalam darah, dan lain-lain, tidak usah keluar rumah. Kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Halodoc. Caranya sangat praktis, kamu tinggal pilih Lab Home Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc, kemudian tentukan tanggal dan tempat pemeriksaan, lalu petugas laboratorium akan datang menemui kamu pada waktu yang sudah ditentukan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Kamu tidak perlu keluar rumah, hanya tinggal order saja lewat aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.