12 June 2018

Begini 5 Cara Meningkatkan IQ Anak yang Wajib Dicoba Orangtua

cara meningkatkan iq anak, iq anak, membuat anak cerdas

Halodoc, Jakarta – Semua orangtua tentu ingin anak-anaknya memiliki kecerdasan intelektual (IQ) yang tinggi guna meraih kesuksesan di masa depan. Cara meningkatkan IQ anak yang banyak dilakukan oleh orangtua salah satunya dengan memberikan berbagai alat bantu dan mainan guna merangsang kecerdasannya.

Selain itu, cara meningkatkan IQ anak yang bisa juga dilakukan dan cukup penting adalah memperkuat kemampuan dasarnya (basic skill) dengan menjaga pola asuh yang baik. Basic skill yang sebaiknya dimiliki adalah kemampuan linguistik (bahasa), kemampuan visual, kemampuan logika (berpikir), kemampuan visual, kemampuan musikal, kemampuan naturalistik, kemampuan interpersonal, dan kemampuan spiritual. Hal ini bertujuan untuk membangun hubungan emosi dan sosial antara anak dengan orangtua. Semakin baik hubungan ini, maka bisa membantu meningkatkan IQ anak.

Baca juga: 5 Makanan Ini Dapat Tingkatkan Kecerdasan Anak

  1. Peran Perhatian dan Kasih Sayang dari Orangtua

Cara meningkatkan IQ anak perlu dilakukan sejak bayi. Orangtua harus memperhatikan segala bentuk perawatan dan cara mengasuh Si Kecil agar kecerdasan intelektualnya optimal. Ketahuilah cara orangtua berinteraksi dengan bayi sangat berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangannya.

Baca juga: Kiat Sederhana Meningkatkan Kecerdasan Bayi

  1. Membangun Interaksi

Orangtua tentu perlu membangun ikatan dan hubungan kasih sayang kepada anak. Cara meningkatkan IQ anak ini menjadi kunci utama dalam peningkatannya. Selain itu, perlu juga mendengarkan anak saat ia berbicara. Hal ini berguna untuk memberi dorongan dan kesempatan anak untuk mengekspresikan diri.

  1. Selalu Memuji Proses Belajar

Orangtua yang suka memuji upaya dan kegigihan anaknya dalam memecahkan masalah, dipercaya anak tersebut akan memiliki motivasi lebih baik di sekolah, daripada dengan anak yang hanya diberi tahu mereka pintar. Maka dari itu, lebih baik orangtua fokus pada proses yang dilakukan oleh anak daripada hasilnya saja.

  1. Membaca Cerita Bersama

Cara meningkatkan IQ anak yang cukup sederhana tapi penting yakni membiasakan untuk membaca cerita bersama. Hal ini  berguna untuk membentuk ikatan emosional antara anak dengan orangtua. Langkah yang bisa orangtua lakukan adalah dengan mengajarkan anak atau bercerita secara bergantian untuk mendorong percakapan serta memperkaya kosakata.

  1. Menjaga Nutrisi

Cara meningkatkan IQ anak yang terakhir adalah dengan menjaga nutrisi sang anak. Nutrisi yang baik sangat berperan dalam kecerdasan sang anak. Berikanlah sayuran, buah-buahan, susu, hingga daging. Makanan-makanan tersebut dipercaya bisa meningkatkan IQ anak. Namun, jangan lupa juga untuk memberikan asupan makanan yang mengandung nutrisi seimbang dengan banyak vitamin.

Itulah 5 cara meningkatkan IQ anak yang perlu diketahui. Untuk mengetahui cara lainnya, ibu dan pasangan bisa berdiskusi bersama dokter untuk mendapat keterangan lebih lanjut. Ibu bisa mendiskusikan hal ini dengan menanyakan langsung pada dokter yang ada di Halodoc.

Baca juga: 5 Rutinitas yang Meningkatkan Kecerdasan Anak

Melalui aplikasi kesehatan ini, ibu bisa berkomunikasi dengan dokter melalui pilihan komunikasi Chat atau Voice/Video Call melalui layanan Contact Doctor. Ibu juga dapat membeli keperluan medis seperti obat atau vitamin melalui layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan pesanan tidak lebih dari satu jam.

Selain itu, ibu bisa melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan melalui layanan lab service. Hasil lab bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc.  Bagaimana, cukup lengkap bukan? Tunggu apalagi, ayo download aplikasi   Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!